5 Mudah Tips Memperbanyak ASI, Menyusui Jadi Lancar Bun!

sumber foto : republika.com

Bagi ibu yang sudah melahirkan, produksi ASI menjadi sangat penting untuk dijaga, karena ASI menjadi nutrisi yang sangat penting bagi si kecil yang baru saja lahir hingga menginjak umur 2 tahun. Apalagi jika seorang ibu memiliki kendala produksi ASI yang tidak lancar, dan tidak jarang membuat para ibu menjadi kepusingan dan juga merasa khawatir atas itu. Maka dari itu, yuk simak beberapa ulasan mengenain tips untuk menambah produksi ASI yang bisa dilakukan para ibu di rumah.

1. Menjaga Kualitas Istirahat

Kualitas tidur menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi produksi ASI, tidak mudah memang menjadi orangtua yang baru saja memiliki anak, bahkan untuk memiliki waktu istirahat saja tidak cukup stabil. Jika terus seperti maka ASI bisa saja tidak akan keluar. Untuk mengatasinya, hal ini membutuhkan ketelatenan sang ibu dalam mengatur waktu antara mengurus rumah tangga, si kecil, setra waktu istirahat.

2. Menyusui Secara Rutin

Produksi ASI akan selalu baik dan lancar jika payudara sang ibu selalu dirangsang secara terus – menerus, hal ini menjadi sangat penting, jika payudara sang ibu terus dirangsang maka akan menambah produksi ASI. Cara yang bisa dilakukan oleh ibu untuk merangsang payudara diantaranya adalah dengan menyusui si kecil dengan sering dan rutin. Selama 72 jam setelah bayi lahir, sang ibu diwajibkan secara rutin untuk menyusui si kecil, karena semakin sering menyalurkan ASI yang diisap oleh sikecil, maka produksi ASI pun akan bertambah secara alami.

3. Kompres Payudara

Saat ASI tidak bisa keluar karena payudara terasa keras itu mengakibatkan siklus menyusui menjadi tidak lancar. Hal tersebut bisa diatasi dengan pemijatan payudara dan juga kompresan. Cara melakukannya sangat mudah sekali, siapkan kedua tangan dan tempatkan pada kedua payudara, setelah itu pijat secara perlahan dimulai dari tengah, keatas lalu mengelilingi payudara lakukanlah pemijatan tersebut selama 2 menit. Setelahnya, lakukanlah pengompresan payudara menggunakan washlap dan juga air hangat pada payudara yang sudah dipijat.

4. Memompa ASI

Penting sekali bagi para ibu yang sedang melalui fase menyusui untuk rutin memompa ASI, karena perlu disadari bahwa dengan memompa ASI merupakan salah satu cara untuk memperbanyak jumlah produksi ASI yang dikeluarkan. Selain itu, dengan melakukan kegiatan memompa ASI hingga mengosongkan payudara yang belum dihabiskan si kecil dapat memproduksi lebih banyak ASI di payudara. Lakukanlah pompa ASI sebanyak 8 sampai 12 kali sehari, agar hasilnya maksimal.

5. Meminum ASI booster

Ibu juga perlu meminum ASI booster sebagai usaha untuk memperbanyak ASI, salah satu ASI booster yang dapat diminum adalah dengan mengandung bahan yang alami. Madu Bima 99 memiliki produk madu yang dapat membantu untuk menambah produksi ASI, yaitu Madu Kesuburan Wanita. Madu Bima 99 Madu Kesuburan Wanita adalah salah satu produk dari produk utama kami yaitu Madu Bima 99. Madu murni yang diformulasikan secara khusus dengan ekstrak buah kurma (phoenix dactylifera) yang telah dipercaya selama berabad-abad untuk meningkatkan kesuburan kandungan dan infertilitas. Dilihat dari mereknya tentu saja Madu Bima 99 Madu Kesuburan Wanita adalah dikhusukan untuk wanita yang ingin cepat hamil atau sedang dalam program kehamilan. Dan juga Madu Kesuburan Wanita dengan kandungan ekstra kurma dapat membantu meningkatkan volume ASI.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa klik pada gambar dibawah ini!

Post Author: Filda Fajriati