Dilarang Mencampurkan Madu Dengan Beberapa Makanan Ini, Berbahaya!

sumber : liputan6.com

Seperti yang kita ketahui bahwa Madu merupakan salah satu makanan alami yang terbuat dari nektar beberapa jenis kelopak bunga yang telah dihisap oleh lebah, sehingga memiliki rasa yang unik, yaitu rasa manis yang bercampur rasa khas tanaman bunga. Madu ini memiliki tekstur berupa cairan kental yang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Makanya, tidak heran jika masyarakat sudah menjadikan madu ini sebagai konsumsi sehari – hari. Bisa sebagai makanan maupun minuman sehat yang menyegarkan.

Salah satu hal yang terpenting bagi manusia ialah kesehatan, karena dengan menjaga kesehatan tubuh akan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengancam jiwa. Membiasakan diri untuk menjaga pola makan sehat yang teratur harus mencakup beberapa asupan yang bergizi dan nutrisi yang baik dan cukup untuk tubuh. Diantaranya adalah makanan 4 sehat 5 sempurna dan juga salah satunya yaitu madu.

Namun, yang perlu diketahui bahwa tidak semua jenis makanan dapat dicampur dengan madu, karena madu memiliki sifat yogavahi atau katalis yang berarti obat – obatan alami. Apabila dicampur dengan beberapa jenis makanan yang dilarang, akan berakibat fatal bagi tubuh. Maka dari itu, kita perlu mengetahui beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk tidak dicampurkan dengan madu, agar terhindar dari efek buruk dan juga manfaat dari madu tersebut akan terasa dengan baik. Berikut rangkuman beberapa makanan yang sebaiknya tidak dicampur dengan madu.

  1. Ghee / Minyak Samin

Minyak samin merupakan salah satu jenis bahan makanan yang terbuat dari lemak hewani bertekstur seperti mentega. Makanan ini sangat disaran kan untuk tidak dicampur dengan madu. Karena jika kita mencampurkan keduanya akan berakibat buruk pada kesehatan. Madu merupakan polysaccharide kompleks sehingga memerlukan enzim khusus untuk mencernanya sebagai gula sederhana. Lain halnya dengan mentega, mentega adalah sebagai rantai kompleks antara asam lemak yang sangat memerlukan emulsifikasi, aksi lipase, dan juga enzim lipid. Yang bisa dikatakan jika enzim tersebut saling berinteraksi di dalam saluran pencernaan. Maka, akan menyebabkan gangguan pada pencernaan dan akumulasi radikal bebas. Jika hal itu terjadi, maka resiko terkena kanker pencernaan akan meningkat. Seperti halnya yang telah dijelaskan oleh Dr. Janardhana bahwa, komposisi madu dan mentega sangat tidak boleh disamakan, karena akan menghambat proses pencernaan dan juga menghambat limbah makanan keluar dari dalam tubuh.

  1. Daging / Makanan non Vegetarian

Menurut ayurveda, madu dan produk daging tidak sesuai jika dimakan secara bersamaan. Karena kedua makanan tersebut jika dicampurkan akan menyebabkan beberapa gangguan pada kesehatan. Sebaiknya jika memasak daging maupun beberapa makanan non vegetarian diharap untuk tidak mencampurnya dengan madu.

  1. Lobak

Dalam panduan Ayurveda bahwa kombinasi Madu dengan Lobak akan membentuk zat beracun, dan tentu saja hal tersebut sangat harus dihindari demi kesehatan tubuh. Sebaiknya, jika membuat salad dengan campuran buah, sebaiknya jangan masukan lobak kedalam menu salad tersebut, masukanlah buah dan sayur yang memiliki manfaat sama baiknya dengan madu jika dikombinasikan.

  1. Rebusan Air Panas

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar orang selalu mengonsumsi madu dengan mencampurkan madu dengan air panas sebagai the atau pun minuman lainnya. Padahal perlu diketahui juga jika madu tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi dengan air hangat akan berbahaya bagi tubuh, karena akan meningkatkan toksisitas atau racun pada tubuh. Madu sendiri memiliki kandungan gula alami di dalamnya. Ketika gula diberikan air panas, maka madu akan mengeluarkan senyawa kimia yang bernama 5-hydroxymethylfurfural yang mengandung karsinogen yang sangat beracun. Salah satu studi mengungkapkan bahwa mencampurkan madu dengan memanaskannya dengan air panas diatas 60 derajat celcius akan menaikan secara signifikan pada hidroksimetil furfuraldehyde (HMF) yang dapat menyebabkan keracunan pada tubuh manusia.

Untuk itu dapat dikatakan jika akan membuat makanan sebaiknya harus melakukan pemeriksaan bahan maupun riset mendalam untuk mengetahui apa yang sebaiknya cocok untuk dikombinasi maupun tidak cocok. Karena, tidak semua bahan makanan memiliki manfaat yang sama ataupun kandungan yang cocok untuk dikombinasikan. Sehingga, jika kita salah dalam mengkombinasikan makanan akan berakibat fatal bagi tubuh.

Apabila sudah terlanjur, akan lebih baik jika kita mendetoks tubuh kita dari makanan maupun radikal kotor yang terdapat pada tubuh kita. Detoks merupakan salah satu cara untuk membuang racun dan sampah – sampah lainnya dalam tubuh. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendetoks tubuh kita, yang diantaranya adalah memakan makanan sehat, dan salah satu makanan sehat yang dapat dikonsumsi sebagai detoks racun dalam tubuh adalah Madu Bima 99.

Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

Post Author: Filda Fajriati