Do’a Ingin Segera Di Kabulkan? Berdo’alah Di Beberapa Waktu Ini!

sumber : republika.co.id

Doa merupakan bentuk ekspresi diri sekaligus curahan hati seorang hamba kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Menurut pakar tafsir Indonesia, M. Quraish Shihab, beliau mendefinisikan do’a sebagai permohonan dari yang lebih rendah kepada yang dianggap memiliki kedudukan lebih tinggi.sebagai seorang Muslim yang taat kita semua sudah mengimani dan mengetahui bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala memiliki kedudukan tertinggi di dunia dan akhirat ini, Allah Subhanahu Wa Ta’ala merupakan Tuhan seluruh alam. Maka, sudah sepatutnya kita hanya berdo’a kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah Ta’ala senantiasa mengabulkan semua do’a hambanya, tak segan Allah Ta’ala menganjurkan kita untuk selalu meminta segalanya bahkan hal terkecilpun hanya pada-Nya. Allah akan melaknat orang – orang yang enggan berdo’a dan meminta kepada-Nya. Orang yang demikian oleh Allah akan disebut sebagai hamba yang sombong, Allah Ta’ala berfirman dalam Al-Quran surat Ghafir ayat 60 :

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Yang artinya “Berdo’alah kepadaKu, aku akan kabulkan do’a kalian. Sungguh orang – orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Sehingga, dalam ayat tersebut semestinya kita semua paham bahwa Allah menunjukan sifatnya yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang kepada hambanya. Karena itu, Allah memerintahkan kepada hambanya untuk selalu berdo’a langsung kepada-Nya tanpa melalui perantara. Namun, agar do’a disegerakan Allah Ta’ala ada beberapa waktu yang tepat untuk berdo’a, maka dari itu, mari memanfaatkan waktu – waktu ini yang dimana dijanjikan oleh Allah bahwa doa ketika waktu – waktu tersebut akan dikabulkan. Berikut ini adalah waktu yang tepat, diantaranya :

  1. Ketika Sujud dalam Shalat

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda pada hadist riwayat Muslim no. 482 sebagai berikut :

أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد . فأكثروا الدعا

Yang artinya “Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-Nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdo’a ketika itu.”

Jadi, setelah kita membaca hadist tersebut ada baiknya kita terapkan untuk memohon do’a kepada Allah Ta’ala. Seperti yang kita ketahui bahwa ibadah Shalat merupakan ibadah yang diwajibkan, maka pada ketika sujud jangan lupa untuk sambil berdo’a juga.

  1. Ketika Hujan

Hujan merupakan fenomena alam yang selalu terjadi disetiap musim, air akan berjatuhan dari langit dan juga Hujan pun adalah nikmat serta rezeki yang Allah Ta’ala berikan. Maka dari itu, janganlah sekali – kali mencela Hujan yang telah Allah Ta’ala berikan.

Beberapa manfaat hujan yang perlu kita ketahui salah satu diantaranya ialah menjadi waktu yang tepat untuk dikabulkannya do’a. hal itu telah disebutkan dalam Hadist Riwayat Al Hakim, 2534 dan dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078 yang berbunyi :

ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

Yang artinya, “Do’a tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun.”

  1. Selepas Shalat Wajib

Dari Abu Umamah Al Bahili radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, seseorang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam :

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفُ اللَّيْلِ الآخِرُ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ

Yang artinya, “Ya Rasulullah, doa manakan yang didengar Allah?” Beliau menjawab, “(Doa pada) akhir malam dan setelah shalat maktubah (shalat wajib)” (HR. Tirmidzi : hasan).

  1. Ketika Minum Air Zam – Zam

Dalam hadist riwayat Ibnu Majah, 2/1018. Dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah, 2502) Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda :

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

Yang artinya, “Khasiat Air Zam – Zam itu sesuai niat peminumnya.”

Maka, ketika hendak atau menjelan meminumnya, hendaknya berdo’alah terlebih dahulu, berikut do’a yang dianjurkan :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ رِزْقًا وَاسِعًا وَ شِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Yang artinya, “Ya Allah aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit.”

 

5. Sepertiga Malam Terakhir

Salah satu waktu mustajab yang dianjurkan untuk berdo’a ialah pada waktu sepertiga malam terakhir. Mengapa demikian? Karena hal itu telah disebutkan oleh Rasulullah dalam sabdanya :

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Yang artinya, “Rabb kita Tabaroka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir disetiap malamnya, kemudian berfirman : ‘Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku akan kukabulkan, siapa saja yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuber, siapa saja yang memohon ampunan dari-Ku akan Kuampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Antara Azan dan Iqamah

Dalam Hadist Riwayat Abu Dawud, Tirmidzi dan Ahmad, Shahih, bahwa diwaktu antara Azan dan Iqamah juga tidak akan ditolak oleh Allah Wa Ta’ala, dan juga termasuk kedalam waktu mustajab untuk berdo’a, berikut hadistnya :

لاَ يُرَدُّ الدُّعَاءُ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ

Yang artinya, “Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak”

7. Pada hari Jum’at

Hari Jum’at merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Muslim, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة ، فقال : فيه ساعة ، لا يوافقها عبد مسلم ، وهو قائم يصلي ، يسأل الله تعالى شيئا ، إلا أعطاه إياه . وأشار بيده يقللها

Yang artinya, “Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda : ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentar waktu tersebut.” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu).

8. Ketika hari Arafah

Hari Arafah merupakan hari dimana para jama’ah haji melakukan ibadah wukuf di padang Arafah yang bertepatan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Dianjurkan, pada hari tersebut untuk memperbanyak Do’a. selain sangat baik untuk para Jemaah Haji, juga sagat baik pula untuk seluruh kaum Muslimin, karena hal itu telah disebutkan dalam sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam yaitu :

خير الدعاء دعاء يوم عرفة

Yang Artinya, Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah” (HR. Tirmidzi, 3583. Di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi.)

9. Ketika Malam Lailatul Qadar

Dibulan Ramadhan ada salah satu malam lebih utama dari 1000 bulan ialah Malam Lailatul Qadar. Karenanya, pada malam itu dianjurkan untuk memperbanyak ibadah termasuk memperbanyak do’a. sebagai mana yang telah diceritakan oleh istri Rasulullah yaitu Ummul Mu’minin Aisyah Radhiallahu’anha :

قلت يا رسول الله أرأيت إن علمت أي ليلة ليلة القدر ما أقول فيها قال قولي اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

Yang artinya, “Aku bertanya kepada Rasululah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau pun bersabda : Maka berdo’alah :

اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

Artinya, Ya Allah, sesugguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku.”

Hadist ini menunjukan bahwa pada malam Lailatul Qadar sangat dianjurkan untuk memperbanyak do’a, terutama dengan lafadz do’a yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam.

Beberapa waktu diatas adalah waktu tertentu yang dianjurkan untuk berdo’a yang tela diulas oleh beberapa sumber. Jika Anda sedang berikhtiar dan merasa do’a Anda belum disegerakan, maka sebaiknya, untuk mencoba beberapa waktu diatas. Jika Anda sedang memiliki penyakit, belum mempunyai momongan, dan ingin meningkatkan daya tahan tubuh? Maka selain dengan berdo’a diperlukan ikhtiar lain yaitu dengan mengonsumsi Madu Bima 99

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

 

Post Author: Filda Fajriati