Apa Penyebab Sperma Encer? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sumber foto : sehatq.com

Keluarnya sperma merupakan salah satu tanda bahwa seorang laki – laki telah memasuki fase pubertas dan menandakan bahwa laki – laki tersebut telah memasuki fase pendewasaan. Sperma memiliki ciri yang normalnya bertekstur kental dan juga berwarna putih ke abu – abuan saat dikeluarkan, lalu sperma tersebut akan mencair setelah dikeluarkan dalam 5 – 40 menit. Namun ada pula beberapa orang yang mengalami sperma encer pada saat dikeluarkan, hal tersebut akan bersifat sementara, dan perlu diperhatikan cara menanganinya, karena bisa jadi sperma encer tersebut menandakan adanya gangguan kesuburan.

Penyebab Sperma Encer

Berikut beberapa faktor kondisi yang menyebabkan sperma encer :

1. Sering Ejakulasi

Salah satu aktivitas seksual yang paling umum dan dapat menyebabkan sperma encer adalah melakukan ejakulasi yang terlalu sering. Hal tersebut dikarenakan seringnya melakukan masturbasi secara aktif, dan frekuensi ejakulasi pun sangat mempengaruhi tekstur sperma saat dikeluarkan.

Karena, perlu diketahui untuk memiliki sperma yang sehat memerlukan waktu 2 – 3 bulan hingga matang sempurna.

2. Produksi Sperma Rendah / Tidak Normal

Oligosperma atau jumlah sperma rendah merupakan kondisi dimana jumlah sperma yang diproduksi kurang dari 15 juta sel per mililiter air mani. Sehingga kondisi tersebut dikatakan tidak normal dan menyebabkan sperma encer pada orang dewasa. Munculnya kondisi oligosperma bisa ditimbulkan karena adanya beberapa faktor yang diantaranya ketidak seimbangannya hormon, penyakit seksual yang menular, peradangan organ reproduksi, dll.

3. Kurangnya Asupan Zinc

Zinc atau seng merupakan salah satu nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa manfaatnya adalah melawan infeksi, penyembuhan luka, serta baik untuk reproduksi. Tidak hanya itu saja, zinc juga baik untuk memproduksi sperma yang sehat. Kadang, kekurangan asupan nutrisi ini mungkin menjadi faktor penyebab Anda mengalami sperma encer dan cair. Dalam Journal of Reproduction and Infertility, kekurangan asupan zinc dapat menyebabkan kualitas air mani yang buruk. Salah satunya adalah membuat sperma menjadi encer juga cair dari biasanya.
4. Gaya Hidup Tidak Sehat

Kualitas air mani juga dapat dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat, baik itu karena faktor lingkungan tempat Anda tinggal dan bekerja, kurang asupan makanan bergizi, kebiasaan merokok, serta konsumsi minuman beralkohol dalam jangka waktu yang lama.

Kaitannya Sperma Encer Dengan Kesuburan

Dengan memiliki tekstur sperma yang kental dan juga lengket akan membuat sperma tersebut lebih lama bertahan dan menempel di dalam organ reproduksi wanita, sehingga dapat memberikan peluang yang besar untuk sperma bertemu sel telur untuk melakukan pembuahan. Lalu, kekentalan air mani juga dapat mempengaruhi pergerakan sperma yang membuahi sel telur.

Cara Mengatasi Sperma Encer

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas sperma, diantaranya :

1. Menerapkan Pola Hidup Yang Sehat

Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta makanan yang kaya akan kandungan zinc, seperti daging tanpa lemak, kacang – kacangan. Selain itu menghindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat membantu meningkatkan kualitas sperma, lalu jangan lupa dibarengi olahraga yang rutin.

2. Memilih Pakaian Yang Nyaman

Suhu yang panasdapat mempengaruhi produksi sperma, hal tersebut akan mengganggu kualitas sperma. Salah satunya yang membuat suhu tubuh menadi panas adalah dengan menggunakan baju yang ketat. Maka dari itu, hindarilah menggunakan baju yang ketat.

3. Hindari Paparan Zat Beracun

Zat-zat beracun yang terdapat pada polusi dan bahan kimia tertentu dapat memengaruhi kualitas sperma. Oleh karena itu, jika Anda memiliki pekerjaan dengan risiko terpapar zat beracun tertentu, disarankan mengenakan alat pelindung diri untuk mengurangi risiko masuknya racun ke dalam tubuh.

4. Mengonsumsi Madu Kesuburan Pria dari Madu Bima 99

Berbicara tentang kesuburan pria, sangat erat kaitannya dengan kualitas dan kuantitas sperma. Semakin baik kualitas sperma, maka akan semakin besar pula peluang untuk bisa membuahi sel telur yang menyebabkan terjadinya kehamilan. Untuk mendapatkan sperma yang baik serta memenuhi kriteria kesuburan, ada baiknya Anda mengkonsumsi Madu Bima 99 Madu Kesuburan Pria. 

Madu Bima 99 Madu Kesuburan Pria ini terbuat dari madu pilihan dan ekstrak sari kurma, yang bisa membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pria.  Kandungan lain di dalam Madu Bima 99 Madu Kesuburan Pria ini adalah serbuk pucuk kurma Madinah yang dipercaya untuk mengatasi kemandulan, serta kemangi untuk masalah ejakulasi dini. “Madu Kesuburan Pria”

Madu dan pasak bumi dan akar aliali, secara empiris dan klinis terbukti dapat membantu untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma lelaki, dengan meningkatnya kualitas sperma seseorang, maka proses pembuahan akan semakin besar, adapun pasak bumi dan akar aliali membantu untuk meningkatkan energi bagi pria supaya dapat melakukan pembuahan dengan lebih baik. “Madu Kesuburan Pria”

madu penyubur pria

Manfaat Madu Bima 99 Madu Kesuburan Pria :

1. Mengatasi gangguan fungsi seksual/lemah syahwat.

2. Meningkatkan kualitas dan kekentalan sperma.

3. Mengurangi gangguan prostat.

4. Meningkatkan hormon fertilitas pria.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Meningkatkan stamina seksual.

7. Membantu mengatasi kemandulan.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh.

9. Membahagiakan istri.

Anjuran pemakaian Madu Bima 99 Madu Kesuburan Pria :

Dewasa : 2 sendok makan 2 sampai 3x sehari.

Jangan putus asa untuk terus berkihtiar yang terbaik salah satunya denga cara minum Madu Bima 99 Madu Kesuburan Pria.

Post Author: Filda Fajriati