7 Rekomendasi Merek Obat Demam Anak yang Dijual di Apotek

Madu Hitam Pahit – Anak dapat dikatakan demam ketika suhu tubuhnya menyentuh angka 37 derajat celcius ke atas.

Saat itulah Mama harus memberikan tindakan cepat agar panas tubuh anak tidak semakin tinggi dan membuatnya justru makin merasa tidak nyaman.

Selain mengompres si Kecil dengan air hangat, Mama juga dapat mengatasinya dengan pemberian obat demam anak yang dijual bebas di apotek. 

Lantas, apa saja merek obat demam pada anak yang aman dan ampuh menyembuhkan?

Berikut madubima.com telah merangkum 7 daftar lengkapnya.

1. Tempra Paracetamol

obat demam anak
obat demam anak madu bima

Tempra Paracetamol Syrup mengandung paracetamol yang bekerja sebagai antipiretika pada pusat pengaturan suhu di otak dan analgetika dengan meningkatkan ambang rasa sakit.

Tempra Paracetamol Syrup juga diklaim dapat meredakan demam, rasa sakit dan nyeri ringan, sakit  kepala dan sakit gigi, demam setelah imunisasi atau atas petunjuk dokter.

Obat penurun demam yang satu ini dikhususkan untuk anak usia 1-6 tahun. Gunakan Tempra Paracetamol sesuai anjuran dokter, bila perlu satu dosis setiap 4 jam, namun tidak lebih dari 5 kali sehari.

Sedangkan untuk dosis obat demam anak, anak usia 2-3 tahun hanyalah 5 ml, usia 4-5 tahun sebanyak 7.5 ml, dan anak usia 6-8 tahun adalah 10 ml.

Paracetamol dalam dosis berlebih dapat menimbulkan keracunan hati pada beberapa penderita. Bila hal ini terjadi, segera hubungi rumah sakit terdekat.

Peringatan lain, bila masih demam lebih dari 2 hari (48 jam) atau bila masih merasa sakit (nyeri) lebih dari 5 hari, hubungilah dokter anak. 

Untuk harganya sendiri, Mama bisa mendapatkannya hanya dengan Rp 50.000 untuk 60ml.

2. Panadol Paracetamol

2. Panadol Paracetamol
obat demam anak

Panadol Paracetamol merupakan obat dengan kandungan Paracetamol. Obat ini digunakan untuk meredakan demam, nyeri, sakit kepala dan sakit gigi secara efektif bagi anak usia 1-6 tahun.

Untuk dosisnya sendiri, anak usia 2-3 tahun cukup diberikan 1 sendok takar 5 ml, dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Panadol Paracetamol dapat diberikan langsung atau campurkan dengan air atau sari buah. Namun, jangan berikan lebih dari 5 kali dalam 24 jam, minimum jarak penggunaannya adalah 4 jam.

Penderita dengan gangguan fungsi hati hipersensitif terhadap komponen obat. Untuk 30 ml Panadol Paracetamol dibanderol dengan harga Rp 50.000 saja.

3. Proris Suspensi Ibuprofen

3. Proris Suspensi Ibuprofen
obat demam anak

Proris Suspensi Ibuprofen merupakan obat penurun demam, pereda nyeri dan sekaligus sebagai anti inflamasi untuk anak.

Kandungan Ibuprofen sebagai obat demam anak dalam Proris Suspensi bekerja lebih cepat dalam menurunkan demam dibanding paracetamol dan asetosal (dapat menurunkan demam setelah +30 menit pemberian), mempunyai durasi kerja lebih lama dalam menahan demam (menahan turunnya demam antara 6 sampai 8 jam), tidak memperberat kerja hati, serta tersedia dalam rasa jeruk dan stroberi yang disukai anak.

Dosis yang direkomendasikan untuk anak usia 1 – 2 tahun adalah sehari 3-4 kali 50 mg, sedangkan untuk anak usia 3-7 tahun adalah sehari 3- 4 kali 100 mg.

Untuk setiap 60 ml Profis Suspensi Ibuprofen, Mama bisa membelinya dengan harga Rp 35.000-40.000 saja.

4. Termorex Paracetamol

4. Termorex Paracetamol

Termorex Paracetamol adalah sirup obat turun panas tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak-anak.

Termorex Paracetamol efektif membantu meredakan panas dan demam pada bayi dan anak-anak seperti setelah imunisasi, sakit kepala dan sakit gigi.

Aturan pakai untuk anak usia 1-2 tahun adalah 1 sendok takar, sedangkan untuk anak usia 2-6 tahun adalah 1-1 1/2 sendok takar. Harga yang dibanderol untuk 60 ml Termorex Paracetamol adalah Rp 15.000-20.000 saja.

5. Praxion Syrup

5. Praxion Syrup

Praxion Syrup merupakan obat yang mengandung paracetamol yang berfungsi sebagai analgesik dan antipiretik. Obat ini digunakan untuk menurunkan demam, serta meringankan rasa sakit kepala dan gigi.

Dosis obat demam anak yang dianjurkan untuk anak usia 1- 2 tahun adalah 3-4 kali sehari 1 sendok takar (5 ml), sedangkan untuk anak usia 2-6 tahun adalah 3-4 kali sehari 1-2 sendok takar (5-10 ml).

Praxion Syrup sebaiknya dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Untuk harganya sendiri adalah Rp 30.000 untuk 250 mg.

6. Pamol Syrup

6. Pamol Syrup
obat demam anak

Pamol Syrup merupakan obat demam anak yang di gunakan sebagai penurun demam dan pereda nyeri seperti sakit kepala , sakit gigi dan nyeri ringan.

Obat ini mengandung paracetamol yang memiliki fungsi sebagai antipiretik dan analgesik. Dosis penggunaan untuk anak usia 1-5 tahun adalah 1-2 sendok takar 5 ml, diminum sebelum atau sesudah makan.

Hentikan penggunaan bila terjadi reaksi alergi. Hati-hati pada pasien yang mempunyai penyakit asma, gangguan fungsi hati dan ginjal. Pamol Syrup dibanderol dengan harga Rp 30.000-35.000 untuk 60 ml.

7. Sanmol Paracetamol

7. Sanmol Paracetamol

Sanmol Paracetamol Syrup merupakan obat dengan kandungan paracetamol. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, dan demam.

Dosis obat untuk anak 2-5 tahun adalah 5 ml sampai 10 ml, 3 sampai 4 kali per hari. Sedangkan bayi usia 1-2 tahun adalah 2.5 ml sampai 5 ml, 3 sampai 4 kali per hari. Harga Sanmol Paracetamol sendiri hanyalah Rp 30.000 untuk 60 ml.

Nah, itulah ketujuh daftar merek obat demam anak 1 tahun yang aman, ampuh, dan juga dijual bebas di apotek.

Semoga bermanfaat!

Post Author: Bella Nugraha