7 Tanda Gairah Seks Pria Menurun Dan Penyebabnya

sumber foto : hellosehat.com

Testosteron merupakan salah satu hormon yang dimiliki oleh pria dan mempunyai fungsi sebagai penumbuh rasa bersaing dalam diri seorang pria serta dapat meningkatkan gairah seks. Hormon testosteron ini dihasilkan dari testis pria dan juga indung telur wanita. Testosteron sangat penting sekali bagi pria, karena hormon ini sebagai pengembang jaringan reproduksi pria (testis dan prostat). Selain itu, hormon tersebut dapat meningkatkan karakteristik pria dalam melakukan hubungan seksual, selain itu juga dapat membantu dalam membesarkan otot, massa tulang dan juga pertumbuhan rambut pada pria.

Namun tidak selamanya hormon testosteron ini akan brfungsi dengan stabil pada pria, hormon testosteron pun dapat mengalami penurunan, testosteron rendah mengakibatkan berkurangnya minat seksual pada pria dan juga dapat berakibat berkurangnya sensitivitas kelamin dan akan sulit mencapai orgasme pada saat berhubungan intim, ada beberapa faktor yang dapat menurunkan hormon testosteron, apa saja tanda hormon testosteron mulai menurun? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Tanda – Tanda Gairah Seks Pria Menurun

Adapun beberapa masalah yang dialami dan juga bisa diidentifikasi sejak dini tanda – tanda menurunnya gairah seksual pada pria. Berikut tanda – tanda muncul saat libido pria mulai menurun :

1. Seks tidak semenyenangkan dan menarik lagi seperti dulu

2. Berhubungan seks hanya sekali sampai dua kali dalam sebulan.

3. Tidak lagi memiliki fantasi seksual terhadap pasangan

4. Tidak pernah lagi menyentuh pasangan seperti mencium maupun bercengkrama bersama

5. Melakukan seks dengan landasan terpaksa

6. Seks sebagai bentuk tanggung jawab seorang suami

7. Menganggap seks sebagai formalitas, bukan sebagai bentuk kasih sayang.

Penyebab Gairah Seks Pria Menurun

1. Rasa kurang Percaya Diri

Ketakutan pria mengenai performa seksualnya juga sangat memengaruhi hasratnya untuk berhubungan seks, Ditambah lagi, fakta bahwa hanya 25 persen perempuan yang mengalami orgasme saat bercinta bisa jadi menambah daftar kekhawatiran pria. Akibatnya, hasrat pria untuk bercinta semakin meredup.

2. Gangguan Tidur

Pria yang kurang tidur akan mengalami penurunan kadar testosteron. Dalam studi tersebut, diketahui pria yang  tidur kurang dari lima jam per hari mengalami penurunan testosteron sekitar 10–15 persen.

3. Bertambahnya Usia

Pria yang sudah memasuki masa tuanya mungkin akan sulit terangsang, ejakulasi, bahkan mencapai orgasme. Bukan hanya itu, membuat penis mengeras saja bisa jadi membutuhkan usaha lebih untuk melakukannya.

4. Stress dan Depresi

Sebuah studi yang dirilis oleh Scientific Research and Essays menyebutkan, stres akan memberikan efek langsung dalam kehidupan seksual seseorang. Stres juga akan mengganggu aliran darah ke penis hingga menyebabkan disfungsi ereksi pada pria.

5. Mengonsumsi Obat – Obatan Terlarang dan Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan malah akan menyebabkan Anda mengalami gangguan seksual. Pria yang minum alkohol 10–14 kali per minggu akan mengalami penurunan produksi testosteron.Selain alkohol, penggunaan tembakau dan mariyuana juga bisa memicu penurunan hormon yang sama. Kandungan zat aktif yang ada di dalamnya bisa menurunkan produksi sperma, tingkat kesuburan, hingga gairah seksual.

6. Mengidap Penyakit Kronis

Sebagian besar penyakit datang akibat pola hidup tidak sehat. Sebut saja diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, kanker, serta kolesterol. Penyakit-penyakit ini akan mengganggu produksi sperma pada tubuh sampai dengan hilangnya libido.

7. Kurang maupun Terlalu Banyak Berolahraga

Satu yang perlu dicatat: olahraga baik jika dilakukan dengan tepat! Tidak pernah berolahraga akan menyebabkan kegemukan dan memicu turunnya testosteron. Terlalu banyak berolahraga juga akan buat Anda enggan melakukan “aksi” lagi di atas ranjang. Disarankan berolahraga minimal 30 menit per hari jika hendak melakukan olahraga intensitas berat minimal 75 menit.

Sumber :

https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1805937/ini-tanda-tandanya-hormon-seks-pria-mulai-menurun

https://www.sehatq.com/artikel/wajib-tahu-penyebab-gairah-pria-menurun-dan-cara-mengatasinya

Post Author: Filda Fajriati