Cara Sehat dan Benar Mengkonsumsi Madu, Manfaatnya Langsung Terasa!

sumber : hellosehat.com

Seperti yang kita ketahui, Madu merupakan pilihan makanan yang paling tepat untuk para food lovers yang gemar sekali makan makanan manis dan juga menyehatkan. Salah satu makanan herbal yang bertekstur cairan bening keemasan ini sudah dikenali kaya akan manfaat yang menyehatkan loh, beberapa kandungan manfaat yang dapat ditemukan dalam Madu diantaranya ada karbohidrat, vitamin C, vitamin B, asam amino, magnesium, phosphor, dan kalium. Madu juga bersifat antibakteri, antiradang, dan antijamur. Selain itu, madu juga  kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol.

Namun, Asupan madu yang kita konsumsi harus diperhatikan. American Heart Association menyarankan untuk memberi asupan gula tak lebih dari 6 sendok untuk wanita dan 9 sendok teh untuk pria. Karena, mengkonsumsi madu secara berlebih dapat berakibat buruk pada kesehatan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengkonsumsi madu yang benar agar manfaat dapat langsung terasa secara baik dan benar, berikut rangkuman dari klikdokter.com dan hot.liputan6.com yang kami sajikan tips sehat dan lengkap untuk mengkonsumsi madu yang bisa Anda ikuti.

 Tips Sehat Mengkonsumsi Madu

sumber : dutasehat.com
  1. Membatasi Konsumsi Madu

Cara tepat yang pertama untuk mengkonsumsi madu yaitu membatasi konsumsi madu harian. Karena, hal ini sesuai dengan para pakar yang merekomendasikan untuk mengonsumsi madu secara tepat. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu sendok makan madu mengandung sekitar 64 kalori dan 17 gram gula. Usahakan untuk menjaga asupan harian gula tambahan di bawah 100 kalori per hari bagi wanita dan 150 kalori bagi pria.

Aturan ini sangat penting untuk diperhatikan karena meskipun madu termasuk kedalam pemanis alami, tetapi konsumsinya tetap tidak boleh berlebihan. Karena, Fruktosa yang serupa dengan gula dalam madu berisiko memicu berbagai jenis penyakit jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Jadi, cara tepat untuk mengonsumsi madu dengan tetap menjaga jumlah konsumsinya yang harus benar-benar diperhatikan.

Cara mengonsumsi madu sangat beragam, Anda dapat menyajikan madu dalam berbagai jenis hidangan makanan seperti:

  • Mencampurkan satu sendok makan madu ke dalam teh
  • Menyiramkan madu ke atas yoghurt
  • Mencampurkan madu ke oatmealpagi, roti panggang, dan selai kacang
  • Menjadi alternatif saus dressingsalad
  1. Mengenali Jenis Madu

Selanjutnya yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi madu yaitu dengan mengenali jenis madu. Jenis utama yang terdapat pada madu adalah organic, dark, light, raw dan filtered. Jenis tersebut bersumber dari madu yang dihasilkan oleh lebah atau bisa dikatakan jenis bunga yang nektarnya dikonsumsi lebah. Warna, rasa, dan kandungan nutrisi madu bergantung pada nektar yang digunakan lebah.

Cara yang paling tepat untuk memilih madu, tergantung pada rasa yang kamu cari dan bagaimana penggunaannya. Madu manuka misalnya, punya rasa yang lebih kuat sehingga baik untuk baking.

Selain itu, madu yang berwarna gelap juga dikatakan memiliki lebih banyak antioksidan, meski rasanya cenderung lebih pahit. Jadi cara sehat mengonsumsi madu juga perlu diperhatikan penggunaannya untuk apa, sehingga bisa disesuaikan jenis madu apa yang harus kamu gunakan. Contohnya Madu Bima 99 yang terbuat dari madu hitam dengan rasa yang agak pahit ini menandakan bahwa Madu Bima 99 memiliki manfaat antioksidan yang lebih banyak sehingga baik untuk dikonsumsi dan membantu tubuh menjadi semakin sehat.

  1. Membaca kemasan dan Mengidentifikasi ciri – ciri Madu sebelum membeli.

Salah satu cara memilih madu yang bagus kualitasnya bisa kamu lakukan yaitu memeriksa dengan mencium dari bau nya. biasanya memiliki bau yang cenderung seperti aroma bunga. Dan memiliki tekstur tidak terlalu lengket dan memiliki tekstur yang kental dan tidak cair seperti sirop. Anda bisa temukan pada madu lokal yang banyak dikenal terbukti memproduksi madu yang berkualitas.

