Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah

Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah

Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah

Gagal ginjal dapat berupa akut atau kronik. Hilangnya fungsi ginjal normal pada kedua gagal ginjal tersebut mengakibatkan ketidak mampuan tubuh mempertahankan homeotasis cairan, elektrolit dan asam basa. Jika terjadi gagal ginjal kronik maka seiring dengan waktu terjadi sekuela lain akibat gangguan fungsional ginjal. Gejala yang timbul karena berkurangnya fungsi ginjal secara kolektif disebut sindrom uremik. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Gagal ginjal adalah akibat gagalnya ginjal membuang metabolit yang terkumpul dari darah. Akibatnya adalah gangguan keseimbangan elektrolit, asam basa dan air. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah
Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah

Gambar : salah satu bagian ginjal yang mengalami kerusakan

Gagal ginjal akut adalah sindrom klinis di mana ginjal tidak lagi mengekskresi produk-produk limbah metabolisme, biasanya karena hipoperfusi ginjal. Sindrom ini bisa berakibat azotemia (uremia) yaitu akumulasi produk limbah nitrogen dalam darah dan oliguria dimana haluarn urine kurang dari 400ml/24 jam. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Menurut penelitian Levinsky dan Alexander (1976), gagal ginjal akut terjadi akibat penyebab-penyebab yang berbeda. Ternyata 43% dari 2200 kasus gagal ginjal akut berhubungan dengan trauma atau tindakan bedah, 26% dengan berbagai kondisi medik, 13% pada kehamilan dan 9% disebabkan nefrotoksin. Penyebab gagal ginjal akut dibagi dalam kategori pra rena, renal, dan pasca renal. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Gagal ginjal karena penyebab renal terjadi akibat oerubahan parenkim ginjal yang merusak nefron. Faktor-faktor penyebabnya macam-macam. Glomerulonefritis akut dapat terjadi akibat infeksi streptococcus. Kelainan patologisnya adalah proliferasi sel-sel glomerular, nekrosis kapiler glomerular, atau eksudasi leukosit ke dalam glomerulus. Penyakit vaskular ginjal dapat terjadi setelah oklusi renal, poliarteritis nodosa angitis hipersensitivitas, nefrosklerosis atau trombosis vena ginjal. Penyakit vaskular ginjal terjadi akibat kelainan yang dapat berakibat penyempitan arteri, penebalan arteriol aferen atau radang dan nekrosis dinding arteri. Nefritis interstisial berat bisa menyertai bular akut menunjukkan kerusakan akut pada epitel tubulus ginjal. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Sedagkan penyebab pasca renal mencakup onstruksi saluran kemih akibat obstruksi uretra, batu, hipertrofi prostat dan tumor. Ciri unik gagal ginjal pasca renal adalah terjadinya anuria yang tidak selalu terjadi pada gagal renal atau pra renal. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Oleh karena penyakit gagal ginjal ini sering tidak disadari oleh penderita atau gejala dan risiko dari penyakit gagal ginjal ini. Tak sedikit orang yang mampu bertahan ketika didapati menderita penyakit gagal ginjal. Salah satu tindakan pengobatan yang paling dekat dan sering menjadi pilihan utama bagi pengobatan gagal ginjal adalah melakukan pencangkokan ginjal atau transplantasi ginjal. Namun sayangnya, di dunia ini masih sedikit, bahkan hampir tidak dapat menemukan pendonor ginjal. Sekalipun ada belum ginjal pendonor sesuai atau cocok untuk didonorkan untuk penderit gagal ginjal. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Namun di samping itu, pengobatan gagal ginjal dengan melakukan pencangkokan ginjal tidak selalu menuai hasil yang bagus. Risiko atau efek samping di kemudian waktu akan timbul. Di samping melakukan operasi pencangkokan ginjal. Disarankan untuk melakukan terapi pola dan gaya hidup yang sehat dan seimbang serta menghindari berbagai risiko dan penyebab yang mungkin dapat menimbulkan penyakit gagal ginjal baru. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Gagal Ginjal Parah

