Gejala Penyakit Diabetes Mellitus

diabet 2

Gejala Penyakit Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus adalah penyakit di mana tubuh kekurangan hormon insulin sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan kencing manis karena para penderita diabetes biasanya memproduksi air kencing yang mengandung kadar gula tinggi. Pengidap penyakit diabetes kian bertambah dari tahun ke tahun. Meski tergolong penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan, perkembangan penyakit ini tergolong lambat dan bertahap. Apabila Anda mampu mengenali gejalanya sedini mungkin, perkembangan penyakit ini pun dapat ditekan semaksimal mungkin.
Berikut ini beberapa gejala penyakit diabetes mellitus yang patut kita waspadai, diantaranya:

Sering Buang Air Kecil
Bagi orang normal, volume urine yang dikeluarkan setiap harinya adalah 1 sampai 2 liter. Namun, bagi penderita diabetes, pengeluaran urine dapat melebihi dari volume normalnya dan biasanya sering terjadi pada malam hari. Sering buang air kecil atau yang disebut poliuri ini disebabkan oleh kadar gula yang terlalu tinggi sehingga ginjal harus selalu mengeluarkan cairan agar urine yang dihasilkan tidak terlalu pekat. “Gejala Penyakit Diabetes Mellitus”

Cepat Haus
Oleh karena pengeluaran cairan yang berlebihan berupa urine, penderita diabetes tahap awal pun akan merasakan haus yang berlebihan dan kering di daerah mulut. Itu juga gejala penyakit diabetes mellitus. Kadar gula darah yang berlebih membuat tubuh terus menerus menyerap air dari jaringan sehingga menyebabkan dehidrasi. Meski di cuaca panas kita juga bisa merasakan haus terus menerus, namun yang perlu diwaspadai dari gejala diabetes melitus adalah perasaan haus yang berlebihan meski telah banyak minum air.

Penurunan Berat Badan yang Drastis
Gejala lain yang ditimbulkan penyakit diabetes melitus adalah penurunan berat badan yang tidak lazim. Hal ini terjadi karena metabolisme glukosa terganggu. Akibatnya, tubuh akan menyerap lebih banyak lemak atau otot sebagai penggantinya. Dengan demikian, tubuh pun akan terus mengalami penurunan berat badan bahkan hingga 5 persen dari berat sebelumnya. “Gejala Penyakit Diabetes Mellitus”

Merasa Lemas
Gejala Penyakit Diabetes Mellitus yang lain ada sering merasa lemas. Perasaan lemas ini terjadi karena kadar insulin dalam tubuh menurun jumlahnya. Kurangnya kadar insulin menyebabkan proses penyerapan gula tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, tidak ada energi yang dihasilkan dan akhirnya tubuh pun menjadi lemas. Biasanya, rasa lemas ini juga akan disertai dengan rasa lapar yang berlebihan. Karena tubuh kekurangan energi, otak akan menerjemahkannya bahwa Anda kurang makan dan mengirimkan sinyal lapar.

Pandangan Kabur
Cairan dalam tubuh diserap secara berlebihan karena tingkat gula darah yang tinggi. Bahkan cairan dalam lensa mata pun ikut terserap sehingga kemampuan mata untuk melihat menjadi terganggu. Jika tidak ditangani sedini mungkin, Anda bisa kehilangan penglihatan secara total. Karena itulah, sangat penting bagi kita untuk mengenali tanda awal penyakit diabetes mellitus sedini mungkin agar dapat dilakukan penanganan dini dan sepotimal mungkin. “Gejala Penyakit Diabetes Mellitus”

Post Author: Bella Nugraha