Selain itu, sebelum menerapkan cara untuk mengkonsumsi madu dengan benar, Anda bisa memulainya sejak membeli madu di toko. Sebelum membelinya, pastikan terlebih dahulu untuk melakukan riset dan membaca kemasan madu tersebut, biasanya pada kemasan tersebut terdapat komposisi yang dapat Anda baca dan temukan keaslian komposisi dari madu tersebut yang mau Anda beli. Karena, tidak semua madu berkomposisi murni, biasanya terdapat madu yang telah dicampur dengan bahan lain, misalnya dengan campuran sirop jagung. Jadi, jika ingin mendapatkan madu yang berkualitas, pastikan dulu sebelum membelinya Anda jangan malas membaca kemasan dan mengidentifikasi bau tekstur dari madu yang akan Anda beli.

  1. Lebih baik di konsumsi pada Pagi Hari

Seorang ahli gizi dari Delhi, Anshul Jaibharat, menyarankan untuk mengonsumsi madu saat pagi hari untuk mendapatkan manfaat madu tersebut. Karena, madu memiliki banyak sekali manfaat yang diantaranya ada antioksidan dan antibakteri sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga baik sekali untuk diminum dipagi hari agar tubuh Anda tetap fit sebelum memulai kegiatan.

Menurut rekomendasi juga, cara minum madu yang baik dapat dilakukan dengan cara menambahkan dan mencampurkan satu sendok madu dan jus lemon ke dalam secangkir teh hangat di pagi hari. Minumlah sebelum sarapan dan rasakan khasiatnya.

  1. Tidak boleh di konsumsi oleh Anak dibawah 2 Tahun

Kesalahan yang sering terjadi dilakukan oleh para orang tua adalah memberikan madu kepada anak yang belum genap berumur 2 tahun. Konsumsi madu pada anak maupun bayi dibawah umur 2 tahun dapat beresiko meningkatkan penyakit botulisme.

Penyakit botulisme merupakan penyakit yang diakibatkan oleh spora dan juga toksin yang diproduksi oleh bakteri yang bernama Clostridium botulinum, bakteri tersebut dapat ditemukan pada madu. Toksin botulinum dapat menyebabkan kelemahan pada sistem saraf dan oto pada bayi hingga resiko kematian. Karena, usus bayi belum berkembang dengan sangat sempurna sehingga tidak dapat mengatasi bakteri yang masuk.

  1. Madu untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa penelitian telah menyebutkan faktanya bahwa madu merupakan cairan kental ‘Ajaib’ yang sejak jaman dulu sudah digunakan untuk menyembuhkan dan mengatasi berbagai keluhan pada tubuh. Karena madu memiliki sederet manfaat lain yang diantaranya :

  • Agen Antibakteri, Tingkat keasaman alami dan juga Kandungan hidrogen peroksida dapat dengan efektif dalam mempercepat penyembuhan luka dan keluhan pada lambung.
  • Melegakan tenggorokan, sifat antiradang yang terdapat pada madu disebabkan oleh kandungan flavonoid yang berfungsi menghambat hormon pemicu peradangan dalam tubuh, sehingga bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk pada malam hari dan memperbaiki kualitas tidur.
  • Menurunkan Tekanan Darah, Madu diperkaya akan kandungan senyawa fenolik yang sangat terbukti berkontribusi terhadap menurunkan tekanan darah.
  • Bantu penyembuhan luka, Madu memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka yang telah didapatkan sejak zaman dahulu dengan tingkat keberhasilan 43,3%, dan juga membantu penyembuhan luka pada penderita diabetes dengan persentase keberhasilan sebanyak 97%

 

Nah berikut informasi yang telah disampaikan diatas merupakan rangkuman tips sehat dan tepat untuk mengkonsumsi Madu dengan benar, karena sangat penting bagi kita untuk mengetahui informasi aturan minum madu, sehingga manfaat – manfaat yang Anda rasakan pada saat mengkonsumsi madu dapat dirasakan secara maksimal untuk kesehatan dan daya tahan tubuh Anda.

Bagi Anda, yang sedang mencari Madu Kesehatan untuk dikonsumsi, Anda dapat mencoba produk Madu Hitam dari Madu Bima 99, informasi selengkapnya bisa klik disini.

Post Author: Filda Fajriati