Hobby Mendaki Gunung? Berikut berbagai Manfaat dari Mendaki Gunung dalam Dunia Kesehatan.

sumber : finansialku.com

Gunung merupakan bagian dari bumi yang menjulang tinggi melebihi daerah sekitarnya. Selain daerah yang menjulang tinggi, gunung juga memiliki pemandangan yang sangat enak dipandang mata, dan sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata, area camping, maupun tempat olahraga mendaki. Mendaki, merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari oleh beberapa masyarakat di Indonesia. Karena selain untuk melatih kekuatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, dengan mendaki gunung pun dapat memberikan sensasi tersendiri bagi para pecinta mendaki gunung yang diantaranya merefresh fikiran dengan suguhan pemandangan yang indah dari gunung tersebut.

Selain beberapa keuntungan diatas yang dirasakan oleh pendaki ketika hendak mendaki gunung, dengan mendaki gunung pun dapat memberikan manfaat yang lain dalam dunia kesehatan, berikut beberapa ulasan yang telah dirangkum dari berbagai sumber tentang manfaat mendaki.

  1. Lebih Kreatif dalam Memecahkan Masalah

    sumber : seva.id

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan setelah mendaki gunung ialah menjadi lebih kreatif dan juga cepat dalam memecahkan masalah. Mengapa demikian? Karena hal itu disebabkan oleh cara interaksi langsung dengan alam, kondisi alam pada gunung seperti yang kita ketahui memiliki medan yang sangat menantang, tidak terdapat fasilitas teknologi sama sekali, dan jauh dari kata nyaman. Sehingga, pendakipun harus bisa meng-explore sendiri kebutuhan mereka selama mendaki gunung. Maka dari explore tersebut menghasilkan beberapa keuntungan yang dirasakan diantaranya meningkatkan daya kreativitas pendaki, memecahkan suatu masalah, dan lebih focus berinteraksi dengan alam.

  1. Kepadatan Tulang

    sumber : rumahkoral.blogspot.com

Beberapa tantangan yang terdapat pada gunung diantaranya memiliki jalur menanjak yang teramat jauh, tebing yang terjal dan juga permukaan tanah yang tidak stabil membuat para pendaki mau tidak mau untuk melakukan perjalanan tersebut dan melakukan pendakian. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi pendaki dalam dunia kesehatan, karena hal itu dapat membuat tulang menjadi lebih padat. Dengan kata lain, masalah kesehatan yang terdapat pada tulang seperti osteoporosis sangat bisa untuk dicegah dengan menekuni olahraga mendaki gunung.

  1. Meringankan Radang Sendi
    sumber : lifestyle.kompas.com

    Karena aktifitas hiking yang dilakukan pada saat pendakian gunung, dapat membantu memperkuat otot – otot kaki yang mengambil tekanan dari lutut. Mungkin akan sangat sulit untuk melakukan hiking bagi seseorang penderita radang sendi, namun jika dibiarkan begitu saja akan berakibat fatal. Banyak cara lain untuk melakukan hiking dan mendaki gunung dengan mudah, misalnya dengan berjalan perlahan dan menikmati pemandangan perlahan jika dirasa sakit pada saat berjalan.

  2. Mencegah Penyakit Jantung

    sumber : sehatq.com

Olahraga hiking merupakan salah satu bentuk latihan kardiovaskular yang dimana latihan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan jantung. Beberapa penelitian lampau telah membuktikan bahwa dengan melakukan hiking secara teratur dapat membuat resiko penyakit jantung berkurang, karena hiking dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh dan juga kolesterol baik memiliki fungsi untuk menjaga kolesterol berbahaya dari arteri.

  1. Berat Badan Terjaga dan mengurangi Resiko Diabetes

    sumber : liputan6.com

Kegiatan pendakian tidak hanya untuk kesehatan jantung dan paru-paru saja, berat badan pun dapat terjaga dengan melakukan pendakian gunung. Karena, mendaki gunung dapat membakar sekitar 500 kalori dalam satu jam pendakian.

Selain berat badan yang terjaga, resiko diabetes pun dapat dicegah dengan mendaki. Karena, menurut penelitian dengan makan teratur dan juga melakukan aktifitas fisik seperti mendaki gunung dapat mengurangi resiko diabetes, sehingga para pendaki cenderung terhindar dari penyakit diabetes.

