7 Keutamaan Membaca Surat Al – Kahfi Setiap Hari Jum’at

sumber foto : inilahkoran.com

Salah satu surat yang terdapat pada Al – Qur’an yang memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim yang mengamalkannya, ialah surat Al – Kahfi. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca surah Al – Kahfi pada setiap hari jum’at atau malam jum’at, akan sangat luar biasa jika sampai menghafalkannya. Namun, membaca surat Al – Kahfi ini tidak hanya baik dibaca pada hari jum’at saja melainkan setiap hari pun akan terasa baik manfaatnya. Banyak sekali orang yang lalai dari keutamaan surat Al – Kahfi ini ketika malam jum’at atau hari jum’at, bahkan sebagian besar orang belum mengetahui amalan ini. padahal, dengan membaca surat Al – Kahfi adalah sesuatu yang sangat mustajab atau dianjurkan karena pahala yang di dapat begitu besar, sebagaimana yang telah dikatakan oleh pembawa ajaran yang benar yaitu Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

Mengapa surat Al – Kahfi sangat dianjurkan bagi umat muslim? Apa manfaat atau faedah yang di dapat dari surat Al – Kahfi jika kita membacanya disetiap hari jum’at? Simak penjelasan mengenai keutamaan surat Al – Kahfi yang diulas dari kajian Doa Pedia berikut ini.

  1. Menghindari Fitnah Dajjal

Dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang membaca surat Al – Kahfi pada hari jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jum’at.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Dan pula, diantara keutamaan surah Al – Kahfi lainnya adalah Allah akan memberikan cahaya penerangan terhadap kalbunya.

Lalu dalam Hadist Riwayat Dailami juga menyebutkan “Barang siapa membaca surah Al Kahfi pada hari jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.”

Seperti yang telah disebutkan dalam Al – Qur’an bahwa diantara tanda – tanda kiamat kelak nanti akan ada sesosok makhluk Allah yang disebut Dajjal yang akan menyesatkan umat muslim pada hari tersebut. Dengan membaca surat Al – Kahfi ini pada hari Jum’at insyaallah kita akan terhindari dari fitnah Dajjal yang menyesatkan.

  1. Diampuni Dosa – Dosanya

Imam Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Umar, “Barangsiapa membaca surah Al – Kahfi pada hari jum’at maka aka nada cahaya yang menyinari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak pada hari kiamat, dan dosanya akan diampuni diantara dua jum’at.”

  1. Rumahnya Tidak Akan Dimasuki Setan

Ibnu Mardawain meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal, “Rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al – Kahfi atau Al – Baqarah tidak akan dimasuki oleh setan sepanjang malam itu.”

Sebagaimana yang telah disebutkan hadist diatas, bahkan sunnah membaca surat Al – Kahfi pada malam jum’at atau pada hari jum’atnya, dan malam jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari kamis, kesempatan tersebut akan berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari jum’atnya.

  1. Dipancarkan Cahaya Sejauh Dirinya dan Ka’bah

Diriwayatkan dari sahabat Abu Sa’id al – Khudri bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : “Bar“ng siapa yang membaca surat Al – Kahfi pada malam jum’at maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘Atiq (Ka’bah).” (Sunan Ad – Darimi, no. 3273).

  1. Dipancarkan Cahaya Di Antara Dua Jum’at

Dalam riwayat lain, masih dari Abu Sa’id Al – Khudri RA, “Barangsiapa membaca surat Al – Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya diantara dua Jum’at.”

  1. Dijaga Dari Dosa Diantara 2 Jum’at

Abdullah bin Umar RA berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca surat Al – Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit. Akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jum’at.”

  1. Disinari Di Hari Kiamat

Imam Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Umar, “Barang siapa membaca surah Al – Kahfi pada hari Jum’at maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak pada hari Kiamat.”

Dari rahasia manfaat yang terdapat pada surat Al – Kahfi ini bsa dijadikan sebagai amalan terbaik bagi setiap umat muslimin, terutama jika dibacakan pada waktu tertentu, sebagaimana yang telah didapatkan pada keutamaan surat Al – Kahfi ini, manfaat serta artinya yang telah sesuai dengan kaidah yang ada di dalamnya.

Nah itu, beberapa keutamaan membaca surat Al – Kahfi setiap jum’at. Semoga kita semua dapat istiqomah membaca amalan surat Al Kahfi ini. dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Lalu, bagi anda yang sedang berikhtiar untuk menyembuhkan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, kadar kolesterol tinggi, maag akut, dan lain sebagainya. anda dapat mengonsumsi Madu Bima 99.

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

 

Post Author: Filda Fajriati