Begini Tips Mudah Agar Anak Suka Makan Sayur!

sumber foto : klikdokter.com

Anak anda sedang mengalami susah makan? Terutama sulit sekali untuk makan sayur, yup memang tidak banyak anak yang menyukai sayur – sayuran, hal ini dikarenakan bahwa sayur – sayuran terasa pahit dan hambar. Sangat disayangkan sekali jika anak tidak makan sayur yang padahal sayur – sayuran mengandung banyak sekali nutrisi serta vitamin yang tentunya sangat dibutuhkan oleh anak untuk masa tumbuh kembangnya.

Untuk itu, sebagai orang tua kita perlu mengatur strategi agar anak mau makan sayuran, bagaimana caranya? Disini akan kami sajikan beberapa tips agar anak mau makan sayuran dijamin ampuh banget! Apa saja itu?

1. Hindari Paksaan dan Jangan Di Marahi

Dengan memaksakan anak agar memakan sayur – sayuran justru akan membuat anak semakin tidak mau memakan sayuran hingga berdampak trauma. Maka jika anak tidak mau memakan sayur bujuk perlahan dengan menggunakan tips selanjutnya setelah point ini yaa:)

2. Menjelaskan Manfaat Baik dari Sayur

Berikan penjelasan baik mengenai sayuran, misalnya jika memakan sayuran sang anak akan terhindar dari penyakit seperti sembelit. Dengan begitu melalui penjeasan kita tentang sayuran pada anak akan menambah pemahaman anak terhadap sayuran bisa membuat mereka tumbuh menjadi kuat

3. Mengajaknya Anak Memilih dan Mengolah Sayur

Anda bisa mengajak anak untuk memilih sayur sendiri yang menarik perhatian mereka saat berbelanja di super market maupun pasar. Lalu setelah didapat, minta anak untuk membantu memasak dan mengolah sayur pilihannya, hal itu akan menambah rasa bangga pada diri mereka sendiri dengan hasil olahan sayurnya.

4. Membuat Kreasi Makanan dari Sayur

Kreasikan sayur menjadi bentuk-bentuk benda unik yang menarik sehingga anak tertarik untuk memakannya. Misalnya, Anda bisa gunakan brokoli, asparagus, wortel, dan juga paprika. Satukan semua sayuran menggunakan tusuk sate. Panggang sate sayuran, dan tambahkan saus kesukaan anak. Bentuk atau sajian yang unik dapat membuat anak jadi mau makan sayur.

5. Padukan sayur dengan makanan favorit anak

Si Kecil suka pizza, nasi goreng, atau sosis? Yuk, padukan sayuran dalam makanan favoritnya. Anak-anak mungkin tidak suka makan sayur yang direbus atau dikukus karena rasanya pahit atau hambar. Tapi bila dipadukan dengan makanan favorit anak, sayur akan terasa lebih enak dan anak-anak mungkin akan menyukainya.

Bunda dapat memberikan saus keju atau yoghurt sebagai pendamping menu sayuran Si Kecil. Bunda juga bisa mengajak Si Kecil membuat pizza dengan taburan sayur yang sudah dipotong kecil-kecil; atau membuat sup dengan mencampurkan sayur, seperti wortel dan brokoli, dengan bakso, daging ayam, atau sosis.

6. Ikut Makan Bersama Anak

Makan sayur bersama anak juga merupakan cara ampuh agar si kecil mau makan sayur. Saat anak makan, dampingi ia dan berikan contoh bahwa Anda juga makan sayuran yang sama. Anda juga bisa membuat anak tergiur, misalnya dengan mengatakan bahwa sayurannya punya rasa lezat.

7. Memberikan contoh

Tentu saja anak tidak akan berminat mengonsumsi sayur jika ia melihat ayah dan ibunya juga tidak suka makan sayur. Jadi, jika ingin membiasakan Si Kecil makan sayur, pastikan Bunda dan Ayah juga sudah terbiasa makan sayur ya. Setelah itu, berikan contoh pada Si Kecil.

Tips diatas bisa anda coba mulai dari sekarang ya, anda tidak perlu bingung lagi menyiasati agar anak menyukai sayur, coba secara rutin tips ini agar anak terbiasa dan semakin suka dengan makan sayur.

Post Author: Filda Fajriati