Gagal Ginjal Parah – gagal ginjal terminal (GGT) akan terjadi bila fungsi ginjal sudah sangat lah buruk dan bagi penderita gagal ginjal yang mengalami ganggguan metabolisme protein, lemak serta karbohidrat. Karena pada gagal ginjal yang sakit tidak akan bisa menahan protein darah (albumin) yang seharusnya akan di lepaskan ke urine. Awalnya memang hanya terdapat dalam jumlah yang sedikit (mikro-albuminuria). “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Sedangkan gagal ginjal parah gejalanya muncul adalah secara bertahap biasanya tidak menimbulkan gejala awal yang jelas, sehingga penurunan fungsi ginjal tersebut sering tidak dirasakan, tahu-tahu sudah pada tahap parah yang sulit diobati. Gagal ginjal parah sama dengan hipertensi, penyakit ikutan yang saling berkaitan termasuk silent killer yaitu penyakit mematikan yang tidak menunjukkan gejala peringatan sebelumnya, sebagaimana umumnya yang terjadi pada penyakit berbahaya lainnya. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Dan bila kondisi sakit gagal ginjalnya nya semakin parah maka akan terdapat pula adanya protein lain (proteinuria). Jadi akan mengakibatkan berkuranggnya fungsi ginjal yang menyebabkan terjadinya penumpukan hasil pemecahan protein yang beracun bagi tubuh anda. Yaitu ureum dan nitrogen. Gangguan itu dapat disebut dengan sindroma uremia dengan gejala seperti mual dan muntah. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Oleh karenanya, waspadai selalu penyakit gagal ginjal parah maupun kronis. Karena gagal ginjal tergolong jenis penyakit dengan gejala yang kurang jelas, khususnya pada stadium awal. Gagal ginjal bisa menyerang semua golongan umur, pria maupun wanita dan tidak memandang tingkatan ekonomi. Perlu pila diingat, angka gagal ginjal kronik pada anak yang cukup tinggi akibat kelainan bawaan, radang ginjal menahun, penyakit multisistem (lupus eritematosus, hemolitic urmic syndrome) dan penyakit berbahaya lainnya (penyakit neuromuskuler dan tumor ginjal). “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

 

Penyembuhan Gagal Ginjal

Posted by Gagal Ginjal

Penanggulangan gagal ginjal tergantung dari sumber penyebabnya, mereka yang tervonis menderita gagal ginjal kemudian melakukan upaya pengobatan, umumnya hanya bertujuan untuk mengendalikan gejala-gejala gagal ginjal berlanjut, memperkecil terjadinya komplikasi dan faktor risiko dari gagal ginjal serta memperlambat perkembangan penyakit gagal ginjal. Sebagai contoh, seseorang yang tervonis gagal ginjal harus melakukan diet menurunkan intake sodium, kalium, protein dan cairan. Jika terdeteksi adanya penyebab lain yang dari penyakit tertentu, kemungkinan dokter akan memberikan obat-obatan atau terapi misalnya obat untuk mengatasi hipertensi, anemia atau mungkin karena kolesterol tinggi. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Seseorang yang sudah tervonis mengalami gagal ginjal harus terus diperhatikan pada pemasukan dan pengeluaran cairan, untuk mengetahui upaya pengobatan yang dapat dilakukan secara maksimal. Banyak penderita gagal ginjal melakukan pengobatan dengan cara cuci darah yang dapat dilakukan secara terus-menerus yang tentunya menghabiskan banyak biaya, cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menjalani operasi pembedahan transplantasi ginjal atau cangkok ginjal. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Jika penyakit gagal ginjal itu disebabkan adanya penyakit lain yang membawa pengaruh terhadap gagal ginjal, seseorang harus yang terdiagnosis juga harus memperhatikan konsumsi obat-obatan seeprti obat rematik, obat antihipertensi, obat antibiotik jika terus dikonsumsi dikhawatirkan berdampak buruk pada kerusakan organ ginjal. Hindari pula kekurangan cairan (muntaber) dan periksa kesehatan secara berkala. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Apa Itu Gagal Ginjal?

