Cara Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat dan Tips Agar Tidak Sering Kambuh, Dijamin Lambung Semakin Nyaman!

sumber : alodokter.com

GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah sebutan khusus kondisi dimana Asam Lambung dapat naik ke kerongkongan yang diakibatkan oleh katup antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Gejala yang dirasakan saat GERD muncul yaitu terasa nyeri pada ulu hati dan dada terasa sakit, hingga sulit menelan.

Selain itu penyebab yang bisa menimbulkan GERD adalah terlalu banyak asam lambung yang disebabkan oleh pola makan yang tidak baik dan gaya hidup yang buruk, jika tidak segera di atasi GERD ini akan berakibat fatal dan kronis. Maka dari itu, pentingnya bagi kita untuk mengetahui cara menurunkan asam lambung untuk mencegah agar GERD tidak sering kambuh dan perut menjadi nyaman. Berikut beberapa cara menurunkan asam lambung yang telah dirangkum dari berbagai sumber :

Cara Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat

sumber : harapanrakyat.com

Selain menggunakan obat, cara menurunkan asam lambung bisa juga digunakan dengan memakan alami yang bisa kita dapatkan dengan mudah dari mulai buah – buahan hingga rempah – rempah, berikut beberapa bahan yang dapat kita gunakan sebagai pengganti obat untuk menurunkan asam lambung :

  1. Pisang

Buah pisang, selain rasanya yang bergizi dan enak untuk dijadikan camilan kpisang pun dapat kita gunakan sebagai antasida alami sebagai penurun asam lambung. Pisang dapat bekerja di lambung dengan melapisi dinding perut dan saluran cerna agar tidak teriritasi oleh asam lambung. Namun yang perlu diperhatikan, tidak semua cocok dengan pisang sebagai penurun asam lambung. Jika dirasa semakin memburuk, jangan dipaksakan dan harap dihentikan.

  1. Jahe

Sifat antiradang yang dimiliki oleh jahe dapat mengatasi rasa nyeri pada ulu hati serta masalah pencernaan lainnya. Jahe dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung dengan cara diolah sebagai minuman hangat yang dapat di konsumsi dengan takaran yang sesuai, sekitar 2-4 gram per hari. Selain itu, minuman jahe dapat membantu menghangatkan tubuh.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau dikenal sebagai makanan sehat yang penuh nutrisi, sayuran hijau juga dapat dijadikan sebagai penurun asal lambung yang tepat. Karena, sayuran hijau rendah akan kandungan asam. Sehingga, ketika dikonsumsi dapat meringankan gejala refluks yang sedang dialami.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal akan manfaat yang baik untuk perawatan kulit dan rambut. Selain sebagai perawatan untuk kulit dan rambut, lidah buaya juga baik sekali digunakan untuk membantu mengatasi asam lambung. Karena, seperti yang dikatakan oleh Victor Sierpina MD dari University of Texas Medical Branch bahwa lidah buaya bisa meredakan inflamasi di esophagus sebagai halnya dilambung. Cara konsumsi yang disarankan pula oleh Dr. Sierpina yaitu dengan takaran ½ gelas lidah buaya lalu dijadikan minuman herbal. Efek samping yang dirasakan setelah meminum lidah buaya yang harus diwaspadai yaitu meningkatnya frekuensi buang air besar karena jus ini mengandung laksatif.

  1. Oatmeal

Terbuat dari gandum utuh, oatmeal ini kaya akan serat yang dapat membantu penyerapan asam di lambung. Selain itu kandungan yang terdapat pada oatmeal yaitu kaya akan serat yang dapat mencegah asam pada lambung naik kembali.

  1. Madu

Selain rasanya yang manis dan dapat digunakan sebagai pengganti gula, madu juga dapat dijadikan sebagai penangkal asam lambung. Karena madu merupakan sumber antioksidan yang mencegah berbagai kerusakan yang ada disaluran pencernaan dengan menghilangkan radikal bebas, termasuk pada lambung. Terdapat beberapa jenis madu yang dapat kita konsumsi untuk mengatasi asam lambung, namu yang paling baik fungsinya adalah madu hitam. Mengapa demikian? Karena semakin pekat warna yang terdapat pada madu maka semakin banyak kandungan antioksidannya, meski rasanya agak sedikit lebih pahit. Salah satu madu hitam organik yang dapat dikonsumsi adalah Madu Bima 99. Untuk mendapatkan madu hitam yang bisa dikonsumsi dirumah, kita bisa dapatkan informasinya Disini.

