Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi

Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi

Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi

Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi
Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi

Tiga tahun sebelum wawancara ini dilakukan dan sebelum ia tau bahwa kadar gula darahnya tinggi, Nyonya Erna Damar merasa ada yang aneh pada tangannya. Selain sering kesemutan, kulitnya gatal-gatal terus setiap hari. Bahkan, ujung jarinya tidak memberikan rasa jika disentuh. Selain itu, ia sering sekali terpaksa ke kamar kecil di malam hari untuk buang air kecil. Hanya itu? Tidak. Penglihatan ibu dua anak ini pun mulai berkurang sehingga untuk membaca ia mesti mengenakan kacamata. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Setelah ia memeriksakan diri ke rumah sakit, terdeteksi bahwa kadar gulanya sudah tinggi, 265 mg/dl, waktu itu. Normalnya di bawah 150. Maka, sejak saat itu, rutin wanita 53 tahun ini minum obat dokter agar kadar gula darahnya bisa turun kembali. Tak mau terus-menerus bergantung kepada obat, nenek satu cucu itu tak putus berusaha mencari alternatif untuk bisa menurunkan kadar gula darahnya itu.  “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Tiga bulan sebelum wawancara ini dilakukan, ia membaca berita tentang Madu Bima 99 di surat kabar. Tertarik kepada manfaatnya, ia lalu mengonsumsi madu hitam phit itu setiap hari secara teratur. Ternyata, tak butuh waktu lama baginya untuk memperoleh recovery. Buktinya? “Baru dua botol saya menghabiskan Madu Bima 99 itu, penglihatan saya pulih kembali, dan saya tidak pakai kacamata lagi, walaupun saat membaca,” ungkap penduduk Lingkungan I, Kelurahan Kombos Barat, Kecamatan Singkil, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, ini. Yang lainnya? “Kencing malam hanya sekali sekarang. Tangan tidak sering kesemutan dan gatal-gatal lagi. Ujung jari yang dulu tidak berasa jika disentuh, sekarang sudah berasa,” paparnya saat ditemui 23 Maret 2015 lalu. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Diabetes bisa memancing penyakit lain ikut menggerogoti tubuh, baik secara kronis maupun akut. Kadar gula penderita bisa menurun drastis bila ia melakukan diet ketat. Akibatnya, muncul serangan hipoglikemia dengan gejala lapar, gemetar, berkeringat, kepala pusing, dada berdebar. Kadang-kadang, tubuh penderita sangat kekurangan insulin. Kebutuhan energi baru terpenuhi setelah sel lemak pecah membentuk keton. Karena senyawa keton mempunyai bau khas, kencing penderita juga berbau khas. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Terjadi pula gejala akut seperti darah menjadi asam. Bisa juga terjadi mual, hipotensi (tekanan darah rendah), dan shock. Penderita diabetes berpotensi dua kali lebih mudah terserang penyakit ini. Bila sudah terjadi pembekuan darah di otak, penyakit gawat berikutnya sudah menunggu: stroke. Selain itu, yang juga bisa terjadi adalah gagal ginjal. Penderita diabetes 17 kali lebih mudah terkena gagal ginjal. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Saat ini beberapa merek madu pahit telah beredar di pasaran. Tapi, yang banyak digemari, karena manfaatnya yang nyata, memang Madu Bima 99. Apalagi, dari hasil uji laboratorium Fakultas Farmasi UI dan Sucofindo September 2014, Madu Bima 99 terbukti bebas dari bahan kimia obat, patogen, logam berbahaya, dan zat berbahaya lainnya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa datang ke apotek, toko obat, dan outlet-outlet lainnya di kota Anda. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi:

www.madubima.com

www.facebook.com/Madu Bima 99

www.twitter.com@madubima99

Alhamdulillah, kini Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi

 

Tanda-tanda Gejala Sakit Diabetes

Diabetes mellitus atau kencing manis terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Glukosa sangat penting bagi kesehatan karena merupakan sumber energi utama bagi otot dan jaringan. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Jika anda memiliki diabetes tipe apapun, itu berarti anda memiliki terlalu banyak glukosa. Terlalu banyak glukosa dalam darah akan menyebabkan masalah yang serius. Diabetes kronis terdiri dari diabetes tipe 1 dan tipe 2. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi
Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi

