Madu Bima 99 Original Resmi dan Terpercaya

Hati-hati Komplikasi Diabetes Mellitus

hati-hati komplikasi diabetes nellitus

Hati-hati Komplikasi Diabetes Mellitus
Komplikasi diabetes melitus bisa menimpa siapa saja jika kadar glukosa dalam darahnya tidak segera ditangani. Diabetes mellitus ternyata bisa membuat beberapa penyakit lain muncul. Misalnya saja gagal jantung, stroke, gagal ginjal, kerusakan saraf, penyakit gigi, luka yang membusuk amputasi, kebutaan, dan masih banyak lagi. “Komplikasi Diabetes Mellitus”

Mengapa diabetes mellitus bisa menjadi timbulnya masalah lain? Ini karena diabetes merupakan gangguan yang kerja darah. Darah harusnya mengalir ke seluruh tubuh untuk mengedarkan nutrisi hasil pencernaan tubuh. Namun, pada kasus diabetes, makanan yang mengandung glukosa masuk dalam tubuh dengan jumlah yang banyak. Padahal jumlah insulin yang bertugas memecah glukosa sangat sedikit. Akibatnya glukosa yang harusnya diserap sel untuk diubah menjadi energy terhambat. Akibatnya, sel-sel menjadi kelaparan. Tidak heran jika kemudian sel mencari makanan lain dengan menyerap nutrisi di organ paling dekat. Penderita diabetes memang akan mengalami penurunan berat badan secara drastis karena ulah sel. Padahal sebenarnya jumlah glukosa dalam tubuh banyak. “Komplikasi Diabetes Mellitus”

Gagal Jantung
Salah satu komplikasi diabetes melitus adalah gagal jantung. Mengapa diabetes bisa menyerang jantung? Kondisi diabetes yang berkepanjangan akan menyebabkan darah menjadi kental. Jika darah kental maka kerja jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh pun akan sangat berat. Bagaimana tidak, darah yang harusnya bersifat cair dan mudah dipompa, jadi kental dan berat di pompa. Jika terus dibiarkan, jantung akan kelelahan dan mengalami kerusakan (tidak bekerja).
Jika sudah begini, penderita harus melakukan pengobatan untuk membantu mencairkan darah dan membantu kerja jantung. Jika tidak, penderita bisa meninggal. “Komplikasi Diabetes Mellitus”

Gagal Ginjal
Selain jantung yang akan bermasalah karena kadar glukosa yang tinggi pada darah, ginjal pun demikian. Ginjal juga memiliki peran untuk menyaring darah. Jika darah yang disaring mengandung glukosa, akan menyebabkan kerja glomerulus berat. Glomerulus adalah pembuluh darah yang halus, biasanya bertugas menyaring darah. “Komplikasi Diabetes Mellitus”
Jika keadaan tersebut terus dibiarkan, akan menyebabkan glomerulus rusak. Jika sudah begini, lama-kelamaan ginjal akan gagal menjalankan tugasnya. Kondisi ini akan menyebabkan penderita untuk melakukan cuci darah rutin ke rumah sakit. Ini untuk membantu ginjal melakukan tugasnya. “Komplikasi Diabetes Mellitus”

Stroke
Diabetes Mellitus juga bisa menyebabkan stroke lho. Ini karena darah yang mestinya membawa oksigen ke otak, mengental dan lama-lama akan membeku. Hal ini akan menghambat pengiriman nutrisi maupun oksigen ke otak. Hasilnya, otak akan kekurangan makanan dan kehabisan oksigen. Inilah yang kemudian menyebabkan sel-sel otak mati secara perlahan. Jika terus dibiarkan, maka penderita akan mengalami stroke.

Mengerikan bukan penyakit bawaan yang bisa disebabkan oleh diabetes melittus. Oleh sebab itu, sebelum menganggu kerja organ tubuh lainnya, sebaiknya segera sembuhkan diabetes mellitus. Pengobatan bisa dilakukan dengan berbagai cara, herbal maupun secara medis. Yang paling penting dalam penyembuhan penyakit ini adalah menjalani pola hidup sehat. Jika glukosa dalam darah bisa diatasi maka tidak perlu menderita komplikasi diabetes mellitus. “Komplikasi Diabetes Mellitus”

Semoga artikel tentang Komplikasi Diabetes Mellitus bisa  bermanfaat untuk kita semua.

Ada yang Bisa dibantu ?