Pantangan Penderita Diabetes Agar Dapat Menjalani Hidup Dengan Normal

diabet 3

Pantangan Penderita Diabetes Agar Dapat Menjalani Hidup Dengan Normal

Diabetes Melitus merupakan kelainan metabolik yang disebabkan karena gagal berfungsinya organ tubuh tertentu seperti pankreas yang gagal menghasilkan insulin dengan jumlah cukup ataupun adanya resistensi insulin dan masalah dengan kurangnya transporter glukosa. Oleh karena itu; Diabetes Melitus dapat dikatakan tidak dapat disembuhkan namun dapat dikelola agar penderita diabetes dapat menjalani hidup dengan normal layaknya seseorang yang tidak menderita diabetes. “Pantangan Penderita Diabetes

Ada beberapa pantangan diabetes yang merupakan bagian dari mengelola kelainan metabolik ini. Berpantang mengkonsumsi beberapa jenis makanan dapat menjadi solusi sederhana untuk menjaga stabilitas kadar gula dalam darah agar tidak terlalu tinggi atapun terlalu rendah. Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat berakibat pada kondisi fisik penderita diabetes sehingga tidak dapat beraktivitas dengan normal. “Pantangan Penderita Diabetes”

Menjalani pantangan diabetes guna menghindari konsumsi jenis makanan tertentu sebaiknya dilakukan dengan sepebuh kesadaran demi kesehatan pribadi oleh penderita diabetes. Kebanyakan atau hampir semua makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi penderita diabetes dapat meningkatkan kadar gula dalam darah karena memiliki kadar gula yang tinggi. “Pantangan Penderita Diabetes”

Pasta dan mie merupakan dua makanan yang memiliki kandungan glikemik tinggi. Kedua jenis makanan tersebut juga terbuat dari bahan dengan kandungan karbihidrat murni yang tinggi seperti tepung gandum dan tepung beras. Nasi yang juga memiliki kadar karbohidrat murni yang tinggi sebaiknya juga dihindari dan dimasukkan ke dalam daftar makanan yang pantang dikonsumsi. Mengganti nasi putih dengan nasi merah yang berasal dari beras merah merupakan salah satu alternatif yang dapat diambil karena memiliki kadar gula yang lebih rendah. Pantangan Penderita Diabetes

Soda dan kopi merupakan dua jenis minuman yang sebaiknya dimasukkan ke dalam daftar pantangan diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. “Pantangan Penderita Diabetes”

Mengkonsumsi kopi pahit tanpa gula atau kopi dengan gula yang sedikit merupakan alternatif yang dapat diambil bagi penderita diabetes yang merasa terlalu berat untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi. Sedangkan soda memiliki kandungan kalori cair dan juga gula sehingga sebaiknya juga dihindari oleh penderita diabetes. Mengkonsumsi soda dengan jumlah banyak dengan frekuensi yang sering juga dapat meningkatkan resiko kegemukan. “Pantangan Penderita Diabetes”

Beberapa jenis buah juga sebaiknya dimasukkan ke dalam daftar pantangan yang tidak boleh dimakan oelh penderita diabetes untuk dihindari. Ada beberapa buah yang memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Durian merupakan salah satu buah yang sebaiknya dihindari meskipun memiliki indeks glikemik rendah karena memiliki kandungan kalori tinggi serta dapat memicu produksi gas. Kurma kering merupakan buah dengan kandungan gula tertinggi sehingga sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi kurma kering; mengganti kurma kering dengan kismis atau aprikot kering merupakan beberapa alternatif yang dapat diambil sebagai pengganti kurma kering. “Pantangan Penderita Diabetes”

www.madubima.com

Related posts