Ini Keutamaan Baik Dan Tips Membangun Semangat Di Hari Senin.

Disaat mungkin sebagian orang membenci hari senin, mungkin yang harus kita ketahui adalah bahwa ada keutamaan baik di hari senin yang seharusnya masih kita syukuri. Yang pertama, adalah kita harus mensyukuri bahwasannya kita masih bisa diberi kesempatan hidup dan bernafas serta kesehatan yang baik untuk mempersiapan kegiatan diawal pekan ini. Selain itu, terdapat 7 keutamaan yang harus kamu ketahui agar lebih mensyukuri hari senin ini, berikut beberapa keutamaannya yang dilansir dari beberapa sumber :

1. Hari Lahir Nabi Muhammad SAW

Pada hari senin merupakan hari lahirnya nabi besar umat muslim diseluruh dunia yaitu Nabi Muhammad SAW dan juga hari diwafatkannya beliau. Ini menandakan bahwa hari senin betul – betul hari yang paling istimewa bagi umat muslim. Seperti yang kita imani bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan nabi penutup dari para nabi sebelum beliau. Dalam Q.S Al – Ahzab menyebutkan bahwa “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

2. Hari Yang Dianjurkan Untuk Berpuasa Oleh Rasulullah

Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam menyampaikan alasan mengapa dianjurkannya berpuasa pada dua hari yang termasuknya adalah hari senin, berikut sabda beliau dalam Hadist At – Tirmidzi yaitu “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.”

3. Pintu Surga Terbuka Di Hari Senin

Dalam hadist yang termaktub dalam Shahih Muslim dari Abu Huairah Radhiyallahu anhu dan juga menjadikan hadist tersebut sebagai dalil terkuat pernyataan bahwa terbukanya pintu surga pada hari senin, yang berbunyi “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”

4. Hari Dimana Qur’an Diturunkan

Keutamaan lain hari senin ialah dimana diturunkannya kitab suci umat muslim yaitu Al – Qur’an. Dalam hadist dari Abu Qatadah al – Anshari Radhiyallahuanhu yang diriwayatkan oleh Imam Muslim menyebutkan “Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya al-Qur’an kepadaku pada hari tersebut.”

5. Hari Mendapatkan Ampunan

Keutamaan meninggal hari Senin juga memiliki makna tersendiri. Di hari Senin juga amalam manusia akan diangkat dan pintu surga terbuka. Sehingga Rasulullah menganjurkan untuk umat Muslim puasa Senin dan Kamis.

Dari keutamaan diatas maka sepatutnya sebagai umat muslim untuk tidak merasakan bahwa hari senin merupakan hari yang menyebalkan, justru hari senin merupakan hari yang mulia dan istimewa. Untuk membangun semangat pada hari senin, berikut beberapa tips nya :

  • Rencanakan kegiatan menyenangkan untuk akhir pekan

Agar bersemangat memulai pekerjaan di hari Senin, kamu harus memiliki motivasi yang kuat. Motivasi tersebut harus kamu ciptakan sendiri. Salah satu motivasi yang gampang dibuat sendiri adalah rencana melakukan kegiatan yang menyenangkan di akhir pekan. Pada hari Senin, kamu bisa membuat jadwal kegiatan menyenangkan untuk Sabtu dan Minggu mendatang.

  • Cobalah sesuatu yang baru

Agar tidak bosan di hari Senin, kamu dianjurkan melakukan hal-hal yang baru atau belum pernah dilakukan sebelumnya. Contohnya, bisa saja kamu mencoba gaya rambut baru, pakaian kerja baru, atau memakai riasan kosmetik yang berbeda saat masuk kerja pada hari Senin.

  • Buat tujuan selama seminggu

Agar tidak berpikir soal betapa malasnya masuk kerja dan memulai pekerjaan di hari Senin hingga Jumat, pikiranmu harus disibukkan dengan rencana pencapaian suatu hal. Kamu bisa menuliskan pekerjaan yang harus diselesaikan selama sepekan atau keahlian baru yang akan dipelajari selama sepekan di kantor.

  • Awali hari dengan pikiran positif

Pada akhirnya semua hal ditentukan dari pikiran kita sendiri. Kalau kamu berpikir positif pastinya semua hal baik kemungkinan besar akan terjadi, khususnya pada saat masuk kantor di hari Senin.

  • Atur jam tidur

Tidur jangan terlalu larut malam pada hari minggu agar keesokan harinya anda tidak kesiangan untuk berangkat ke kantor sehingga bisa bersantai sejenak sebelum melakukan rutinitas kerja.

  • Sarapan dengan sayur sehat

Perut keroncongan menahan lapar bukan pilihan tepat untuk mengawali hari kerja anda. Supaya hal ini tidak terjadi, penuhi kebutuhan nutrisimu sebelum beraktivitas. Sebaiknya anda berangkat ke kantor awali dengan menu sarapan yang enak dan bergizi hindari makanan yang mengandung MSG. Awali sarapan anda dengan mengkonsumsi sayur organik tanpa penggunaan pupuk dan pestisida kimia, yang membuat tubuh anda menjadi sehat dan kekebalan tubuh anda menjadi tetap optimal.

  • Berpenampilan menarik

Jika anda ingin bersemangat di hari senin, maka mulailah hari senin anda dengan berpenampilan menarik. Jangan malas malas berdandan dan pakailah baju serapi mungkin agar terlihat tampan dan cantik.

Dan jangan lupa untuk meminum Madu Bima 99 secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung aktifitasmu secara optimal!

Post Author: Filda Fajriati