Beberapa gejala klasik penderita diabetes mellitus antara lain: sering buang air kecil, sering merasa haus dan lapar, serta badan lemas dan sering mengantuk. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Gejala Penyakit Diabetes Mellitus

Gejala diabetes bervariasi berdasarkan jenis diabetes yang anda miliki. Jika anda memiliki prediabetes (kadar gula darah lebih tinggi dari normal tapi belum cukup dikategorisasikan sebagai diabetes) atau gestational diabetes (gula darah yang meningkat saat kehamilan) mungkin tidak akan mengalami gejala. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Gejala Diabetes Tipe1 (pada anak-anak)

Mengenali gejala diabetes tipe satu pada anak tak selalu mudah karena gejala-gejalanya sering salah dikira penyakit flu. Selain itu gejalanya terkadang baru muncul setelah penyakit berjalan cukup panjang. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Anak dengan diabetes tipe 1 biasanya memiliki gejala awal sebagai berikut:

1. Sering berkemih
Hal ini terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah. Anak jadi lebih sering buang air kecil dan dalam jumlah yang besar. Mengompol juga bisa menjadi gejala adanya diabetes, terutama jika sebelumnya anak tak pernah mengompol. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

2. Banyak minum
Karena banyak cairan yang dikeluarkan, anak menjadi gampang haus.

3. Berat badan berkurang
Tubuh tidak lagi bisa memproses glukosa untuk energi dan mulai memecah otot dan cadangan lemak untuk menghasilkan energi bagi sel-sel yang lapar. Karenanya meski nafsu makan anak normal tetapi berat badannya sulit naik.

4. Mudah lelah
Anak tampak kelelahan karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energi.

Gejala-Gejala Diabetes Tahap Lanjut

Diabetes tipe 1 umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja meskipun pada dasarnya dapat terjadi pada usia berapapun. Diabetes tipe 2 yang merupakan tipe yang paling umum dapat terjadi pada usia berapapun dan sering dapat dicegah. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

1. Berat badan turun dengan cepat
Buat penderita diabetes, jangan senang dulu jika berat badan Anda turun dengan cepat. Ini bukan diakibatkan karena diet yang sukses, namun lebih disebabkan karena pankreas mulai rusak. Pankreas memiliki tugas memproduksi insulin yang digunakan mengolah glukosa menjadi sumber energi. Karena pankreas pada penderita diabetes gagal mengolah gula menjadi energi, maka terjadilah resistensi insulin. Tubuh kemudian akan mencari sumber energi alternatif dengan membakar cadangan lemak dalam tubuh. Jika cadangan lemak habis, maka sasaran selanjutnya adalah otot. Akibatnya bobot tubuh akan terus menyusut. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

2. Sering Kesemutan
gejala ini terjadi karena pembuluh darah yang rusak, sehingga darah yang mengalir di ujung–ujung saraf pun berkurang.

3. Luka yang sulit sembuh
Ini adalah efek lain dari kerusakan pembuluh darah dan saraf selain kesemutan. Kerusakan ini mengakibatkan penderita diabetes tidak merasakan sakit jika mengalami luka. Mereka bahkan kadang tidak sadar telah terluka. Gabungan kadar gula darah yang tinggi dan tidak adanya rasa nyeri, maka luka yang awalnya kecil dapat membesar menjadi borok dan bahkan membusuk. Jika sudah sampai tahap ini, amputasi merupakan satu-satunya jalan untuk menyembuhkannya. Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Gejala Diabetes Pada Wanita

Sementara itu, sayangnya dari beberapa gejala khusus yang sering dialami wanita namun tidak disadari mereka. Lantas, gejala-gejala apa saja itu biasanya hadir itu? Di bawah ini ada beberapa gejala yang dapat Anda harus waspadai dan segera konsultasi ke dokter, menurut Imam, di antaranya sebagai berikut:

  1. Infeksi vagina yang ditandai dengan munculnya keputihan secara berulang, meskipun telah mendapatkan pengobatan.
  2. Wanita diabetes lebih mudah terserang infeksi jamur di daerah organ intim karena daerah tersebut mengalami kelambaban cukup tinggi.
  3. Mengalami gangguan fungsi hormonal karena aliran darah tidak lancar.
  4. Cenderung mengalami polycystic ovarian syndrome. Keseimbangan hormon terganggu yang akan menganggu sistem reproduksi.
  5. Pemicu diabetes juga, biasanya ditemukan pada wanita yang mengalami depresi.
  6. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dibanding pria

 

Penyebab & Faktor Risiko Diabetes

Untuk dapat mengerti tentang diabetes anda harus mengetahui bagaimana glukosa diproses tubuh secara normal.

