3 Tahap Penyehatan Tubuh Islami menurut Dr. Zaidul Akbar

sumber : Foto instagram.com/zaidulakbar

Tubuh kita senantiasa harus sehat dan kuat setiap hari, karena tubuh kita sebagai penopang hidup untuk menjalani segala aktivitas. Namun, jika tubuh mulai dirasa telah muncul gejala – gejala akan sakit, maka diperlukan beberapa tips penyehatan untuk mengembalikan tubuh menjadi sehat kembali. Sebagai umat muslim, sudah seharusnya untuk melakukan berbagai hal secara islami, termasuk melakukan penyehatan tubuh. Dilasir dari akun instagram Dr. Zaidul Akbar (@zaidulakbar) beliau membagikan tahapan untuk menyehatkan tubuh, berikut tips 3 Penyehatan Tubuh Islami yang dibagikan oleh Dr. Zaidul Akbar di akun media sosial instagramnya.

  1. Tahap Pertama B yaitu “Bersihkan”

    sumber : Foto instagram.com/zaidulakbar

Menurut Dr. Zaidul Akbar, tahap pertama yang harus dilakukan dalam penyehatan tubuh islami yaitu Bersihkan. Dalam Al – Qur’an dan juga Sunnah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasalam Tahap 1 ini menjadi kunci penting. Bagaimana cara membersihkannya? Tergantung ingin mengambil paket yang mana. Paket disini maksudnya paket untuk membersihkan tubuh dengan mengikuti puasa, Karena puasa dipercaya memberikan manfaat yang diantaranya dapat membersihkan tubuh dari kotoran. Berikut beberapa paket bersih yang dapat dilakukan untuk tahapan pertama ini :

  • Paket Bersih setahun penuh 180 hari alias Puasa Daud
  • Paket Bersih tahunan 30 hari alias Puasa Ramadhan
  • Paket Bersih tahunan 6 hari alias Puasa Syawal
  • Paket Bersih bulanan 3 hari alias Puasa Ayyamul Bidh
  • Paket Bersih per pecan 2 hari alias Puasa Senin & Kamis

Dan juga beberapa Paket Bersih lainnya yang tidak kalah menarik untuk dilakukan seperti Puasa Sunnah Arofah, dan yang lainnya.

Sangat menarik untuk dilakukan, karena tahap 1 ini  merupakan kunci penting. Jika tidak dikerjakan, maka beban dalam tubuh tidak akan berkurang. Dr. Zaidul Akbar menerangkan bahwa puasa tidak makan secara zohir dan puasa dari tidak makan yang tidak penting dan hanya sekedar memenuhi selera, itu merupakan puasa yang dikerjakan. Dan juga, puasa yang dikerjakan tersebut yang pertama harus dilakukan karena Allah Subhanahu Wa Taa’la bukan hanya untuk membersihkan tubuh semata, agar selain sehat, kita semua pun mendapatkan berkah pada tahap Puasa ini.

  1. Tahap 2 K yaitu “Keluarkan”

    sumber : Foto instagram.com/zaidulakbar

Lanjut setelah tahap pertama Bersihkan, ada tahap kedua yaitu Keluarkan. Bagian pembuluh darah yang paling panjang dalam tubuh manusia disebut dengan Kapiler, Kapiler merupakan tempat pertukaran antara oksigen dan karbondioksida. Sayangnya, jika darah kita mengental dan penuh dengan oksidan yang bisa menyebabkan penyakit maka darah kental tersebut akan menumpuk di Kapiler. Ditambah lagi jika kita tidak banyak bergerak dan jarang olahraga, jarang minum air putih maka akan semakin lengkap pengentalan darah didalam kapiler.

Nah jika kita megambil pedoman hadist puasa ayyamum bidh (tanggal 13, 14, 15 setiap bulan islam) maka ada hal baik yang disunnahkan oleh Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam yaitu tanggal 17/19/21 untuk melakukan bekam. Bekam merupakan metode pengobatan mengeluarkan darah statis yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia dengan cara divakum pada kulit dan mengeluarkan darahnya. Menariknya ini Dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa proses bekam ini berperan sebagai pengeluaran CPS atau faktor penyebab penyakit yang menumpuk pada kapiler. Maka tidak heran jika di internet banyak sekali riset yang menjelaskan bekam dapat mengeluarkan CPS. Selain untuk mengeluarkan darah, bekam ini dangat mempengaruhi tubuh kita sehingga membuat imunitas dan metabolisme menjadi lebih baik.

sumber : Instagram/karimbenzema

Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam telah menyebutkan titik – titik pada bagian tubuh yang harus dibekam seperti di kepala, leher, kaki. Jadi titik – titik bekam ini telah dijadikan panduan oleh Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam dan tentunya berdasarkan wahyu yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Taa’la. Jika ingin melakukan bekam, harus sesuai dengan SOP, jangan sembarang berbekam dan juga jika melakukan bekam di rumahpun harus sudah mendapatkan legalitas dari organisasi bekam yaitu Perkumpulan Bekam Indonesia.

