Cantik Yang Di Perbolehkan Dalam Islam

sumber foto : islampos.com

Setiap manusia apalagi kaum hawa ingin sekali untuk menjadi pribadi yang cantik nan indah, mempercantik diri merupakan hal yang di sunnahkan dalam Islam, karena Allah SWT itu Maha Indah dan Dia mencintai keindhan. Hal ini tercantum dalam hadist yang berbunyi,

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : إن الله جميل يحب الجما

Yang artinya, “Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan.””

maka dari itu, sebagai umat islam yang taat, tidak ada salahnya untuk mempercantik diri agar menjadi indah. Namun, ada tuntunan tertentu yang mengatur secara syariah bagaimana seorang muslim untuk memperindah diri, khususnya bagi seorang muslimah. Karena kecantikan bagi seorang wanita bersifat mutlak apalagi perihal kecantikan dalam menjaga perilaku islami yang paling dilindungi dan menjadikan wanita sebagai muslimah yang sholihah. Berikut hal cantik yang diperbolehkan dalam islam yang diulas dari berbagai sumber :

1. Mewarnai Rambut (Kecuali Warna Hitam)

Diperbolehkan jika seseorang mewarnai rambutnya untuk mempercantik diri, karena dengan mewarnai rambut dapat menutupi beberapa kekurangan diantaranya adalah terdapatnya uban. Namun, ada satu warna yang tidak diperbolehkan yaitu warna Hitam. Karena, hal tersebut dirasa menyamai ciptaan Allah SWT, bahwa Allah menciptakan rambut manusia dominannya adalah warna hitam. Jika kita sudah melihat orang lain memakai cat rambut berwarna hitam, maka tanda – tanda kiamat semakin dekat, hal ini telah disebutkan pada hadis riwayat Abu Dauwud yaitu “Pada akhir zaman nanti akan muncul suatu kaum yang bersemir dengan warna hitam seperti tembolok merpati. Mereka itu tidak akan mencium bau syurga.”

2. Skincare

Sejatinya, skincare merupakan hal yang diperbolehkan pula untuk digunakan, karea skincare merupakan rangkaian perawatan kulit agar tetap sehat, sehingga kulit akan terlihat lebih cantik dan indah. Asalkan, produk skincare yang digunakan haruslah halal.

3. Hijab Syar’i

Mempercantik diri boleh asalkan harus tetap mentaati nilai – nilai agama, yang diantaranya adalah menampakkan aurat. Janganlah kita ingin terlihat cantik namun hanya untuk menampilkan aurat. Karena sejatinya sebagai seorang muslimah shalihah, cantik bukanlah mengumbar pesona kepada yang bukan muhrimnya. Dan waita harus dilindungi dan berhak dilihat oleh yang berhak yaitu suaminya.

Lalu, seorang wanita diwajibkan mengenakan hijab yang mengulurkannya sehingga menutupi dada. Dengan memakai jilbab, wanita juga nampak lebih terhormat. Perintah menutup auratnya ini dijelaskan lewat firman Allah SWT dalam surat Al – Ahzab ayat 59 yang berbunyi

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ قُل لِّأَزْوَٰجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَٰبِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰٓ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

artinya, “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

4. Pakai Parfume Secukupnya

Sebenarnya, memakai parfum bagi wanita hukumnya adalah dilarang. Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan juga Ahmad yaitu “Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki – laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.”

namun, dapat diperbolehkan menggunakan parfume jika dalam takaran yang secukupnya dan tidak menyengat, adapun hadis yang menyebutkan hal tersebut yaitu pada hadis riwayat Baihaqi dalam Syu’abul Iman, no. 756. yaitu “Sedagkan wewangian perempuan adalah yang warnanya jelas namun wanginya tidak begitu nampak.”

5. Perbanyak Wudhu

Salah satu manfaat dari berwudhu adalah dapat mencerahkan wajah secara alami, sedangkan wudhu sendiri merupakan kegiatan menyucikan diri sebelum melakukan ibadah shalat sebagai penghilang noda dan najis. Tak hanya itu, dengan berwudhu juga dapat menggugurkan dosa – dosa yang telah kita perbuat. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya.”

Selain mempercantik diri, didalam islam pun juga pentingnya untuk menjaga kesehatan yang diantaranya adalah dengan berolahraga, makan – makanan yang sehat, dan minum suplemen untuk mendukung tubuh semakin sehat. Untuk suplemen yang membantu menjaga kesehatan yaitu dengan mengonsumsi Madu Bima 99.

Tentang Madu Bima 99

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

Post Author: Filda Fajriati