Begini Ciri – Ciri Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

sumber foto : hellosehat.com

Hampir kebanyakan orang menyukai makanan yang manis, namun yang harus diingat saat mengonsumsi makanan manis adalah yang manis belum tentu menyehatkan. Karena, makanan manis pun dapat merugikan tubuh jika dikonsumsi dengan jumlah gula berlebih. Sebagian besar makanan hampir mengandung gula, adapun dua jenis gula yang biasa dikonsumsi setiap hari yaitu :

1. Gula Alami : Yaitu gula yang biasa ditemukan secara alami pada makanan yaitu buah dan susu.

2. Gula Tambahan : Gula jenis ini merupakan pemanis buatan yang ditambahkan pada makanan maupun minuman seperti makanan permen, minuman ringan, kue, es krim.

Adapun jenis sugar free yang biasa diklaim oleh beberapa produk makanan, namun juga dari beberapa produk ada yang mengandung sediit gula ataupun tanpa gula sama sekali, lantas apa bedanya?

  • Bebas Gula (Sugar Free) : Produk makanan ini mengandung gula kurang dari 0.5 gram gula per sajian.

  • Mengandung sedikit gula : Yaitu produk makanan yang mengandung kurang lebih 25% lebih rendah dari takaran gula pada standarnya.

  • Tanpa Gula/Tanpa Gula Tambahan : Produk makanan tidak mengandung gula maupun tambahan bahan yang megandung gula selama diproduksi.

Ciri – Ciri Terlalu Banyak Konsumsi Gula

1. Berat Badan Meningkat

Ciri utama saat seseorang mengonsumsi gula terlalu lebih adalah meningkatnya berat badan. Penyebab utamanya adalah kandungan gula yang terdapat pada pemanis buatan makanan maupun minuman misalnya soda, t eh manis kemasan, jus. Dengan mengonsumsi fruktosa (salah satu jenis gula) aka meningkatkan rasa lapar dan keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan gula lebih banyak lagi. Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi gula berlebih akan mengganggu hormon yang akan mengatur rasa lapar dan memberi tahu perut untuk berhenti makan.

2. Mood Swing

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi 67 gram atau lebih per hari memiliki resiko 23% lebih besar untuk mengalami depresi daripada pria yang konsumsi gula kurang dari 40 gram per hari. Penelitian lain pada wanita menunjukkan bahwa yang mengkonsumsi gula tambahan tinggi memiliki resiko depresi lebih besar.

3. Munculnya Jerawat
Makanan manis menyebabkan peningkatan sekresi androgen, produksi minyak dan peradangan, dimana ketiganya berperan dalam timbulnya jerawat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi gula tambahan memiliki resiko 30% lebih besar terkena jerawat.

4. Terjadi Gangguan Gigi
Konsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan gangguan pada gigi. Bakteri dalam mulut mendapatkan nutrisi dari gula dan menghasilkan asam yang menyebabkan pengeroposan pada gigi.

5. Peningkatan Energi
Makanan tinggi gula dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan insulin yang menyebabkan peningkatan energi. Namun peningkatan energi ini akan cepat hilang seiring dengan penurunan kadar gula darah. Menghindari penurunan energi secara drastis dapat dilakukan dengan memilih sumber karbohidrat yang rendah gula dan kaya serat.

6. Timbul Kerutan
Kerutan adalah tanda alami penuaan. Kerutan akan muncul sesuai dengan waktunya, terlepas dari adanya masalah kesehatan. Namun, pilihan makanan yang buruk dapat memperburuk kerutan dan mempercepat proses penuaan kulit. Reaksi antara gula dan protein dalam tubuh membentuk senyawa AGEs yang memiliki peran dalam penuaan kulit. Mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula menyebabkan produksi AGEs. AGEs dapat merusak kolagen dan elastin, yang merupakan senyawa protein untuk membantu kulit tetap elastis. Ketika kolagen dan elastin rusak maka akan menyebabkan kulit kehilangan kekencangan. Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat termasuk gula tambahan, memiliki penampilan lebih keriput.

Poin – poin diatas merupakan tanda seseorang yang mengonsumsi gula berlebih yang terdapat pada ulasan vivahealth. Apabila tidak dicegah akan berakibat fatal untuk kesehatan tubuh, maka dari itu pentingnya mengurangi konsumsi gula pada makanan maupun minuman sehari – hari. Pakailah gula secukupnya ataupun meminum suplemen yang dapat membantu mengurangi kadar gula pada tubuh, salah satunya adalah sengan Madu Hitam Super dari Madu Bima 99.

Tentang Madu Bima 99

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria (lemah syahwat)
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

Post Author: Filda Fajriati