Diabetes Melitus dan Penyebabnya

Diabetes Melitus dan penyebabnya

Diabetes Melitus dan Penyebabnya
Diabetes Melitus merupakan gangguan kesehatan yang mempengaruhi gula darah. Termasuk jenis penyakit yang banyak diderita khususnya mereka yang sudah berusia di atas 30 tahun. Kondisi ini terjadi karena kadar glukosa dalam darah didapati terlalu tinggi. Akibatnya tubuh tidak mampu menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Insulin merupakan hormon yang dibutuhkan untuk menggerakkan gula masuk ke dalam sel guna diproses menjadi energi. Akan tetapi, karena jumlah glukosa dalam darah berlebihan menyebabkan insulin tidak dapat melakukan tugasnya secara optimal. “Diabetes Melitus dan Penyebabnya”

Secara lebih lanjut diabetes dibedakan menjadi tipe 1 dan tipe 2. Keduanya cukup berbeda terutama dari segi faktor risiko atau penyebabnya. Diabetes tipe 1 terjadi karena organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin yang dibutuhkan tubuh. Sementara pada penderita diabetes tipe 2 organ pankreas masih berfungsi normal dan dapat memenuhi kebutuhan insulin. Hanya saja pada diabetes tipe 2 didapati tubuh tidak mampu menggunakan insulin akibat telah resisten dengan hormon tersebut yang menyebabkan glukosa menumpuk dalam darah. “Diabetes Melitus dan Penyebabnya”

Penyebab Diabetes Melitus
Dari penjelasan di atas diketahui diabetes tipe 1 terjadi akibat rusaknya organ pankreas, sementara diabetes tipe 2 terjadi karena resistensi insulin. Lantas apa yang menyebabkan organ pankreas rusak? Apa pula yang menyebabkan tubuh menjadi resistensi? Adapun semua akan terjawab pada paparan tentang penyebab Diabetes Melitus berikut:

Sebab Pankreas Rusak (Penyebab Diabetes Tipe 1)
Organ pankreas rusak bisa disebabkan karena faktor genetik. Sistem imun yang semestinya menjaga bisa jadi merusak sel-sel pankreas. Dalam hal ini terjadi kesalahan pesan dari sistem imun yang terjadi secara genetika. Jadi bila ada anggota keluarga yang menderita diabetes Anda pun berisiko sama. Selain itu, adanya infeksi virus juga bisa merusak sel-sel pankreas. Kerusakan sel-sel pankreas itu pun menyebabkan terganggunya produksi insulin. Jumlah insulin menjadi terbatas dan bahkan bisa sama sekali tidak ada. “Diabetes Melitus dan Penyebabnya”

Sebab Resistensi Insulin (Penyebab Diabetes Tipe 2)
Tidak beda jauh dengan Diabetes Melitus tipe 1, diabetes tipe 2 juga dapat disebabkan karena faktor genetik. Bila anggota keluarga ada yang menderita diabetes 2 bisa jadi Anda berisiko pada diabetes. Untuk faktor genetik memang sulit dihilangkan, tetapi masih bisa diminimalisir dengan menjaga pola hidup sehat. Selain itu, faktor lingkungan menjadi faktor penyebab selanjutnya. Adapun faktor lingkungan yang dimaksud yaitu pola makan dan pola hidup. Hindari makanan tinggi lemak dan tinggi kalori karena dapat meningkatkan risiko diabetes. “Diabetes Melitus dan Penyebabnya”

Demikian beberapa faktor penyebab Diabetes Melitus berdasarkan tipenya. Dengan mengetahui apa saja yang menjadi faktor penyebab diabetes, diharapkan dapat memberi tambahan informasi sehingga bisa dilakukan upaya antisipasi. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Sekian dan semoga memberi ulasan yang bermanfaat. “Diabetes Melitus dan Penyebabnya”

 

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi

Website    : www.madubima.com

Facebook : www.facebook.com/Madu Bima 99

Twitter     : www.twitter.com/@madubima99

Diabetes Melitus dan Penyebabnya

Related posts