Kenali Penyebab Diabetes Sejak Dini

Kenali Penyebab Diabetes Sejak Dini

Kenali Penyebab Diabetes Sejak Dini

Kenali Penyebab Diabetes Sejak Dini

Penyebab diabetes secara sederhana mungkin karena faktor keturunan, tetapi faktor tersebut tidak sepenuhnya benar karena keturunan orang yang terkena diabetes pun bisa jadi ia tidak mengalaminya. Tingkat penyakit diabetes meningkat setiap tahunnya di seluruh dunia bahkan Indonesia. Penderita diabetes biasanya terjadi pada seseorang yang mempunyai kebiasaan makan banyak atau mengalami obesitas, kurang gerak atau malas untuk berolahraga. Oleh karena itu Kenali Penyebab Diabetes Sejak Dini seblum terlambat.

Agar dapat terhindari penyakit bahaya tersebut kenali dulu beberapa penyebab dan kebiasaan yang menjadi pemicu munculnya diabetes, anatara lain:

Merokok
Sudah tahu bukan bahanya rokok untuk diri Anda sendiri dan orang sekitar ? bahkan perokok pasif pun labih berbahaya dari pada perokok aktif. Asap rokok membahayakan jantung, paru-paru dan kehamilan. Aktivitas merokok juga merusak pankreas dan hati.

Pola Tidur
Pola dan kualitas tidur yang kurang baik menimbulkan adanya diabetes, begadang semalam suntuk untuk melakukan sesuatu yang tidak berguna sebaiknya dihindari. Sebuah riset memaparkan bahwa jika orang kurang tidur maka tubuh tidak dapat melakukan metabolism gula dengan baik. Juga mempengaruhi efektifitas kerja otak.

Kelebihan karbohidrat
Makanan dan minuman kaleng seperti roti, cake, sirup dan juga air soda mempunyai kandungan gula berlebih yang dapat menyebabkan diabetes. Rasa lezat dan manis di dalamnya mempengaruhi kita untuk mengkonsumsi lebih banyak padahal konsumen sendiri seharusnya sudah tahu takaran gula yang tersimpan di dalam makanan dan minuman tersebut.

Penyebab diabetes yang lain juga bisa disebabkan karena seringnya mengkonsumsi gorengan. Akan lebih berbahaya jika gemar mengkonsumsi gorengan dan ia mempunyai riwayat penyakit diabetes. Gula di dalam darah akan melekat dengan minyak pada gorengan. Lemak dalam bentuk minyak ini akan memperlambat jalannya darah dan laju gula semakin meningkat. Puasa ternyata juga mampu mencegah diabetes yang umum terjadi pada orang tua, karena dengan puasa asupan makan dan minum selama puasa akan terjaga dan bisa mengendalikan kadar gula dalam darah seseorang.

Diabetes biasanya akan menyerang orang dengan usia 45 tahun ke atas, mempunyai berat badan berlebih dan sedikit mempunyai aktifitas untuk olah fisik atau bisa juga karena faktor saudara atau keluarga yang mempunyai penyakit diabetes. Beberapa tahun belakangan ini sudah diadakan sebuah obat untuk diabetes yang bekerja untuk melambatkan penyerapan darah sehingga kelebihan darah akan dikeluarkan lewat urin. Obat tersebut bernama yang sudah mendapat persetujuan dari BPOM atau Badan pengawas Obat dan Makanan.

Dapagliflozin mampu menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara yang sangat efektif dan mengecilkan 50 persen penggunaan insulin. Jangan lagi mengkonsumsi makanan yang mempunyai potensi diabetes dan lakukan beberapa kegiatan positif untuk menyehatkan badan. Jika manusia ingin sembuh memanglah harus berusaha dan biarkan Tuhan yang menentukan hasilnya.

Dengan melakukan beberapa konsultasi ke dokter ahlinya dan sudah mengetahui beberapa penyebab diabetes.

Related posts