Setelah dibersihkan dengan puasa, dan juga keluarkan toksin dan cps dengan proses bekam/hijamah, kedua hal tersebut telah 70% menyehatkan badan, lalu agar tubuh kita benar – benar menjaga keseimbangan dan kesehatannya sendiri maka diperlukan tahap terakhir yatu M.

  1. Tahap ketiga M yaitu Memasukan yang Halal dan Thoyyib

    sumber : Foto instagram.com/zaidulakbar

Setelah dua tahap diatas yaitu Bersihkan, dan Keluarkan. Maka, tahap terakhir yang harus dilakukan dalam penyehatan tubuh islami yaitu M alias Memasukan yang Halal dan Thoyyib dan juga tidak berlebihan dalam kedua hal tadi. Adapun ayat yang terdapat pada Al-Qur’an yang berkaitan dengan tahap ketiga ini yaitu terdapat pada QS. Al – A’raf : 31) yang berbunyi :
وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوٓا
yang artinya “Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan

Jadi yang harus kita ketahui bahwa kita perlu mengonsumsi “living food” atau makanan hidup, maksudnya makanan hidup disini merupakan makanan yang masih mengandung nutrisi penting untuk tubuh kita. Maka, mengapa Allah menciptakan berbagai rasa, warna dan bentuk. Dan disitulah Allah memasukan bahan penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Dalam menjaga kesehatan tubuh kita, maka kita perlu makan makanan yang bergizi besar dan juga memiliki karbo dan juga lemak secukupnya diantaranya adalah Sayur, Rempah, Buah, Rimpang, Air. Atau bisa dilihat detail makanan tersebut dibawah ini :

  • Lemak Sehat : Zaitun, Virgin Coconut Oil
  • Karbo Sehat : beras merah, beras coklat
  • Protein : Ikan, telur, daging.

(makanlah tanpa banyak olahan, contohnya : makan daging yang untuk sup daging. Jangan jadikan nugget sebagai makanan pokok, karena sudah berbentuk olahan.)

Selain itu, menghindari makanan dengan campuran penyedap sintetik maupun tambahan pangan sintetik lainnya kedalam makanan keseharian kita. Dan satu lagi, harus dibiasakan mulai dekat dengan pasukan imun ditubuh yaitu probiotik, bakteri baik yang banyak sumbernya di sekitar kita.

Insyaallah, dengan modal 3 tahapan penyehatan tubuh islami ini yang diterangkan oleh Dr. Zaidul Akbar ini akan membuat badan kita lebih terjaga maka badan akan terjaga dan juga tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri.

Alhamdulillah, telah dibahas 3 Tahapan Penyehatan Tubuh Islami yang telah diteragkan oleh Dr. Zaidul Akbar dalam akun instagramnya, semoga menjadi solusi kita semua untuk mendapatkan dan menjaga tubuh agar tetap sehat sesuai dengan syari’at islamiyah.

Oh iya, selain tiga tahapan diatas, ada baiknya pula mengkonsumsi Madu Bima 99 untuk konsumsi kesehatan kita semua. Dengan bahan yang terbuat dari Madu Hitam organik yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh dan tidak gampang sakit.

Madu Bima 99 ini telah dikonsumsi oleh banyak kalangan dari seluruh Indonesia, beberapa testimoni telah menyebutkan bahwa Madu Bima 99 selain untuk menjaga kesehatan daya tahan tubuh, Madu Bima 99 ini juga cocok untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain madu untuk kesehatan, Madu Bima 99 juga memiliki beberapa varian yang disesuaikan dengan kebutuhan, diantaranya adalah Madu Bima 99Madu Kesuburan Pria”, Madu Bima 99Madu Kesuburan Wanita”, dan juga Madu Bima 99Madu Kecerdasan Otak Anak”. Untuk pembelian dan informasi lengkap bisa didapatkan dengan Klik Disini.

Post Author: Filda Fajriati