Bagaimana glukosa bekerja secara normal
Glukosa adalah sumber energi utama bagi tubuh. Glukosa berasal dari dua sumber yang utama, yaitu makanan dan hati. Saat mencerna makanan gula diserap ke dalam aliran darah dengan dibantu oleh insulin (hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat). Hormon insulin dihasilkan oleh pankreas. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Dalam proses ini hati bertindak sebagai gudang penyimpanan dan pusat pengolahan. Contohnya ketika anda tidak makan untuk beberapa waktu, hati akan melepaskan glukosa yang tersimpan untuk menjaga kadar glukosa tetap normal. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Penyebab Diabetes

Penyebab diabetes tipe 1
Pada diabetes tipe 1, sistem imun anda yang normalnya berfungsi untuk melawan bakteri atau virus malah menyerang hormon insulin. Kondisi ini membuat anda kekurangan atau bahkan tidak memiliki insulin. Alih-alih dihantarkan ke dalam sel, gula akan menumpuk di dalam aliran darah. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Penyebab prediabetes dan diabetes tipe 2
Pada kondisi prediabetes – yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2 – dan diabetes tipe 2, sel menjadi resisten terhadap hormon insulin. Hal ini menyebabkan pankreas tidak mampu menghasilkan cukup insulin. Alih-alih mengalirkan ke dalam sel, gula akan menumpuk di dalam darah. Penyebab pastinya tidak diketahui meskipun kelebihan lemak dan perilaku pasif merupakan faktor penting.“Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Penyebab gestational diabetes
Saat kehamilan, plasenta memproduksi hormon untuk menopang kehamilan. Hormon ini membuat sel lebih resisten terhadap insulin. Seiring pembesaran plasenta pada tiga bulan kedua dan ketiga, maka hormon tersebut semakin banyak dihasilkan. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Normalnya pankreas akan merespon dengan menghasilkan lebih banyak insulin. Tetapi terkadang pankreas justru tidak mampu meresponnya. Ini membuat glukosa banyak menumpuk di darah dan tidak terserap ke dalam sel. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Faktor risiko terkena diabetes

Faktor risiko diabetes didasarkan pada tipe diabetes.

Faktor risiko diabetes tipe 1

Meskipun penyebab pasti diabetes tipe 1 tidak diketahui, faktor keturunan mungkin mempengaruhi. Faktor lainnya adalah terkena penyakit yang disebabkan virus. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Faktor risiko diabetes tipe 2

• Lemak.
Semakin banyak lemak pada jaringan tubuh anda, semakin tinggi pula resistensinya terhadap insulin.

• Perilaku pasif.
Perilaku pasif akan membuat lemak dalam tubuh tidak terbakar. Aktifitas fisik akan membantu mengontrolnya dan semakin banyak penggunaan glukosa untuk energi maka semakin sensitif sel anda terhadap glukosa. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

• Faktor keturunan.

• Usia.
Risiko akan meningkat seiring dengan usia dimana aktifitas fisik cenderung menurun.

• Gestational diabetes.
Jika anda memiliki gestational diabetes ketika hamil, maka risiko mengalami prediabetes dan diabetes tipe 2 akan meningkat kemudian. Jika bayi yang anda lahirkan memiliki berat lebih dari 4 kilogram maka anda juga berisiko terkena diabetes tipe 2. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

• Polycystic ovary syndrome.
Ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur, tumbuh rambut yang terlalu banyak dan obesitas.

Kondisi lain yang terkait diabetes antara lain:

Pencegahan Penyakit Diabetes
Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah. Akan tetapi diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

  • Makan makanan sehat rendah kalori dan lemak
  • Lebih aktif secara fisik, khususnya dengan berolahraga
  • Jaga berat badan ideal

Apa itu DIABETES dan Apa yang menyebabkan DIABETES ?

