Begini Tips Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

sumber foto : malangvoice.com

Setiap orang memiliki kondisi kulita yang berbeda – beda, memiliki kulit yang sehat menjadi impian setiap hawa. Tidak hanya kulit wajah dan tubuh, kulit pada bibir pun kerap sekali menjadi perhatian. Tetapi bagaimana jika memiliki kondisi kulit Bibir yang kering dan pecah – pecah? Itu akan menjadi tidak nyaman sekaligus membuat penampilan terganggu. Penyebab bibir menjadi kering bisa terjadi karena fakto cuaca dingin maupun panas. Apalagi, kulit bibir tidak bisa menghasilkan uap air karena cenderung lebih tipis dibandingan kulit lain. Maka dari itu, kelembaban pada kulit bibir akan mudah ditarik oleh perubahan cuaca sehingga menjadikan kulit bibir menjadi gampang kering dan pecah – pecah.

Berdasarkan ulasan dari Healthline melalui kompas.com berikut cara mengatasi bibir kering secara Alami :

1. Angkat Sel Kulit Mati Pakai Gula atau Garam

Cara menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah bisa dengan mengankat sel kulit mati di area tersebut. Caranya, bersihkan sisa sel kulit mati di bibir dengan scrub dari gula atau garam laut dan dicampur madu atau minyak. Gunakan campuran scrub tersebut untuk membantu pengelupasan sel kulit mati di bibir. Pijat-pijat dengan gerakan memutar yang lembut, baru bilas dengan handuk kecil yang sudah dibasahi. Setelah bibir bersih dari sel kulit mati, segera oleskan pelembab bibir agar tidak kering.

2. Oles Bibir Pakai Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa jadi obat bibir kering dan pecah-pecah alami. Minyak kelapa terbukti bisa melembabkan kulit, menghilangkan peradangan, sekaligus mencegah infeksi bakteri akibat bibir kering dan pecah-pecah. Cara mengatasi bibir kering secara alami dengan minyak kelapa cukup praktis. Tinggal oleskan minyak kelapa ke permukaan bibir.

3. Lidah Buaya Untuk Pelembab Bibir

Lidah buaya kerap digunakan untuk mengatasi iritasi akibat sengatan matahari. Selain itu, kandungan antiperadangan dalam lidah buaya, juga dapat mengatasi bibir pecah-pecah. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang tersedia di pasaran. Bisa juga dengan menggunakan lendir dari tanaman lidah buaya. Cara mengatasi bibir kering secara alami dengan lidah buaya tinggal mengoleskan bahan alami ini ke bibir kering. Mengingat formula lidah buaya bisa membantu pengelupasan sel kulit mati, batasi penggunaannya di bibir maksimal tiga kali sehari.

4. Oleskan Madu

Kandungan antimikroba, antiperadangan, dan khasiat lain dalam madu dapat menjadi obat alami untuk bibir kering. Madu juga mencegah bibir kering terkena infeksi kuman dan bakteri. Selain itu, madu juga membantu proses pengelupasan sel kulit mati secara lembut dan alami. Pilih madu berkualitas agar mendapat manfaat optimal. Hal yang perlu diingat, penggunaannya perlu diperhatikan bagi orang yang alergi produk madu.

5. Lebih Banyak Minum Air Putih

Cara mengatasi bibir kering secara alami lainnya yakni minum banyak air putih. Kekurangan cairan bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Jadi, usahakan selalu minum cukup air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

6. Hindari Menjilat, Mengigit, dan Mainkan Bibir

Kebiasaan menjilat, menggigit, dan mengutak-atik bibir kering bisa membuat kondisi bibir semakin parah. Untuk itu, hindari kebiasaan yang tidak aman bagi bibir kering tersebut. Selain itu, cara agar bibir tidak kering lainnya yakni dengan menjaga air liur tidak menguap di bibir. Hal itu bisa membuat bibir semakin kering.

7. Hidari Kontak Langsung Dengan Logam

Terkadang bibir tanpa sengaja kontak dengan logam, seperti saat menggunakan penjepit kertas, jarum pentul, peniti, perhiasan, dll. Logam dapat mengiritasi bibir dan membuat kondisi bibir kering dan pecah-pecah jadi lebih parah. Untuk itu, cara agar bibir tidak kering perlu menghindari kontak logam dengan bibir. Apabila berbagai cara mengatasi bibir kering secara alami di atas sudah dicoba dan tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter. Bibir kering bisa juga disebabkan alergi, infeksi jamur, atau tanda awal penyakit kanker.

Post Author: Filda Fajriati