6 Kebiasaan Kecil Untuk Membuat Anda Tetap Sehat & Hidup Seimbang

sumber foto : darmawanaji.com

Kebiasaan merupakan hal – hal yang biasa dilakukan setiap saat yang juga dilakukan kembali secara berulang – ulang, terdiri dari kebiasaan baik maupun buruk. Adapun jika ingin hidup sehat otomatis Anda harus melakukan kebiasaan – kebiasaan baik yang membantu tubuh anda tetap sehat dan seimbang. Seperti yang dilansir dari channel Youtube SB30 Health, dimana dr. Sungadi Santoso atau yang biasa dipanggi dr. Sung akan membagikan 6 tips kebiasaan kecil untuk membuat hidup tetap sehat dan seimbang. Simak tips nya berikut ini :

  1. Bersyukur

    sumber foto : suaraislam.id

Kebiasaan kecil yang pertama yaitu bersyukur. Jadi, kapan kita bersyukur? Kita bisa memulai hari dengan bersyukur. Caranya bagaimana? Anda bisa memulai dengan memanjatkan doa kecil dan mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberikan kesempatan lagi dihari berikutnya untuk bernafas, bisa tersenyum, bisa bertemu suami, bertemu istri, bertemu anak – anak ataupu bertemu keluarga dalam suasana bahagia.

Kadang banyak sekali orang yang pada saat mengawali hari mereka lupa untuk bersyukur, banyak orang yang langsung mengambil HP mereka, bahkan lupa juga mengucapkan selamat pagi untuk suami atau istri yang berada di sampingnya. Yang diambil pertama kali malah HP terlebih dahulu, membaca status orang lain di media sosia. Jika anda terus-terusan melakukan hal tersebut maka mood anda akan terasa tidak baik sepanjang hari ini.

Kemudian, anda dapat bersyukur tanpa harus meliha BOS, apa itu BOS? BOS merupakan singkatan dari Barang, Orang, Situasi. Tak jarang banyak sekali orang yang baru bersyukur ketika mereka telah mendapatkan kenaikan pangkat, kenaikan gaji, dapat rezeki, ataupun ketika anak lulus ujian. Tapi, ketika dihadapkan dengan masalah mereka lupa bersyukur dan malah menyalahkan orang lain. Dengan demikian, mereka menjadi lupa dengan yang namanya bersyukur. Terutama bagi mereka yang misalnya sedang sakit kepala, dr. Sung mengatakan bahwa jika nda menderita sakit kepala pun anda tetap harus bersyukur. Mengapa demikian? Justru dengan adanya sakit kepala tersebut merupakan sebuah teguran untuk anda. Karena bisa jadi dengan adanya sakit kepala anda bisa memikirkan mungkin anda kurang istirahat, tertekan, pekerjaan terlalu banyak, atau pola makan yang tidak baik. Jadi, cobalah untuk bersyukur dan mengerti apapun yang sedang terjadi.

  1. Mengkonsumsi Air Putih yang Cukup

    sumber foto : merdeka.com

Kemudian kebiasaan kecil yang kedua adalah cukup mengkonsumsi air putih. air putih disini yang dimaksud adalah air yang mengandung mineral. Air merupakan hal yang terpenting bagi tubuh kita, karena tubuh kita terdiri dari 70% cairan, sehingga penting untuk metabolism di dalam tubuh. Selain itu, air juga berperan sebagai sirkulasi darah. Bisa dibayangkan jika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Maka, sirkulasi didalam tubuh akan terbebani juga jantung akan bekerja lebih berat. Misalnya, jika anda ke toilet untuk buang air kecil, anda bisa melihat warna air seni pada bekas buang air kecil anda. Jika, air seni tersebut berwarna kuning pekat, maka dapat dikatakan bahwa itu merupakan suatu peringatan bahwa anda harus minum air mineral dengan cukup. Selain itu, jika kekurangan cairan maka anda akan mudah mengalami demam. Karena, cairan juga berfungsi sebagai membantu dalam mengontrol suhu tubuh anda. Air juga berperan penting dalam proses detoksifikasi yang membantu membuang racun dalam tubuh. Bisa berupa Pernafasan, Keringat, Air seni, maupun Buang Air Besar.