Apa itu Diabetes

1. Apakah sebenarnya Diabetes Melitus atau kencing manis itu ?

Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Ada 2 jenis tipe utama dalam Diabetes yaitu:

Diabetes tipe 1
Suatu keadaan dimana tubuh sudah sama sekali tidak dapat memproduksi hormon insulin. Sehingga penderita harus menggunakan suntikan insulin dalam mengatur gula darahnya. Sebagian besar penderitanya adalah anak-anak & remaja. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Diabetes tipe 2
Terjadi karena tubuh tidak memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau karena insulin tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi insulin). Tipe ini merupakan yang terbanyak diderita saat ini (90% lebih), sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, gemuk dan mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

2. Bagaimana mengetahui apakah kita menderita Diabetes atau tidak ?

Mereka yang menderita Diabetes sering menunjukkan gejala sebagai berikut :

– Haus dan banyak minum
– Lapar dan banyak makan
– Sering kencing
– Berat badan menurun
– Mata kabur
– Luka lama sembuh
– Mudah terjadi infeksi pada kulit (gatal-gatal), saluran kencing dan gusi
– Nyeri atau baal pada tangan atau kaki
– Badan terasa lemah
– Mudah mengantuk
Gejala-gejala di atas sering dijumpai, tapi pada beberapa orang sering tidak dijumpai gejala sama sekali. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaaan darah di laboratorium.

3. Siapa saja yang dapat menderita Diabetes ?

Diabetes dapat terjadi pada semua orang. Tapi bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga Diabetes, lebih besar kemungkinannya untuk menderita Diabetes. Selain riwayat keluarga, faktor resiko lainnya adalah mereka yang mempunyai berat badan berlebih (gemuk), kolesterol tinggi (pola makan yang tidak baik), Hipertensi dan kurang aktifitas fisik. Mereka yang berusia lebih dari 40 tahun disertai dengan kegemukan akan semakin meningkatkan resiko untuk menderita diabetes“Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

4. Bagaimana memastikan menderita Diabetes atau tidak ?

Diagnosa Diabetes didapatkan bila ditemukan hasil pemeriksaan sebagai berikut :

Gula darah puasa lebih besar atau sama dengan 126 mg/dl
Gula darah sewaktu lebih besar atau sama dengan 200 mg/dl
Gula darah 2 jam setelah pemberian larutan glukosa 75 gram (pada tes toleransi glukosa oral) memberikan hasil lebih besar atau sama dengan 200 mg/dl
Bila seseorang mempunyai gejala khas Diabetes (banyak kencing, banyak minum, banyak makan, berat badan menurun cepat dan badan lemas), maka hasil pemeriksaan sekali saja di atas sudah menentukan orang tersebut menderita diabetes. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Tapi bila gejala khas tidak ada, diperlukan dua kali pemeriksaan di atas untuk memastikan diagnosa Diabetes.

5. Apakah yang dimaksud dengan Pre Diabetes itu ?

Pre Diabetes adalah suatu keadaan dimana gula darah lebih tinggi daripada normal tapi belum cukup tinggi untuk dimasukkan dalam kategori Diabetes.
Mereka yang termasuk dalam kategori Pre Diabetes, beresiko tinggi untuk menderita Diabetes tipe 2 di kemudian hari, kecuali mereka melakukan pola hidup sehat dengan menurunkan berat badan yang berlebih dan aktif berolahraga. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Seseorang dimasukkan dalam kategori Pre Diabetes bila gula darah puasa berkisar antara 100-125 mg/dl. Gula darah 2 jam setelah pemberian larutan glukosa 75 gram (pada tes toleransi glukosa oral) berkisar antara 140-199 mg/dl. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

6. Bagaimana mengatasi Diabetes ?

Baik penyandang Diabetes tipe 1 maupun tipe 2, sangat penting untuk melakukan perencanaan makan dan berolahraga. Untuk Diabetes tipe 1 dan beberapa Diabetes tipe 2, diperlukan juga suntikan insulin. Untuk sebagian penyandang Diabetes tipe 2, diperlukan obat oral (obat minum) agar membantu tubuh untuk membuat insulin lebih banyak dan atau membantu membuat insulin bekerja dengan lebih baik. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Kadang penyandang Diabetes tipe 2 dapat mengontrol gula darahnya tanpa obat, hanya dengan pengaturan pola makan dan berolah raga secara teratur. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Penyandang Diabetes dianjurkan untuk kontrol teratur ke dokter. Dokter akan memberikan penjelasan tentang Diabetes dan pengendaliannya, pengaturan pola makan, olahraga, komplikasi yang dapat terjadi dan obat-obatan atau insulin yang perlu digunakan. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Pasien juga perlu melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin dan melalukan pemeriksaan darah dan air seni berkala yang meliputi HbA1c (gambaran gula darah dalam 3 bulan terakhir), mikroalbumin urin (kebocoran protein dalam air seni), profil kolesterol, fungsi ginjal, hati, dan sebagainya. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Pasien juga perlu memeriksakan matanya secara teratur minimal 1 kali dalam setahun untuk memastikan tidak adanya komplikasi Diabetes pada mata (retinopati).

