Kaya Akan Serat, Beras Merah Ini Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan.

sumber foto : hot.liputan6.com

Beras Merah kerap sekali dijadikan pilihan yang tepat untuk memulai mengonsumsi makanan khusus diet. Karena, selain kentang dan oat, beras merah pun dapat dijadikan pengganti karbohidrat pada saat melakukan diet. Beras merah merupakan beras yang hanya mengalami pengelupasan bagian luar saja, dan tidak mengalami proses penggilingan, lapisan ini mengandung vitamin, kalsium, seng, zat besi, mineral, selenium, serat, dan nutrisi penting lainnya. Beras merah memiliki tekstur yang padat dan juga memiliki cita rasa yang cenderung lebih hambar. Meski begitu, beras merah memiliki jutaan manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah kaya akan serat dan antioksidan yang membantu untuk melancaran pencernaan dan menghindari dari berbagai macam penyakit. Selain itu, apa saja manfaat kesehatan lain yang dimiliki beras merah? Diantaranya adalah :

1. Mengontrol diabetes

2. Detoksifikasi racun

3. Mencegah penyakit jantung

4. Memaksimalkan produksi ASI

5. Memelihara sistem pencernaan

6. Menurunkan kolesterol

7. Mencegah kanker

8. Mengobati depresi

9. Meningkatkan kesehatan tulang

10. Meningatkan kualitas tidur

11. Mengurangi risiko kanker usus besar

12. Meningkatkan antioksidan tubuh6. meningkatkan kesehatan sistem saraf

13. Meningkatkan kesehatan sistem saraf

14. Mengurangi risiko obesitas

15. Dapat mencegah penyakit neuro-degeneratif

16. Mengurangi gejala asma pada anak

17. Mengurangi risiko jantung secara signifikan pada wanita pascamenopause

Apa Boleh Nasi Merah Dimakan Setiap Hari?

Makan nasi merah bisa jadi pilihan yang baik untuk memasok beragam vitamin, mineral, dan antioksidan untuk tubuh setiap hari. Anda bisa melengkapi hidangan nasi merah dengan berbagai sumber nutrisi lain seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral dari sayuran hijau, telur, daging atau unggas, dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bumbu dan rempah seperti kunyit, cabai, atau jintan untuk memperkaya rasa nasi merah yang tawar tanpa menambah kalori.
Namun ingat: karena nasi merah mengandung banyak serat, jangan lupa imbangi dengan banyak minum air. Minum air 8 putih gelas per hari untuk membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga Anda tidak akan mengalami sembelit hingga kembung. Anda juga tetap perlu rajin berolahraga agar pencernaan dan tubuh tetap sehat. Pasalnya serat yang berlebih membuat usus menjadi lebih ber-gas sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Alternatif lainnya, Anda bisa mencampur nasi merah dan nasi putih setiap hari untuk jadi menu makan sehat harian.

Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Mengonsumsi Beras Merah

Untuk memulai mengonsumsi beras merah, ada baiknya harus diperhatikan agar lebih aman mengonsumsinya, pada umumnya, beras merah aman untuk dikonsumsi dalam kondisi tubuh apapun asalkan selama dikonsumsi dalam jumlah yang dianjurkan, dan tidak berlebihan. Hal – hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi beras merah adalah :

1. Membaca Label

Jika anda memiliki riwayat alergi terhadap beberapa makanan tertentu, ada baiknya sebelum mengonsumsi beras merah harus memperhatikan label produksi dari beras merah tersebut. Karena, ada beberapa produk beras merah yang mengandung kedelai, gluten dan juga kacang – kacangan. Sehingga, memicu munculnya alergi.

2. Penyimpanan

Jika kelebihan dalam memasak beras merah, ada baiknya untuk menyimpan sisa beras merah tersebut kedalam lemari es, jika hendak memakannya kembali dengan kurun waktu tidak lebih dari 4 -7 hari. Karena, dengan seiring berjalannya waktu, beras merah akan menjadi lembab dan menjadi tempat tumbuhnya jamur serta bakteri.

3. Waspadai Aspergillus Section Flavi

Aspergillus Section Flavi merupakan salah satu yang paling berbahaya diantara bakteri dan jamur yang lain. Jamur ini, dikenal sebagai aflatoksin yang berpotensi menyebabkan kanker jika dikonsumsi. Jamur ini akan tumbuh pada nasi yang dimasak maupun tidak dimasak. Untuk itu, sangat penting untuk mengonsumsinya secepat mungkin untuk mengurangi resiko karena jamur ini.

Tentang Madu Bima 99

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

Post Author: Filda Fajriati