Makanan yang Harus di hindari saat Asam Lambung Naik

sumber : hellosehat.com

Memperhatikan asupan makanan merupakan salah satu faktor penting untuk mengatasi asam lambung naik. Jika mulai terasa sakit asam lambung, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari dan dikurangi, diantaranya:

  1. Soda

Meminum minuman bersoda akan membuat perut menjadi kembung, Bahkan soda yang juga mengandung kafein dapat membuat kondisi asam di lambung semakin buruk. Hal itu dapat memicu asam lambung naik.maka dari itu, soda adalah salah satu makanan untuk asam lambung yang harus dihindari jika tidak ingin mengalami mual, panas lambung, dan mulas.

  1. Cokelat

Mengapa cokelat adalah salah satu makanan untuk asam lambung yang harus dihindari? Ya,karena mengandung kafein dan stimulan lainnya yaitu theobromine.makanan cokelat yang dapat memicu kenaikan asam lambung dengan menyebabkan otot sfingter melemas Tidak hanya itu, cokelat pun mengandung lemak tinggi. Maka dari itu, hindari makanan cokelat untuk sementara waktu saat asam lambungnya naik ya.

  1. Makanan yang digoreng

Makanan yang harus dihindari saat asam lambung lainnya adalah gorengan. Karena, makanan yang digoreng dapat memicu refluks. Gejala yang mungkin akan dialami penderita yaitu terasa panas pada lambung dan nyeri dada. Selain itu, makanan yang digoreng juga dikenal sebagai pemicu kolesterol.

  1. Alkohol

Alkohol dipercaya dapat merelaksasi katup di bawah esofagus (menyatu dengan lambung) yang dapat menyebabkan refluks.

  1. Buah yang memiliki kandungan citrus

Jeruk, lemon, jeruk nipis, serta jeruk bali adalah buah-buah yang termasuk dalam citrus. Menurut penelitian yang dimuat dalam Annals of Otology, Rhinology & Laryngology, bahwa membatasi asupan makanan asam dapat meredakan gejala refluks akibat asam yang naik hingga tenggorokan, seperti batuk dan suara serak.

 

Tips Agar Tidak Sering Kambuh

sumber : halodoc.com
  1. Makan Lebih Teratur dan Perhatikan Porsi Makan

Asam lambung bisa naik karena disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Oleh karenanya, penting sekali untuk memiliki jadwal jam makan yang sesuai dan sama setiap hari. Dan hindari juga memakan makanan dalam jumlah porsi yang sangat besar, karena jika makan dalam porsi besar dapat menyebabkan pemicu munculnya refluks. Cobalah makan lebih sering dalam porsi kecil untuk menghindari kelaparan.

  1. Mengunyah dengan Benar

Cara yang satu ini penting untuk diperhatikan. Meski sepele, hal ini dapat membantu enzim yang terdapat pada pencernaan mencerna dan mengolah makanan dengan lebih baik dan mudah sehingga dapat mencegah dan mengurangi resiko kenaikan asam lambung atau memperburuk gejala GERD.

  1. Kenakan Pakaian yang Longgar.

Pakaian dengan bahan ketat dapat memberikan tekanan pada perut. Sehingga, membuat perut tidak nyaman yang memicu kenaikan asam lambung dan membuat perut mual hingga muntah.

  1. Mengubah Gaya Hidup

Untuk mengobati asam lambung tidak lepas dari udaha untuk memperbaiki pola hidup yang selama ini dirasa tidak sesuai. Kebiasaan yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung yang diantaranya merokok, lalu kebiasaan setelah makan langsung berbaring, meminum minuman beralkohol dengan jumlah yang banyak.

 

Berikut merupakan informasi yang telah disampaikan bagi Anda yang memiliki gejala kenaikan asam lambung dan ingin mencegahnya tanpa obat, selain itu Anda juga dapat mengkonsumsi Madu Bima 99 untuk penyembuhan Naik Asam Lambung secara optimal.

Post Author: Filda Fajriati