4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak Pada Saat Pandemi

sumber foto : tirto.id

Kesehatan mental sangat penting bagi kita, tidak hanya untuk para orang dewasa, anak – anak pun harus dijaga keseatan mentalnya. Anak – anak identik sekali dengan sifat keceriaannya, bermain dengan bebas dalam bimbingan orang tua, namun dikarenakan adanya pandemi covid – 19 ini anak – anak menjadi jauh dari aktifitas bermain yang biasanya dilakukan pada keadaan normal. Diantaranya, menjadi jauh dengan interaksi teman – teman sebayanya, jauh dari kegiatan sosialisasi disekolahnya, hal tersebut dapat mengalami stress karena perubahan tersebut. Jika hal tersebut tidak segera di atasi, kemungkinan akan menjadi masaah di kemudian hari. Cara untuk menjaga kesehatan mental anak bisa dilakukan dengan cukup mudah, bisa dengan berinteraksi dengan alam ataupun memberikan quality time untuk anak. Berikut beberapa tips yang sangat mudah untuk menjaga kesehatan mental anak yang dilansir dari Indian Express :

1. Berjemur di bawah sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat memperkuat sistem saraf otak dan melepaskan hormon serotonin yang bisa meningkatkan suasana hati. Hormon tersebut juga membantu anak merasa tenang dan fokus. Selain itu, serotonin juga merangsang hormon melatonin yang dapat memicu otak untuk tidur nyenyak di malam hari. Manfaat lain dari berjemur adalah merangsang pembentukan vitamin D. Ajaklah anak berjemur di pagi hari paling tidak selama 15 menit atau melakukan olahraga di ruang terbuka sambil terpapar sinar matahari. Baca juga: Mengapa Berjemur Matahari Penting di Masa Pandemi Covid-19?

2. Berkebun

Mengajak anak untuk berkebun juga bisa membantu meredakan stres. Pilih tanaman yang disenangi anak seperti pohon buah atau bunga. Apabila di rumah tidak ada area yang luas untuk berkebun, merawat tanaman hias di pot bisa menjadi alternatif. Mintalah anak untuk rutin menyiram tanaman. Penelitian mengungkapkan, merawat tanaman dapat memberikan rasa tanggung jawab. Bahkan, rasa tanggung jawab itu bisa membuat anak merasa dirinya berharga karena ada yang membutuhkannya. Baca juga: Tanaman Janda Bolong Cocok untuk Pemula Berkebun

3. Memberikan hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan ternyata bisa membantu menjaga kesehatan mental anak. Orangtua perlu mengajari anak untuk berani membelai hewan seperti kucing atau anjing. Membelai tanpa syarat dengan rasa cinta dapat memicu pelepasan hormon oksitosin. Selain itu, memiliki hewan peliharaan juga menurunkan risiko hipertensi pada anak.

4. Pastikan anak cukup minum

Air dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya. Tapi di sisi lain, air juga memiliki efek terapeutik. Memastikan anak minum cukup air dapat meningkatkan fungsi dan konektivitas otak. Mulai dari meningkatkan konsentrasi dan kognisi hingga membantu menyeimbangkan suasana hati dan emosi.

Selain menjaga kesehatan mental anak, agar anak tetap sehat dan kuat di tengah masa pandemi ini, ada baiknya sebagai orang tua harus menjaga kesehatan fisik anak juga. Daya tahan tubuh yang kuat sangat baik untuk mempertahankan anak agar tetap sehat dan terhindar dari covid-19. Madu Bima 99 direkomendasikan untuk membantu mengatasi daya tahan tubuh anak dengan varian khusus yaitu Madu Bima 99 “Madu Kecerdasan Otak” untuk anak. Kandungan madu dan curcuma herbal ini selain dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh anak, adapun beberapa manfaat baik lainnya yaitu :

💗 Menambah nafsu makan

💗 Mengembangkan sel otak

💗 Meningkatkan daya ingat

💗 Meningkatkan konsentrasi

💗 Meningkatkan energi positif otak

💗 Meningkatkan kemampuan berfikir

💗 Memelihara fungsi otak

💗 Memelihara daya tahan tubuh

💗 Meningkatkan IQ

Sehingga nafsu makan anak menjadi bertambah, semakin pintar, dan juga sehat.

Info lengkapnya bisa hubungi kami dengan mengklik disini Persediaan terbatas yaa, siapa cepat dia dapat!

Post Author: Filda Fajriati