Mencegah Diabetes Dengan Gaya Hidup Sehat

cara mencegah diabetes
mencegah diabetes madu bima

Diabetes Melitus merupakan kelainan metabolik yang mengakibatkan kadar gula dalam darah mengalami peningkatan. Kita bisa untuk mencegah. Setiap orang pada dasarnya memiliki resiko mengalami kelainan metabolik ini, namun beberapa orang memiliki resiko yang lebih tinggi mengalami diabetes. Seseorang dengan silsilah keluarga dengan sejarah diabetes serta mereka yang mengalami obesitas memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki anggota keluarga dengan diabetes serta memiliki berat badan yang normal. Setiap orang dapat mencegah diabetes atau menurunkan resiko mengalami diabetes dengan beberapa cara. Pengetahuan mengenai penyebab diabetes dapat menjadi informasi yang membantu guna mengurangi resiko seseorang mengalami diabetes. “Mencegah Diabetes Dengan Gaya Hidup Sehat”

Melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan salah satu cara mencegah diabetes yang paling efektif. Pola makan yang kurang sehat merupakan salah satu hal yang meningkatkan resiko seseorang mengalami diabetes. Bagaimana kita bisa mencegah diabetes jika pola makan kita tidak sehat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak dan tinggi kalori serta banyak mengandung pewarna serta pengawet dapat meningkatkan resiko mengalami diabetes. Konsumsi makanan jenis tersebut yang berlebih juga dapat memicu obesitas; harus diketahui pula bahwa obesitas merupakan salah satu hal yang meningkatkan resiko seseorang mengalami diabetes. Mengelola menu dan pola makan yang sehat dan seimbang menjadi bagian penting dalam mengurangi resiko mengalami diabetes. Asupan nutrisi yang cukup dengan konsumsi sayur dan buah – buahan yang yang cukup akan menjaga tubuh berada dalam kondisi sehat serta memiliki berat badan yang ideal sehingga resiko mengalami diabetes semakin berkurang. “Mencegah Diabetes Dengan Gaya Hidup Sehat”

Menambah aktivitas fisik berupa olahraga yang teratur dan terukur merupakan cara lain untuk mencegah diabetes karena aktivitas fisik akan menjaga berbagai organ serta metabolisme tubuh bekerja optimal. Seseorang dengan resiko diabetes yang lebih tinggi seperti memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes ataupun memiliki berat badan yang di atas normal sebaiknya meningkatkan porsi olahraga. Melakukan kegiatan olahraga secara teratur 3 hingga 5 kali dalam 1 minggu dapat menurunkan resiko seseorang mengalami diabetes. Kegiatan fisik dan olahraga dapat membantu metabolisme tubuh bekerja untuk membakar kelebihan lemak dan memecah gula yang tersimpan di dalam sel – sel tubuh sehingga stabilitas kadar gula darah menjadi lebih terjaga. “Mencegah Diabetes Dengan Gaya Hidup Sehat”

Menjaga berat badan tetap ideal merupakan cara lain untuk mencegah diabetes yang juga dapat dilakukan dengan mengatur asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi serta melakukan olahraga secara teratur dan terukur. Timbunan lemak terutama di sekitar perut dan pinggang dapat berdampak langsung pada kinerja pankreas yang bertugas menghasilkan insulin; timbunan lemak juga dapat membuat sel menjadi resisten terhadap insulin. Menghindari stres dan beristirahat dengan cukup terutama tidur malam yang nyenyak juga dapat menjaga stabilitas kadar gula dalam darah dan menurunkan resiko seseorang mengalami diabetes. “Mencegah Diabetes Dengan Gaya Hidup Sehat”

 

 

Related posts