Ini Tips dan Cara Ampuh Untuk Mengobati Amandel!

sumber : hellosehat.com

Tonsillitis atau yang juga biasa disebut dengan Amandel, merupakan peradangan yang berbentuk dua bantalan oval dibelakang tenggorokan. Amandel biasanya disebabkan oleh infeksi virus ataupun bisa juga dari infeksi bakteri, gejala yang muncul pada amandel ini diantaranya adalah rasa sakit pada tenggorokan, sulit menelan serta kelenjar getah bening akan sakit bila disentuh. Amandel ini bisa terjadi pada siapapun baik dirasakan oleh anak – anak ataupun orang dewasa yang tidak menjaga pola makan sehat. Beberapa penanganan dapat dilakukan untuk mengatasi amandel ini, diantaranya dengan melakukan operasi ataupun melakukan perawatan rumahan.

Tidak semua orang ingin mengatasi amandel ini dengan melakukan operasi. Apalagi anak – anak. Karena banyak diantaranya yang memiliki mindset bahwa melakukan operasi dirasa sangat menakutkan untuk dilaukan. Maka, selain dengan melakukan operasi ada alternative lain untuk mengatasi amande yaitu dengan menggunakan perawatan rumahan. Biasanya perawatan rumahan dilakukan dengan cara mengonsumsi bahan – bahan alami yang fungsinya dapat menyembuhkan radang amandel ini, dilansir dari media sosial instagram @catatan.sidokter ada empat bahan alami yang dapat membantu mengatasi amandel diantaranya :

  1. Jeruk Nipis

    sumber : health.kompas.com

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang dapat kita temui keberadaannya, buah ini memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, kaya dengan antioksidan, dan juga antibakteri yang sangat baik untuk kesehatan. Maka dari itu, jeruk nipis sangat cocok untuk mengatasi amandel. Cara pembuatan ramuan jeruk nipis ini yaitu dengan mencampurkan 2 buah jeruk nipis dengan ½ sendok teh kapur sirih, lalu peras jeruk nipis tersebut tambahkan kapur sirihnya lalu aduk rata dan minum ramuan yang sudah di buat.

  1. Mengkudu dan Madu

    sumber : idntimes.com

Bahan berikutnya yang dapat mengatasi amandel ialah mengkudu dan madu. Mengkudu dan madu memiliki kandungan gizi, vitamin serta nutrisi yang ternyata sangat mampu untuk menyembuhkan amandel. Cara menggunakannya yaitu, ambil dua buah mengkudu lalu cuci sampai bersih, setelah dicuci lalu parut mengkudu tersebut dan peras lalu saring ampasnya setelahnya jangan lupa untuk tambahkan air panas dan tunggu sampai menghangat, setelah itu tambahkan madu secukupnya lalu aduk sampai merata. Konsumsi ramuan ini sebanyak 3 kali sehari secara rutin karena sangat efektif untuk meredakan penyakit bengkak dan amandel pada tenggorokan.

  1. Kulit Manggis

    sumber : sehatq.com

Kulit manggis pun bisa sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit amandel, selain buahnya yang enak dan bergizi, kulitnya pun tidak kalah memiliki kandungan gizi juga untuk menyehatkan tubuh, dan menghilangkan berbagai penyakit termasuk amandel.

Untuk membuat ramuan dari kulit manggis ini adalah dengan cara menyediakan kulit manggis sebanyak 15 gram lalu minyak daun mint. Rebus kulit manggis yang direndam dengan dua botol air dan tunggu hingga berisi seukuran satu botol air, dilanjut dengan tetesan minyak daun mint. Setelah jadi, gunakanlah ramuan tersebut untuk dikumur selama beberapa hari sampai peradangan amandel membaik.

  1. Berkumur Dengan Air Garam

    sumber : merdeka.com

Salah satu bahan bumbu dapur yaitu garam ternyata dapat membantu mengatasi permasalahan amandel loh. Caranya iala dengan mencampurkan garam dengan air lalu diaduk rata, setelah itu aplikasikan dengan cara berkumur, karena membantu meredakan rasa nyeri di tenggorokan akibat amandel membengkak.

Bahan – bahan diatas merupakan bahan alami yang dipercaya dapat membantu meredakan serta mengatasi nyeri amandel yang terdapat pada tenggorokan. Apabila perawatan di rumah dengan menggunakan bahan – bahan tersebut dapat digunakan secara rutin oleh penderita maka khasiatnya akan sangat terasa secara baik dan amandel pun akan mereda.

Selain ramuan diatas, ada beberapa alternative lain untuk mengonsumsi dengan menggunakan bahan herbal tanpa perlu repot untuk membuat terlebih dahulu, hanya dengan tinggal langsung minum, yaitu Madu Bima 99.

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

Post Author: Filda Fajriati