Kenalan Dengan Madu Hitam Yang Banyak Sekali Manfaat Kesehatan.

sumber foto : merdeka.com

Madu hitam merupakan hasil dari konsumsi nektar yang berasal dari buah mahoni. Jenis madu ini memiliki warna yang pekat dan rasa yang pahit jika dibandingkan dengan madu yang lain. Sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa yang berasal dari pohon mahoni yaitu senyawa alkaloid. Dari senyawa alkaloid ini terdapat banyak sekali manfaat yang dirasakan setelah mengonsumsi madu hitam. Selain senyawa alkaloid, madu hitam juga mengandung beberapa zat lainnya yang ternyata baik untuk tubuh Anda, seperti asam fenolat dan flavonoid.
Senyawa asam fenolat sendiri merupakan salah satu kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan dan jenisnya pun sangat beragam. Sejauh ini, berdasarkan struktur kimianya saja setidaknya ada 8.000 jenis asam fenolat. Dalam tubuh manusia, senyawa ini berperan sebagai antioksidan alami yang menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.
Berdasarkan riset penelitian, kebaikan dari senyawa fenolat dari madu hitam ditunjukkan dalam beberapa aktivitas yang menguntungkan, seperti antikanker, antiinflamasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menghambat penyempitan pembuluh darah karena dianggap dapat menghambat penggumpalan trombosit. Efek ini dianggap baik untuk membantu mencegah penyakit jantung koroner.
Zat flavonoid dari madu hitam bagi kesehatan lainnya yaitu terkait antioksidan flavonoid yang terkandung di dalamnya. Penelitian tentang senyawa ini telah banyak dilakukan. Penelitian-penelitian tersebut membuktikan bahwa flavonoid bersifat sebagai antioksidan, melawan radikal bebas dalam tubuh, antikanker, serta mencegah penyakit jantung koroner, diabetes, dan stroke. Senyawa ini juga mungkin berpotensi sebagai obat untuk membantu mengatasi penyakit terkait alergi, seperti eksim atopik, asma, dan rhinitis.
Tak hanya itu, flavonoid dapat melindungi sel-sel saraf dari kerusakan. Antioksidan ini bahkan dapat membantu regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. Flavonoid juga dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak dan kemampuan kognitif tetap terjaga.
Terakhir, flavonoid memiliki efek yang dapat membantu jaringan tubuh memperbaiki diri sendiri setelah mengalami luka akibat radiasi. Namun penelitian terhadap efektivitas flavonoid dalam menyembuhkan efek radiasi baru dilakukan kepada hewan, belum kepada manusia.

Manfaat madu hitam

Pada tahun 2013, terdapat sebuah penelitian yang dimuat dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences tentang penggunaan madu tradisional dan modern untuk kesehatan manusia. Di sana diketahui bahwa madu hitam mengandung antioksidan lebih tinggi daripada madu biasa. Hal ini dikarenakan madu yang mengandung senyawa flavonoid ini mempunyai kandungan fenolik total yang lebih banyak, sehingga efeknya cukup besar terhadap tubuh manusia.

Selain itu, banyak penelitian yang mengatakan bahwa semakin gelap warna sebuah madu, semakin banyak nutrisi dan vitamin yang dimiliki olehnya. Hal ini menjadikan madu hitam memiliki banyak sekali manfaat kesehatan yang diantaranya :

  1. Cocok untuk penyandang diabetes

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, madu hitam mengandung alkaloid yang tinggi dan sifatnya baik untuk penyandang diabetes. Tidak hanya itu, madu hitam memiliki kadar glukosa yang rendah, sehingga kemungkinan besar tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis. Bahkan, menurut sebuah penelitian dari journal pharmaceutical biology tanaman yang mengandung senyawa alkaloid juga menunjukkan aktivitas antihiperglikemik pada uji coba tikus yang memiliki diabetes.

  1. Membantu mengobati maag

Selain cocok untuk para diabetesi, manfaat madu hitam lainnya adalah dapat membantu mengobati maag (sindrom dyspepsia). Madu hitam diketahui dapat membantu mengatasi gejala maag yang cukup mengganggu, seperti perut sakit dan mual. Salah satu penyebab seseorang merasakan gejala maag adalah tukak lambung. Nah, madu sendiri memiliki sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga membantu mengurangi gejala tukak lambung akibat infeksi Helicobacter pylori.

  1. Menyehatkan kulit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu dapat membantu proses penyembuhan luka di kulit, sehingga bisa juga digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat. Selain itu, madu hitam juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Hal tersebut karena madu hitam dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah karena sifat eksfoliasinya. Cobalah untuk mengoleskan madu hitam pada wajah Anda maksimal dua kali seminggu. Jangan lupa pula untuk memakai minyak zaitun untuk menjaga kelembapan pada wajah setelah diolesi madu hitam. Namun, Anda perlu ingat bahwa metode ini bekerja sesuai dengan sensitivitas kulit masing-masing orang.

  1. Membantu meredakan batuk

Bagi Anda yang sedang batuk dan ingin mencoba cara alami, mungkin Anda bisa menggunakan madu hitam sebagai solusinya. Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Child Pediatric Health terhadap anak yang menderita bronkitis menemukan bahwa sifat dasar madu secara umum dapat mengurangi gejala batuk. Metode ini pun cukup efektif pada orang-orang yang belum melakukan pengobatan apa pun untuk meredakan batuk mereka.  Mengonsumsi madu apa pun, termasuk madu hitam memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Akan tetapi, jika Anda ragu bahwa jenis madu ini sesuai dengan kondisi Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memakai madu hitam.

Bagaimana tertarik untuk mengonsumsi madu hitam sebagai suplemen kesehatan? Dilihat dari ulasan diatas, anda tentu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk tubuh anda, mengingat madu hitam sangat banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan. Salah satu produk madu hitam yang organik dan terpercaya untuk dikonsumsi adalam Madu Bima 99.

Tentang Madu Bima 99

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

Post Author: Filda Fajriati