Buah – Buahan Yang Baik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

sumber foto : hot.liputan6.com

Daya Tahan Tubuh merupakan suatu sistem yang terdapat didalam tubuh, secara sederhana, sistem ini memiliki fungsi yang bekerja untuk melawan berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh. Selain itu, sistem ini pun juga melindungi tubuh dari berbagai kuman yang menyerang penyakit kedalam tubuh.

Maka dari itu, sistem daya tahan tubuh sangat penting untuk kita, agar tetap sehat dibutuhkan penjagaan yang baik agar daya tahan tubuh pun juga tetap baik dan terhindar dari penularan penyakit.

Cara yang paling baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi buah – buahan segar dengan kaya akan vitamin yang membantu daya tahan tubuh agar tetap kuat, berikut aneka buah – buahan yang dapat membantu meningkatkan serta menjaga daya tahan tubuh yang dilansir dari health.kompas.com

1. Jeruk

sumber foto : bobobox.co.id

Buah Jeruk diyakini memiliki kandungan yang kaya akan Vitamin C, seperti yang kita ketahui bahwasannya vitamin C sangat membantu dalam membangun kekebalan tubuh. Dalam laman Health Line jika Vitamin C bisa menambah produksi sel darah putih yang dapat melawan infeksi yang ada pada dalam tubuh. Karena tubuh kita tidak dapat menyimpan dan juga memproduksi vitamin C sendiri, maka buah jeruk menjadi pilihan terbaik asupan vitamin c anda. Beberapa informasi yang tersedia bahwa satu buah jeruk yang berukuran sedang memiliki 78 persen dari kebutuhan asupan Vitami C harian, lalu jeruk bali memiliki kandungan 44 mg atau setara dengan 73 persen kebutuhan Vitamin C harian, lalu sari buah jeruk nipis pun memiliki kandungan 13 persen atau setara dengan 22 persen kebutuhan Vitamin C harian.

2. Pepaya

sumber foto : urbanasia.com

Pepaya juga menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan yang kaya akan Vitamin C, pepaya memiliki kandungan Vitamin C sebanyak 87 mg atau setara dengan 97 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian orang dewasa jika kita mengonsumsi buah pepaya tersebut sebanyak 145 gram. Untuk mengonsumsi Vitamin C, tidak hanya pada buah yang rasanya asam dan kecut saja, jika anda tidak menyukain asamnya buah jeruk, anda bisa memilih pepaya yang manis sebagai opsi lain menambah Vitamin C dalam tubuh.

3. Delima

sumber foto : tirto.id

Ekstrak delima memiliki kandungan antivirus yang sangat berkhasiat untuk melawan virus yang dapat menyebabkan flu. Selain itu, buah delima juga memiliki senyawa yang sangat bermanfaat, dalam sebuah penelitian ekstrak delima ini memiliki fungsi untuk menghambat bertumbuhnya jenis – jenis bakteri berbahaya yang diantaranya adalah E-coli, Shigella, Yersinia, Listeria, dan orgasme lainnya. Beberapa bukti ilmiah membuktikan bahwa senyawa yang ada dalam delima dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan bakteri yang ada dimulut, dan juga berkontribusi dalam menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri yang ada di mulut seperti, penumpukan plak dan juga radang gusi.

4. Semangka

sumber foto : doktersehat.com

Semangka juga merupakan buah penambah kekebalan tubuh. Satu porsi atau dua 2 cangkir semangka mengandung 270 miligram potasium, 30 persen dari nilai harian vitamin A, dan 25 persen kebutuhan harian vitamin C. Kalori dalam semangka juga tidak banyak sama sekali. Satu porsi semangka hanya memiliki 80 kalori. Semangka juga menyediakan vitamin B6 dan glutathione. Tubuh membutuhkan vitamin, nutrisi, dan senyawa seperti glutathione untuk fungsi kekebalan yang tepat.

Irisan semangka adalah cara paling umum untuk menikmati buah ini. Namun, ada beberapa cara kreatif lain untuk makan semangka:

  • Salad buah semangka dengan saus lemon, madu, dan mint.

  • Segelas limun stroberi semangka.

  • Camilan salad semangka arugula dengan topping keju feta.

Sumber :

1. health.kompas.com

2. halodoc.com

Post Author: Filda Fajriati