7. Apa saja komplikasi Diabetes yang dapat terjadi ?

Inilah salah satu alasan yang penting mengapa pasien perlu mengontrol gula darahnya. Karena dengan kontrol gula darah yang buruk, pasien akan mengalami komplikasi jangka panjang, seperti stroke, penyakit jantung, kebutaan, gagal ginjal, penyakit pada pembuluh darah dan kerusakan syaraf sehingga dapat menyebabkan amputasi pada anggota tubuh dan pada pria dapat terjadi gangguan ereksi. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Dari penelitian selama 10 tahun yang telah selesai dilakukan, menunjukkan bahwa pasien yang menjaga gula darahnya tetap terkontrol, akan menurunkan resiko komplikasi-komplikasi tersebut hingga 50% lebih. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

8. Berapakah target gula darah yang harus dicapai oleh penyandang Diabetes ?

Target dari gula darah adalah individual, jadi bisa saja satu pasien dengan pasien lain berbeda untuk target yang harus dicapai. Tapi secara umum target yang harus dicapai adalah :

Gula darah sebelum makan : 90-130 mg/dl
Gula darah 2 jam setelah makan : dibawah 160 mg/dl
Gula darah sebelum tidur : 110-150 mg/dl
Target untuk HbA1c (gambaran gula darah dalam 3 bulan terakhir) yaitu kurang dari 7%.

9. Apakah Diabetes dapat disembuhkan ?

Hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan sakit Diabetes. Tapi dengan menurunkan berat badan yang berlebih, diet yang baik, dan berolahraga secara teratur, dapat membuat gula darah kembali normal dan mengurangi resiko diabetes. Tapi ini tidak berarti telah sembuh dari Diabetes. Karena bila pasien kembali gemuk, diet buruk dan tidak berolahraga, maka gula darah akan meningkat kembali. Jadi Diabetes tidak dapat sembuh, tapi gula darah dapat dikontrol dalam batas normal. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes nya Teratasi”

DIABETES sering disebut oleh dokter sebagai DIABETES mellitus, menggambarkan sekelompok penyakit metabolik di mana seseorang memiliki gula darah tinggi (gula darah), baik karena produksi insulin tidak memadai, atau karena sel-sel tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin, atau keduanya . Pasien dengan gula darah tinggi biasanya akan mengalami poliuria (sering kencing), mereka akan menjadi semakin haus (polidipsia) dan lapar (polifagia).“Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Beberapa Fakta Dan Mitos Seputar Diabetes

Banyak dianggap “fakta” yang dilemparkan sekitar di koran pers, majalah dan di internet tentang diabetes; beberapa dari mereka, pada kenyataannya, mitos. Sangat penting bahwa orang-orang dengan diabetes, pra-diabetes, orang yang mereka cintai, pengusaha dan sekolah memiliki gambaran yang akurat tentang penyakit. Berikut adalah beberapa mitos diabetes:

