Manfaat Madu Untuk Kecantikan Wanita

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Wanita

cantik dengan madu

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa Madu merupakan humectant, artinya memiliki kemampuan untuk menarik dan mengikat kelembaban, dimana kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban merupakan faktor penting untuk menjaga kelembutan, kekenyalan dan kelenturan kulit. Oleh karenanya tak heran bila kita bisa memanfaatkan Madu untuk kecantikan.

Seiring dengan pertambahan usia maka kulit kehilangan kemampuannya untuk mengikat air – yang mengakibatkan kulit kering atau keriput. Disamping itu lingkungan mempunyai pengaruh yang tak kalah buruknya bagi kulit, seperti terpapar polusi dan berbagai zat kimia.

Madu merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai bahan perawatan pribadi. Dimana zat alami yang terkandung dalam madu bisa membantu tubuh menjalankan fungsinya dalam melembabkan kulit. Kelebihan lainnya adalah madu alami cocok untuk segala jenis kulit, bahkan untuk kulit yang sangat sensitif pun.

Penelitian lain menyebutkan bahwa madu sangat efektif sebagai antimicrobial agent, yang berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri. Janice Cox, seorang penulis buku Natural Beauty at Home, mengatakan bahwa kandungan antimicrobial dalam madu membuatnya bermanfaat dalam perawatan jerawat ringan. Dimana perbedaan dengan produk-produk perawatan jerawat lainnya adalah kandungan pelembab dalam madu tak membuatkulitkering.

Penelitian diatas juga mengembangkan proses menggunakan madu untuk menciptakan alpha hydroxy acids (AHAs), dimana zat ini merupakan kandungan penting yang ada dalam setiap krem kulit dan pelembab karena fungsinya sebagai pengelupasan kulit, dan perawatan dengan cara pengelupasan ini berguna untuk meningkatkan perbaikan sel kulit dan peremajaan kulit. Perawatan dengan pengelupasa ini juga bisa menyebabkan kulit teriritasi, tetapi dengan menambahkan pelembab alami dari madu membuat produk AHAs jadi lebih sempurna.

Bilamana anda tertarik untuk pemanfaatan madu alami untuk memoles diri anda, silahkan simak tips kecantikan madu sebagai berikut, anda akan lebih cantik dan segar.

Menyejukan Kulit (Untuk Kulit Berjerawat Ringan). Ambil ½ cangkir air hangat dan campurkan dengan ¼ sendok teh garam. Oleskan dengan menggunakan cotton bud langsung ke bagian yang berjerawat dan beri tekanan dengan kapas selama beberapa menit, untuk melembutkan bagian tersebut. Pergunakan kapas dan oleskan madu pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit dan kemudian basuh dan tepuk-tepuk perlahan hingga keringkan.
Madu untuk Masker Pengencangan Wajah. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa madu yang dipergunakan sebagai masker wajah sangat efektif menghambat proses penuaan dini dan keriput. Caranya sangat mudah hanya dengan mengoleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mengering dan setelah kering basuh dengan air hangat.
Mandi Madu. Bagaikan lagu si Elvie Sukaesih….hehhehehe. Sejarah mencatat bahwa khasiat mandi madu ini sudah dilakukan sejak zaman ratu Cleopatra. Cara untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut sangatlah mudah, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi Anda.
Scrub Madu. Madu juga bisa digunakan untuk mengelupas kulit mati (scrubbing). Caranya campurkan 1 sendok teh madu dengan sedikit tepung almond ke telapak tangan Anda dan kemudian Gosokkan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Setelah itu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.
Madu sebagai pembersih wajah di tiap hari. Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan, kemudian oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.
Pengkilau Rambut. Agar rambut berkilau dan mudah diatur, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasanya dan tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.
Conditioner Rambut. Madu bisa dimanfaatkan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Caranya: campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok makan minyak zaitun, kemudian oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, kemudian ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup, lalu keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.
Toner Kulit. Untuk mengencangkan – melembutkan dan melembabkan kulit caranya sangat mudah. Campurkan 1 buah kulit jeruk dengan satu sendok makan madu dalam blender dan haluskan. Gosokan perlahan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama 15 menit, kemudian basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.
Tips di atas bisa anda gunakan sebagai produk-produk home spa, mengingat madu memang produk yang paling luar biasa untuk kecantikan yang digunakan sejak jaman mesir kuno, karena banyak terkandung enzyme bermanfaat, vitamin dan mineral. Tetapi anda harus pastikan produk madu yang Anda beli adalah 100 % murni, dan jangan gunakan tips kecantikan madu diatas bila anda menderita alergi pada madu. Selamat mencoba keajaiban madu lebah.

Related posts