Gagal Ginjal (renal failure) merupakan istilah non-spesifik yang menggambarkan penurunan fungsi ginjal seperti di atas. Jika pada setiap tahap proses penyaringan ginjal diblokir baik karena kerusakan ginjal langsung (misalnya karena diabetes) atau oleh penyumbatan tidak langsung (seperti oleh batu ginjal), maka itu dapat menyebabkan gagal ginjal. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Ada dua jenis utama gagal ginjal, yaitu gagal ginjal akut dan kronik. Gagal ginjal akut (GGA) atau Acute Renal Failure (ARF) terjadi ketika ginjal tiba-tiba berhenti menyaring produk limbah dari darah. Sedangkan, Gagal ginjal kronik (GGK) atau Chronic Renal Failure (CRF) berkembang perlahan-lahan dan berangsur memberat dengan sedikit gejala pada tahap awal.  “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Apa saja gejala gagal ginjal? Gejala gagal ginjal akan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan (stadium), progresifitas dan penyebabnya. Gejala gagal ginjal akut diantaranya retensi cairan, perdarahan internal, kebingungan, kejang dan koma. Sedangkan pada gagal ginjal kronis, seseorang mungkin tidak memiliki gejala apapun sampai fungsi ginjal menurun hingga tinggal 20 persennya atau kurang. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Pada kondisi ini, berbagai gejala atau tanda berikut mungkin muncul, seperti : tes urin yang abnormal, tekanan darah tinggi, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, rasa logam pada lidah, anemia, sesak napas, nyeri dada, kebingungan, koma, kejang, sakit kepala, mati rasa dan kesemutan, mudah memar, gatal-gatal, lemah, penurunan output urine, otot berkedut dan kram, tulang kropos, perdarahan di saluran usus, kulit berwarna kuning kecoklatan, kelebihan cairan dan gangguan tidur. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Bagaimana gagal ginjal didiagnosis?

Untuk mendiagnosis gagal ginjal, selain melakukan pemeriksaan fisik, dokter juga memerlukan pemeriksaan penunjang laboratorium untuk mengkonfirmasi kecurigaan yang didapat. Tes darah yang paling umum digunakan yaitu tes kadar kreatinin. Kreatinin adalah molekul normal yang ditemukan pada otot. Ginjal, ketika berfungsi normal, harus menghapus kreatinin dari darah dan membuangnya ke urin. Namun, ketika pasien mengalami gagal ginjal pada tingkat tertentu, maka akan memiliki peningkatan serum kreatinin atau dengan kata lain kreatinin menumpuk dalam darah. Hal ini sering menjadi tanda pertama dari gagal ginjal dan dapat terjadi bahkan sebelum pasien merasa sakit. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Apa penyebab gagal ginjal?

Gagal ginjal memiliki berbagai penyebab, tergantung pada janisnya. Penyebab gagal ginjal. Bagaimana cara mengobati gagal ginjal?

Pengobatan Gagal ginjal akut (ARF / GGA)

Sebagian besar, ginjal akan kembali pulih setidaknya sebagian dari fungsinya jika penyebab yang mendasari telah diatasi. Dalam beberapa kasus, gagal ginjal akut terjadi begitu parah sehingga dialisis (cuci darah) dengan mesin ginjal buatan diperlukan.  “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Pengobatan Gagal ginjal kronis (CRF /GGK)

Seperti pada GGA, penyakit yang mendasarinya harus diatasi. Jika hipertensi, maka pasien harus rajin minum obat antihipertensi dan pada pasien diabetes harus selalu mengontrol gula darahnya. Untungnya, ginjal memiliki kemampuan kompensasi yang besar. Bahkan ketika pasien yang telah kehilangan fungsi ginjalnya hingga 80 persen, namun tidak memerlukan terapi karena sejumlah kecil sisa ginjal sudah cukup untuk membersihkan tubuh dari limbah. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Namun, pada pasien dengan gagal ginjal yang begitu parah, maka untuk bertahan hidup ada dua pilihan: dialisis dan transplantasi. Dialisis dapat dilakukan dalam satu dari dua cara – baik oleh hemodialisis (HD) atau dialisis peritoneal (PD). HD mensyaratkan bahwa pasien harus tersambung ke mesin dialisis di rumah atau di pusat dialisis, biasanya tiga kali per minggu. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Transplantasi ginjal telah menjadi pengobatan terbaik bagi banyak pasien dengan gagal ginjal stadium akhir. Kebanyakan pusat telah mencapai tingkat keberhasilan yang sangat tinggi karena perkembangan obat imunosupresan selama 5 sampai 10 tahun yang lebih spesifik dan kurang toksik. Sayangnya, keberhasilan transplantasi telah menyebabkan waktu tunggu yang panjang karena penyediaan organ yang tidak mudah dan kebanyakan pasien tetap pada dialisis selama bertahun-tahun sampai organ ginjal untuknya tersedia. “Arti Tentang Sakit Gagal Ginjal Adalah”

Demikian artikel tentang penyakit gagal ginjal yang perlu kita ketahui, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Related posts