8 Manfaat Kentang Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh.

sumber foto : review.bukalapak.com

Kentang merupakan salah satu makanan pokok yang sangat disukai oleh banyak orang, sayuran ini pun banyak sekali diolah menjadi berbagai macam menu makanan dimulai dari makanan ringan seperti kentang goreng, snack maupun kripik, donat, dll. Selain itu sangat enak juga dimasak sebagau sayur sup, kentang balado, tumis, dll. Kentaang memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh karena kentang kaya akan kandungan nutrisi vitamin A, B-kompleks,C, hingga asam folat. Kentang juga memiliki kandungan serat kalium yang sangat baik untuk tubuh seperti menurunkan tekanan darah, melindungi jantung hingga mengobati peradangan, jika dikonsumsi dengan benar, sesuai takaran, dan tidak berlebihan. Selain itu ada beberapa manfaat kentang yang baik untuk tubuh dan wajib untuk anda ketahui sebagai berikut :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah Normal

    Kandungan karotenoid yang terdapat pada kentang membantu menjaga fungsi jntung dengan baik, vitamin C dan B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan juga sel – sel tubuh lainnya. Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi. Proses ini salah satu fungsinya mengubah homosistein, molekul yang berbahaya menjadi metionin, struktur komponen baru dalam protein. Terlalu banyak homosistein dapat merusak dinding pembuluh darah dan kadarnya yang semakin tinggi memiliki kaitan terjadinya peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

  2. Membangun Kekebalan, Antioksidan, dan Mengelola Nutrisi serta Energi

    Berdasarkan penelitian, kentang juga berdampak bagi sistem kekebalan tubuh. Kentang bermanfaat untuk menurunkan leukosit yang diproduksi dalam tubuh manusia karena peradangan atau ketika seseorang sakit. Kentang sangat kaya akan senyawa flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik. Senyawa-senyawa itu berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang akan mencegah radikal bebas muncul yang biasanya merusak sel tubuh. Bahkan, kumpulan radikal bebas diyakini sebagai salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Penelitian dalam Nutrition and Cancer tahun 2011 menunjukan bahwa antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar. Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada kentang sangat berfungsi memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Keduanya merupakan bahan bakar utama sebagai sumber energi bagi tubuh.

  3. Membantu Melancarkan Pencernaan

    Kentang kaya akan serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Mengonsumsi serat juga bisa membantu mencegah jenis kanker tertentu terutama usus besar dan membantu mengatur kadar gula darah serta kolesterol. Kentang membantu menjaga diare dan menjadi kaya akan kalium karena mineral yang hilang karena diare. Sebagian besar serat dalam kentang ditemukan di kulitnya. kandungan pati resisten yang dimiliki kentang yang ternyata bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan. Jadi saat masuk ke dalam usus, pati resisten ini akan dimakan oleh bakteri baik. Kemudian, bakteri baik tersebut akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek. Nah, asam lemak rantai pendek ini yang punya segudang manfaat bagi kesehatan, contohnya dapat mengurangi risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker kolorektal (kanker usus besar). Selain itu asam lemak rantai dari pati resisten ini juga sangat penting untuk membantu orang yang sedang mengalami infeksi usus, seperti penyakit Crohn, atau divertikulitis.

  4. Membantu Mengurangi Berat Badan dan Memperkuat Tulang

    Mengkonsumsi kentang rebus tidak akan menambah berat badan Anda, justru sebaliknya akan mengurangi berat badan, tetapi dengan ketentuan kentang yang direbus tersebut tidak ditambahkan garam, keju, ataupun mayones. Kentang yang mengandung serat pangan ini berfungsi sebagai cadangan makanan dalam tubuh dan mengakibatkan rasa kenyang bisa bertahan lebih lama. Hal ini bisa bantu Anda untuk mengonsumsi makanan dan tubuh tetap memiliki energi cadangan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Magnesium dan kalium dalam kentang berkontribusi besar terhadap kesehatan tulang. Kedua mineral ini membantu mencegah keropos tulang pada pria dan wanita dan juga memperkuat tulang.

  5. Mengatasi Kulit Kering dan Mata Panda

    Penggunaan kentang sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, kentang sangat cocok untuk mengatasinya. Anda tinggal membuat masker kentang untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit. Tidak hanya itu, kentang juga dapat dijadikan sebagai penyegar alami dengan menggunakannya sebagai toner. Jika Anda termasuk orang yang memiliki katung mata, kentang juga dapat mengatasi lingkarang hitam di sekitar mata. Telah terbukti kentang sangat efektif dalam menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata karena sifatnya yang mampu mencerahkan secara alami. Anda bisa gunakan kentang yang sudah dipotong-potong atau jus kentang, kemudian letakkan di mata Anda. Penggunaan teratur akan memudarkan lingkaran hitam dalam waktu singkat.

  6. Bebas Gluten

    Kandungan zat dalam kentang juga bebas gluten. Gluten adalah jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian, seperti biji gandum. Bagi orang yang mengalami masalah dalam mengolah gluten seperti penyakit celiac, kentang bisa dijadikan pilihan tepat. Meskipun bebas gluten, tetapi tidak semua resep makanan dari kentang benar-benar bebas gluten. Beberapa hidangan kentang mengandung gluten seperti dalam saus, atau roti kentang. Jika Anda memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten, pastikan membaca daftar bahan lengkapnya dahulu.

  7. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf dan Fungsi Otak

    Vitamin B6 dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan neuron atau saraf. Vitamin B6 membantu menciptakan bahan kimia otak yakni, termasuk serotonin, dopamin, dan noreprinefrin menurut University of Maryland Medical Center. Ini berarti, makan kentang dapat membantu mengatasi depresi atau stres. Selain itu, kalium dalam kentang yang bisa mendorong pelebaran pembuluh darah juga membantu memastikan otak cukup mendapatkan darah.

  8. Membantu Kendalikan Gula Darah

    Kentang banyak mengandung pati yang disebut dengan pati resisten yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada dalam usus. Penelitian menyatakan bahwa pati resisten dapat membuat kerja insulin, hormon pengendali gula darah, menjadi lebih optimal. Selain itu, sebuah penelitian dalam Medicine (Baltimore) 2015 yang dilakukan pada orang yang mengalami diabetes tipe dua, juga menunjukan bahwa setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten, gula darah terbukti lebih stabil.

Post Author: Filda Fajriati