  1. Mengurangi Kolesterol

    sumber : habbats.co.id

Salah satu manfaat kesehatan lainnya yang dirasakan dalam mendaki gunung ialah mengurangi kolesterol, manfaat ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena dengan mendaki akan memperbaiki sistem kardiovaskular sehingga penyakit yang menyebabkan kadar kolesterol yang tinggi akan dapat dihindari dengan mudah.

  1. Tidur menjadi lebih Nyenyak

    sumber : womantalk.com

Menurut beberapa penilitian bahwa setelah melakukan pendakian gunung, kualitas tidur pendaki akan menjadi lebih baik, tidur menjadi semakin lebih nyenyak. Karena jika dilakukan secara rutin dapat mengurangi depresi. maka dari itu, mendaki gunung juga menjadi salah satu solusi bagi penderita insomnia untuk mengobati dan mengatasi gangguan tidur tersebut dengan mendaki gunung.

  1. Menjadi lebih Bahagia

    sumber : alodokter.com

Seperti yang telah dikutip dari The Huffington Post. Para pendaki gunung yang telah melakukan pendakian gunung akan menjadi lebih bahagia, dan juga terhindar dari depresi. Karena pada saat mendaki, para pendaki selalu mempunyai satu harapan yaitu sampai pada puncak, dengan begitu pendaki pun akan merasakan sensasi kepuasan tersendiri, dan juga ditambah dengan pemandangan sekitar gunung yang sangat mendukung dan juga pada saat mendaki ditemani oleh teman – teman grup yang solid, akan semakin kumplit perasaan bahagia yang dirasakan selama perjalanan. Maka dari itu, dengan mendaki gunung dapat menjadi solusi untuk terapi tambahan pada orang yang sedang depresi berat, mengalami putus asa, dan juga mendaki gunung pun dapat membantu memperbaiki kondisi mental.

Berikut beberapa penjelasan diatas mengenai mengapa olahraga mendaki gunung dapat membantu para pendaki mendapatkan manfaat yang baik terutama dalam dunia kesehatan, yang tentunya sangat baik jika dilakukan secara teratur agar manfaat yang dirasa akan diserap secara optimal.

Untuk melakukan pendakian gunung tentu saja harus memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Karena dengan begitu, selama pendakian tubuh tidak akan mengalami hambatan dan juga badan akan selalu bugar. Maka, sebelum melakukan pendakian ada baiknya untuk melakukan beberapa persiapan yang diantaranya adalah persiapan menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga dan juga memakan makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh pada saat pendakian serta meminum vitamin dan juga suplemen.

Salah satu suplemen yang direkomendasikan untuk konsumsi kebutuhan daya tahan tubuh diantaranya adalah Madu Bima 99. Madu Bima 99 merupakan suplemen alami yang terbuat dari bahan madu hitam organik, memiliki warna yang pekat serta tekstur yang kental. Dengan bahan yang terbuat dari Madu Hitam organik yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh dan tidak gampang sakit. Madu Bima 99 ini telah dikonsumsi oleh banyak kalangan dari seluruh Indonesia, beberapa testimoni telah menyebutkan bahwa Madu Bima 99 selain untuk menjaga kesehatan daya tahan tubuh, Madu Bima 99 ini juga cocok untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Madu Bima 99 memiliki rasa yang agak pahit, karena diperoleh dari lebah jenis Apis Melifera yang mengkonsumsi jenis – jenis pucuk pohon yang pahit, diantaranya pelawan, bunga singkong karet, kaliandra dan mahoni. Madu pahit sangat kaya akan kandungan alkaloid yang tinggi dan berfugsi sebagai antibakteri alami yang membunuh bakteri yang merugikan tubuh. Tentunya madu hitam ini masih dipercaya sebagai pengobatan efektif di era modern ini. Makanya Madu Bima 99 ini sangat cocok untuk pendaki yang akan memulai persiapan untuk mendaki gunung dengan mengkonsumsi Madu Bima 99 ini.

Untuk mendapatkan informasi pembelian Madu Bima 99 ini, Anda bisa mendapatkannya dengan cara menghubungi nomor Whatsapp dibawah ini, silahkan di klik gambar dibawah ini.

Post Author: Filda Fajriati