Orang dengan diabetes tidak harus latihan – TIDAK BENAR !! Latihan ini penting bagi penderita diabetes, karena untuk orang lain. Latihan membantu mengelola berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan suasana hati, membantu mengontrol gula darah, dan mengurangi stres. Pasien harus mendiskusikan latihan dengan dokter pertama mereka. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Orang gemuk selalu mengembangkan diabetes tipe 2 pada akhirnya – ini tidak benar. Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko menjadi DIABETIC, mereka merupakan faktor risiko, tetapi tidak berarti bahwa orang yang gemuk pasti akan menjadi diabetes. Banyak orang dengan diabetes tipe 2 tidak pernah kelebihan berat badan. Sebagian besar orang yang kelebihan berat badan tidak mengembangkan diabetes tipe 2. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Diabetes adalah gangguan, namun tidak serius – dua pertiga pasien diabetes mati sebelum waktunya akibat stroke atau penyakit jantung. Harapan hidup orang dengan diabetes adalah dari lima sampai sepuluh tahun lebih pendek dari orang lain. Diabetes adalah penyakit serius. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Anak-anak bisa mengatasi diabetes – ini tidak benar. Hampir semua anak dengan diabetes tipe 1; sel beta penghasil insulin di pankreas telah hancur. Ini tidak pernah kembali. Anak-anak dengan diabetes tipe 1 harus mengambil insulin selama sisa hidup mereka, kecuali obat ditemukan satu hari. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Jangan makan terlalu banyak gula, Anda akan menjadi diabetes – ini tidak benar. Seseorang dengan diabetes tipe 1 mengembangkan penyakit karena sistem kekebalan tubuh mereka menghancurkan sel beta penghasil insulin. Sebuah tinggi DIET kalori, yang dapat membuat orang kelebihan berat badan / obesitas, meningkatkan risiko mengembangkan diabetes tipe 2, terutama jika ada riwayat penyakit ini dalam keluarga. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Aku tahu kapan kadar gula darah saya tinggi atau rendah – sangat tinggi atau rendah kadar gula darah dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti kelemahan, kelelahan dan haus yang ekstrim. Namun, tingkat perlu berfluktuasi banyak gejala yang dirasakan. Satu-satunya cara untuk memastikan tentang kadar gula darah Anda adalah untuk menguji mereka secara teratur. Peneliti dari University of Copenhagen, Denmark menunjukkan bahwa bahkan sangat sedikit kenaikan kadar glukosa darah secara signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung iskemik. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

MAKANAN SIAP SANTAP DIABETES berbeda dari orang lain – para dokter dan ahli gizi DIET khusus merekomendasikan untuk pasien diabetes adalah orang yang sehat; sehat untuk semua orang, termasuk orang-orang tanpa penyakit. Makanan harus mengandung banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan mereka harus rendah garam dan gula, dan lemak jenuh atau trans. Para ahli mengatakan bahwa tidak ada kebutuhan untuk membeli makanan diabetes khusus karena mereka tidak memberikan manfaat khusus, dibandingkan dengan hal-hal yang sehat kita dapat membeli di toko-toko. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Kadar gula darah tinggi yang baik untuk beberapa, sementara untuk orang lain mereka adalah tanda DIABETES – tingkat tinggi gula darah tidak pernah biasa bagi siapa pun. Beberapa penyakit, stres mental dan steroid dapat menyebabkan kenaikan sementara kadar gula darah pada orang tanpa diabetes. Siapa saja dengan kadar gula darah lebih tinggi dari normal atau gula dalam urin mereka harus diperiksa untuk diabetes oleh seorang profesional perawatan kesehatan. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Penderita diabetes tidak bisa makan roti, kentang atau pasta – penderita diabetes bisa makan makanan bertepung. Namun, mereka harus mengawasi ukuran porsi. Gandum makanan bertepung lebih baik, seperti halnya bagi orang-orang tanpa diabetes.
Satu orang dapat mengirimkan diabetes untuk orang lain – TIDAK BENAR. Sama seperti patah kaki tidak menular atau menular. Orang tua dapat menyampaikan, melalui gen mereka untuk anak-anak mereka, kerentanan yang lebih tinggi untuk terserang penyakit itu. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Hanya orang-orang yang lebih tua mengembangkan diabetes tipe 2 – hal-hal yang berubah. Semakin banyak anak-anak dan remaja yang mengembangkan diabetes tipe 2. Para ahli mengatakan bahwa ini terkait dengan ledakan di tingkat obesitas, DIET miskin, dan kurangnya aktivitas fisik. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Aku harus pergi pada insulin, ini harus berarti diabetes saya adalah berat – orang mengambil insulin ketika diet saja atau diet dengan lisan atau non-insulin obat diabetes suntik tidak memberikan kontrol diabetes yang baik-cukup, itu saja. Insulin membantu mengontrol diabetes. Ini biasanya tidak ada hubungannya dengan tingkat keparahan penyakit. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes nya Teratasi”

