Ini Penjelasan Mengapa Sabun Bisa Efektif Membunuh Kuman Dan Bakteri.

sumber foto : kompas.com

Salah satu anggota badan yang paling sering digunakan pada saat melakukan aktifitas adalah tangan. Tangan yang biasa kita gunakan sehari – hari rentan terkena virus dan bakteri yang akan menyebabkan penyakit pada tubuh. Ada banyak sekali jenis kuman, virus, dan bakteri yang mungkin menempel pada tangan, karena banyak sekali aktifitas yang dilakukan dengan menggunakan tangan. Maka dari itu, agar tidak gampang terkena penyakit yang berasal dari kuman yang menempel pada tangan, ada baiknya untuk rutin mencuci tangan dengan menggunakan sabun setelah beraktifitas, dan juga pada saat sebelum makan.

Sabun mana yang efektif untuk membunuh kuman dan bakteri?

Sabun jenis apapun sebenarnya sangat efektif membunuh kuman dan bakteri, sabun memiliki dua molekul yang memiliki ketertarikan terhadap air dan juga lemak. Sewaktu kedua molekul tersebut bertemu dan bersentuhan dengan air dan juga lemak, maka molekul tersebut akan memecahkan balutan lemak, sehingga ia akan menyatu dengan air, hal tersebut menjadikan kuman dan bakteri akan hilang. Proses tersebut membutuhkan waktu selama 20 detik, maka dari itu cuci tanganlah dengan menggunakan sabun selama 20 detik.

Waktu Terbaik Untuk Mencuci Tangan

Adapun beberapa waktu terbaik untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun diantaranya pada beberapa waktu berikut ini :

  1. Sebelum dan Sesudah makan

  2. Setelah beraktifitas dari luar rumah

  3. Setelah batuk ataupun bersin

  4. Sehabis memegang benda kotor, dan juga membuang sampah

  5. Setelah memegang hewan

  6. Setelah kembali dari toilet

  7. Sebelum istirahat di tempat tidur

Cara mencuci tangan yang benar sesuai anjuran

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencuci tangan yang bisa Mama ajarkan kepada si Kecil:

  1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir (hangat/dingin), lalu matikan keran dan oleskan sabun

  2. Gosoklah seluruh bagian tangan secara perlahan minimal selama 20 detik, mulai dari punggung tangan, telapak, sela-sela jari, sampai ke bagian bawah kuku hingga bersih

  3. Setelah itu bilas kembali tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir

  4. Kemudian keringkan tangan dengan lap, tisu, sapu tangan atau handuk bersih

Post Author: Filda Fajriati