Ayo Bersihkan Arteri Dengan Konsumsi 4 Makanan Sehat Ini!

sumber foto ; kompas.com

Memiliki tubuh yang sehat harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat, hal ini harus dilakukan demi menjaga kesehatan, apalagi ditengah kondisi pandemi saat ini. Untuk mendapatkan hidup yang sehat, sangat penting untuk mengonsumsi makanan dan juga diet sehat. Adapun beberapa makanan sehat ini yang dapat membersihkan arteri kita dari kotoran lemak jahat.

Arteri merupakan pembuluh darah yang terdapat di dalam tubuh manusia. Arteri berfungsi sebagai mengangkut darah padat oksigen dari jantung ke semua organ dalam tubuh. Arteri yang kotor akan menyebabkan penyumbatan yang dapat disebabkan oleh lemak jahat dan juga memicu adanya penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer. Seperti yang dilansir dari Boldsky berikut beberapa makanan yang perlu dikonsumsi untuk membersihkan arteri secara menyeluruh dan mencegah penyakit serangan jantung.

  1. Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu rempah – rempah yang sering digunakan untuk bumbu masakan. Kunyit memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga bisa dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Salah satunya adalah mencegah penyakit jantung, karena kunyit ini menjadi salah satu bahan makanan yang dapat membersihkan arteri dari lemak jahat. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bersifat sebagai pelindung jantung dan mengurangi kerusakan pada dinding arteri. Selain itu ekstrak arteri juga dikenal dapat mengurangi kolesterol LDL dan juga penumpukan plak pada arteri.

  2. Bawang Putih

    Tidak hanya sebagai bumbu penyedap rasa, bawang putih pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih terbukti dapat mencegah penyakit jantung, memperlambat aterosklerosis dan menurunkan tingkat tekanan darah. Ini karena bawang putih mencegah penumpukan plak di arteri. Peneliti juga menemukan bawang putih dapat menurunkan kadar protein C-reaktifprotein yang memicu reaksi peradanganpada arteri koroner, yang akhirnya mengurangi risiko aterosklerosis.

  3. Alpukat

    Alpukat diyakini sebagai salah satu makanan pembersih arteri terbaik. Jadi dengan mengonsumsi alpukat secara rutin terbukti mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta mencegah pembentukan arteri. Alpukat diketahui mengandung vitamin A, B2, B3, B5, B6, E, dan K. Selain itu alpukat memiliki kandungan mineral, seperti folat, potasium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, zink, dan fosfor. Alpukat tidak mengandung kolesterol atau sodium sama sekali, dan rendah kandungan lemak jenuhnya. Alpukat juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas, pemicu penyakit kronis, termasuk kanker.

  4. Ikan Berlemak

    Para ahli menunjukkan bahwa mengonsumsi jenis lemak yang tepat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ikan yang kaya asam lemak omega-3 adalah pilihan terbaik dan aman di sini, karena membantu menurunkan LDL, tekanan darah, dan menjaga elastisitas pembuluh darah. Contohnya adalah ikan salmon, kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung pada ikan salmon ternyata berfungsi untuk banyak hal seperti mengurangi kolesterol dan menjaga fleksibilitas vena, arteri, menguatkan otot jantung, dan juga menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, asam lemak omega 3 juga berfungsi mencegah pengerasan dinding arteri. Inilah alas an mengapa ikan salmon ternyata bermanfaat untuk jantung dan peredaran darah.

Berikut merupakan manfaat 4 makanan yang dapat membersihkan arteri untuk menjaga kesehatan tubuh anda, adapun solusi lain untuk menjaga kesehatan tubuh anda yaitu dengan mengonsumsi rutin Madu Hitam dari Madu Bima 99 yang kaya akan manfaat kesehatannya.

Post Author: Filda Fajriati