Jika Anda memiliki diabetes Anda tidak bisa makan cokelat atau permen – penderita diabetes bisa makan cokelat dan permen jika mereka menggabungkan mereka dengan olahraga atau makan mereka sebagai bagian dari makanan yang sehat.
Pasien diabetes lebih rentan terhadap pilek dan penyakit pada umumnya – orang dengan diabetes dengan kontrol diabetes yang baik tidak lebih cenderung menjadi sakit dengan dingin atau sesuatu yang lain daripada orang lain. Namun, ketika diabetes menangkap dingin, diabetes mereka menjadi sulit untuk mengontrol, sehingga mereka memiliki risiko lebih tinggi komplikasi. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Cara Menurunkan Kadar Gula Dalam darah

Kadar gula darah yang meningkat drastis merupakan penanda diabetes. Kadar gula darah yang meningkat ini sebenarnya dapat dipicu oleh beberapa hal. Karenanya tipe diabetes pun bermacam-macam menurut penyebabnya. Namun penyebab yang paling umum adalah karena rusaknya sel beta pankreas sebagai penghasil insulin utama bagi tubuh dan adanya reaksi penolakan sel terhadap insulin yang ada. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes nya Teratasi”

Mengingat tingginya kadar gula darah merupakan penanda penyakit diabetes, mungkin sebagian dari anda akan bertanya mengenai batas antara kadar gula darah normal dan kadar gula darah tinggi. Nilai normal gula darah seharusnya berada pada kisaran 100 – 126 mg/dL setelah berpuasa lebih dari 8 jam. Sedangkan dua jam setelah berbuka, kadar normal gula darah seharusnya berada pada kisaran 140 – 200 mg/dL. Jika melebihi batas normal gula darah seperti yang telah disebutkan sebelumnya maka kadar gula darah dianggap melebihi batas kadar gula normal dalam darah dan dapat dikategorikan sebagai diabetes. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes nya Teratasi”

Mengingat kadar gula yang melebihi batas normal merupakan penanda diabetes maka perlu diupayakan untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Apalagi jika anda sudah tergolong kategori pradiabetes. Pradiabetes merupakan suatu kondisi dimana kadar gula darah melebihi batas normal namun belum cukup tinggi untuk dikategorikan diabetes. Dengan kondisi pradiabetes ini, sudah sewajarnya jika anda berupaya untuk selalu menjaga kestabilan kadar gula darah anda. Hal ini untuk mencegah berkembangnya kondisi pradiabetes menjadi diabetes. Lalu bagaimana caranya guna mendapatkan kadar gula darah yang stabil? Mengurangi Konsumsi Makanan Instan Dapat Membantu Menstabilkan Kadar Gula Darah. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes Teratasi”

Diabetes bisa memancing penyakit lain ikut menggerogoti tubuh antara lain seperti kolesterol dan sakit jantung. Komplikasi itu dapat bersifat kronis dan dapat pula akut. Kadar gula darah penderita bisa menurun drastis bila ia melakukan diet ketat. Akibatnya, muncul serangan hipoglikemia dengan gejala lapar, gemetar, berkeringat, kepala pusing, dada berdebar. Kadang-kadang, tubuh penderita sangat kekurangan insulin. Kebutuhan energi baru terpenuhi setelah sel lemak pecah membentuk keton. Karena senyawa keton mempunyai bau khas, kencing penderita juga berbau khas. Terjadi pula gejala akut seperti darah menjadi asam. Bisa juga terjadi mual, hipotensi (tekanan darah rendah), dan shock“Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes nya Teratasi”

Penderita diabetes berpotensi dua kali lebih mudah terserang penyakit ini. Bila sudah terjadi pembekuan darah di otak, penyakit gawat berikutnya sudah menunggu: stroke. Selain itu, yang juga bisa terjadi adalah gagal ginjal. Penderita diabetes 17 kali lebih mudah terkena gagal ginjal. Penderita diabetes pun berpotensi 25 kali lipat ketimbang orang normal terkena penyakit kebutaan. Ada lagi yang lain: gangren dan impotensi. Penderita diabetes lebih mudah terkena gangguan ini sekitar 5 kali orang normal. “Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes nya Teratasi”

Demikian artikel tentang Kadar Gula Darah Turun dan Sakit Diabetes nya Teratasi, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Related posts

Leave a Comment