Begini Rekomendasi Tips Terbaik Menyimpan Madu Agar Tetap Awet

Banyak sekali macam – macam khasiat yang didapatkan jika kita dengan rutin mengonsumsi madu, maka tak heran pemanis alami yang berasal dari lebah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa waktu ini, banyak sekali persoalan tentang madu karena kerap sekali terdapat beberapa produk madu yang palsu, sehingga banyak orang mencari informasi mengenai perbedaan mana madu yang asli dan madu yang palsu. Namun selain informasi tersebut, adapun salah satu informasi yang tak kalah penting untuk disimak yaitu mengenai cara aga radu tetap awet dan tersimpan dengan baik.

Seperti yang telah dilansir oleh My Recipes melalui cnnindonesia.com, madu merupakan salah satu bahan makanan yang dapat bertahan lama. Maka tidak heran banyak sekali yang mengira bahwa madu merupakan bahan makanan yang tidak bisa basi.

Akan tetapi, keawetan dari sebuah madu bukan hanya dari tidak basi nya loh, melainkan dari ketahanan penyimpanan madu yang relatif panjang. Apa saja yang mempengaruhi ketahanan penyimpanan madu agar tetap awet? Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi keawetan penyimpanan madu yaitu dari kandungan gulanya yang tinggi (sekitar 80%), kadar air rendah, keasaman, dan enzim khusus (oksidase glukosa) yang dapat menekan pertumbuhan bakteri.

Berapa Lama Ketahanan Madu Agar Tetap Segar?

Madu akan bertahan selama beberapa dekade dan akan tetap aman jika dikonsumsi, tetapi kualitas dari madu tersebut akan menurun seiring berjalannya waktu. Madu yang telah melewati fase puncak akan menjadi keruh dan mulai mengkristal. Reaksi tersebut bukan berarti madu tidak aman untuk dikonsumsi, akan tetapi hanya tak akan se sedap seperti awalnya.

Bagaimana Tips Terbaik Menyimpan Madu?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut merupakan tips terbaik menyimpan madu agar tetap awet :

1. Simpan Pada Botol yang Kering

Anda bisa memakai botol apapun untuk menyimpan madu, baik botol plastik maupun kaca untuk menyimpan madu, kemudian tutup dengan rapat. Dengan menyimpan madu kedalam botol akan membuat madu tersebut dapat bertahan lama, dan terjaga kualitasnya lalu terhindar dari kototran dan debu, dikerubuni semut maupun ketumpahan. Pastikan botol yang digunakan merupakan botol yang kering dan juga bersih, karena jika menggunakan botol yang masih basah akan mempengaruhi kualitas madu, lalu jika madu tercampur dengan bahan lain juga akan merusak madu serta nutrisi tidak akan sebaik saat masih murni.

2. Simpan di Tempat Kering dan Jauhkan dari Makanan Berbau Menyengat

Menyimpan madu pada tempat yang kering dan bersuhu sejuk merupakan salah satu cara menyimpan madu dengan benar. Hal ini karena akan menjaga kualitas madu dan juga akan menambah ketahanan madu. Apabila madu ditempatkan yang terik, itu akan merubah warna madu menjadi menghitam. Lalu jauhkan pula madu dari makanan yang berbau menyengat, karena akan membuat madu tercemar dan aromanya tidak lagi khas.

3. Simpan di Kulkas

Agar kesegaran madu bertahan lama, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menyimpan madu pada dalam kulkas. Selain menjaga kualitas madu, hal ini juga dapat mencegah organisme masuk kedalam madu, selain itu, untuk mengonsumsi madu juga lebih baik menggunakan sendok plastik, hal ini guna mencegah reaksi mineral jika menggunakan bahan logam yang bisa merubah warna madu menjadi hitam.

Cara Membekukan Madu

Penyimpanan madu di dalam lemari es dapat dipertimbangkan jika memiliki banyak stok. Cara ini dapat digunakan untuk mencegah kristalisasi.

Cara terbaik untuk membekukan madu adalah dalam nampan es batu sehingga Anda hanya dapat mencairkan yang Anda butuhkan.

Untuk membekukan madu:

1. Tuang madu ke dalam nampan es batu.

Jangan mengisinya sampai penuh karena madu akan sedikit mengembang saat membeku, sehingga beri sedikit ruang

2. Tempatkan di freezer semalaman.

Setelah madu dibekukan, Anda dapat memindahkan potongan madu beku ke dalam kantong zip-top yang aman untuk freezer. Jangan lupa untuk memberi label dengan tanggal dan bekukan selama beberapa tahun.

Post Author: Filda Fajriati