  1. Menghirup Udara Bersih

    sumber foto : sains.kompas.com

Lalu kebiasaan kecil yang ketiga adalah mengirup udara bersih. Mengapa demikian? dr. Sung menjelaskan jika manusia dapat hidup meski tidak makan selama 1-2 hari ataupun tidak minum selama seharian penuh, namun coba bayangkan jika tidak bernafas 5-10 menit, maka sudah tidak dapat hidup lagi. Bagaimana cara memperoleh udara yang bersih? Jika anda hidup didaerah perkotaan, anda dapat bangun pagi lebih awal, membuka jendecla, maka anda bisa menghirup udara bersih. Atau bisa juga dengan berekreasi ke pegunungan, disana anda akan mendapatkan udara bersih. dr. Sung juga menjelaskan point penting mengenai udara bersih bahwa untuk menjaga lingkungan cobalah dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu, yaitu dengan cara tidak membakar sampah sembarangan, dan hentikan kebiasaan merokok.

  1. Berolahraga Kecil Ditambah Sinar Matahari

    sumber foto : futuready.com

Olahraga kecil merupakan olahraga ringan yang bertujuan untuk memperbaiki metabolism tubuh. Dengan melakukan olahraga kecil dipercaya akan mengurangi tingkat stress. Karena, otak akan mengeluarkan hormone endorphin dimana hormone endorphin akan memberikan efek bahagia pada seseorang. Jadi, lakukanlah olahraga kecil, jangan terlalu berat untuk tubuh anda, dan sesuaikan dengan kondisi tubuh. Lalu pentingnya sinar matahari pada pagi hari ialah dimana sinar matahari dapat membantu mengubah pro vitamin D dari kolesterol menjadi vitamin D yang dapat digunakan oleh tubuh kita. Jika jumlah vitamin D didalam tubuh kita cukup, maka kita tidak akan mudah sakit dan imun semakin kuat.

  1. Makan Teratur

    sumber foto : linisehat.com

Tujuan dari makan teratur adalah untuk mendapatkan energi setiap harinya dari makanan yang kita makan. Dengan menjaga pola makan teratur, maka kita juga dapat mencegah beberapa masalah pencernaan diantaranya adalah penyakit maag. Penyakit maag sering kali terjadi karena beberapa orang yang terlalu sibuk kerja sehingga melupakan jam makan dan akhirnya timbul lah penyakit maag bahkan ada yang sampai tukak lambung. Pemilihan jenis makanan pun harus diperhatikan diantaranya harus memakan makanan yang terkandung protein, lalu buah dan sayuran. Jika anda sudah memiliki anak, berilah contoh pola makan yang baik sedari dini, karena orang tua merupakan figur untuk anak – anaknya bahkan kebiasaan orang tua akan ditiru anak termasuk kebiasaan makannya.

  1. Tidur/Istirahat yang Cukup.

    sumber foto : janethes.com

Menurut dr. Sung, tidur yang cukup dan berkualitas adalah sekitar 6 – 8 jam per hari. Mengapa sangat penting untuk tidur dimalam hari? Karena setelah tubuh kelelahan akibat beraktifitas dari pagi sampai sore hari ataupun sampai malam hari, tubuh kita memerlukan recovery. Jadi pada saat tidur, sel – sel yang berada pada tubuh kita akan regenerasi kembali (recovery) terutama jika orang – orang yang memiliki pekerjaan dengan dominan menggunakan otak mereka untuk berfikir, menganalisa sesuatu, nah mereka itu perlu waktu tidur yang lebih lama yang dimaksud dengan tidur berkualitas adalah tidur dengan jumlah waktu yang cukup. Selain itu, untuk remaja yang ingin mempunyai tubuh yang tinggi pun pada malam hari harus memiliki waktu tidur yang cukup.

Post Author: Filda Fajriati