Inilah Ciri-Ciri Diabetes yang Mesti Diwaspadai

Ciri-Ciri Diabetes

Penyakit Diabetes Melitus
Ciri-ciri diabetes menjadi info penting yang mesti diketahui sejak dini. Hal ini sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit diabetes melitus. Setiap penyakit memiliki ciri tertentu yang menandakan keberadaannya pada diri seseorang. Diabetes melitus pun menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak diderita masyarakat terutama yang sudah berusia di atas 30 tahun. Karenanya sangat penting mengetahui seperti apa ciri dari penyakit diabetes dengan harapan pencegahan bisa dilakukan sejak tahap awal atau bahkan sebelumnya.

Diabetes melitus atau yang juga sering disebut penyakit kencing manis merupakan penyakit yang disebabkan karena kadar gula dalam darah cukup tinggi. Kondisi tersebut terjadi akibat tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagai mana mestinya atau karena insulin tidak dapat bekerja dengan optimal. Insulin adalah hormon yang dihasilkan pankreas dengan fungsi utama menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Dalam kondisi normal insulin berperan dalam menggerakan glukosa masuk ke dalam sel guna diolah sebagai sumber energi. Bila insulin gagal menjalankan tugasnya, maka akan terjadi penumpukan glukosa dalam darah.

Lantas apa saja ciri-ciri diabetes itu?
Ciri-Ciri Diabetes
Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap penyakit memiliki ciri khusus tidak terkecuali penyakit diabetes melitus. Adapun berikut ini diberikan beberapa ciri-ciri diabetes yang mesti diwaspadai:
– Berat badan menurun.
– Tubuh mudah terasa lelah dan mengantuk.
– Penglihatan menjadi kabur.
– Mudah merasa haus dan lapar.
– Sering merasa ingin buang air kecil terlebih di malam hari.
– Sering merasa mual dan pusing.
– Jika mengalami luka proses penyembuhan berlangsung lebih lama.
– Merasakan kesemutan pada tangan dan kaki.
– Terjadi disfungsi ereksi (khusus pasien pria).

Itulah beberapa ciri diabetes melitus yang mesti diwaspadai. Kenali betul beberapa ciri di atas dan segera tanggap melakukan check up kesehatan ke dokter terpercaya jika memang didapati beberapa ciri penyakit yang mencurigakan. Bersikap tanggap dan waspada tentu baik untuk kondisi kesehatan Anda. Karena semakin cepat tanggap semakin baik agar penyakit tidak terlanjur berkembang pada tahap yang lebih berisiko. Terlebih mengingat diabetes melitus cukup berpotensi menyebabkan komplikasi penyakit mematikan seperti jantung, stroke, gagal ginjal, kerusakan sistem syaraf, dan disfungsi ereksi.

Prevelensi diabetes pada orang dewasa di seluruh penjuru dunia diketahui berada pada rerata angka 4,0% yang diyakini angka tersebut akan terus meningkat sampai 5,4% di tahun 2025 kelak. Tentu bukan suatu perkembangan yang bagus. Karenanya setiap orang mesti cermat dan peduli dengan kesehatan masing-masing. Adapun sebagai info tambahan ciri-ciri diabetes bisa pula diketahui dari pertumbuhan rambut di daerah distal, lesi-lesi kulit nekrotik, kuku yang jadi lebih tebal, dan daerah cekung akibat artrofi jaringan subkutan.

Related posts