Lidah Buaya, Tanaman Hias Yang Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

sumber foto : lifestyle.kompas.com

Lidah Buaya sudah dikenal sebagai tanaman herbal yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan baik pada keluhan kesehatan badan maupun kulit. Tanaman ini berasal dari daerah Mediterania, namun hingga kini lidah buaya sudah banyak dikembangbiakkan di beberapa negara yang diantaranya Asia, Eropa, dan Amerika Selatan.Kandungan tanaman lidah buaya yang terdapat pada lidah buaya terdiri dari protein, lemak, karbohidrat, kalsium,yang dapat menyegarkan, membersihkan, hingga menyembuhkan peradangan pada kulit ini menjadikan lidah buaya ini banyak sekali dijadikan bahan utama produk perawatan kesehatan dan juga kecantikan. Di Indonesia sendiri, lidah buaya biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai penyubur rambut dan merawat kulit.Hal ini dikarenakan, lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh di antaranya vitamin A, vitamin C, vitamin, E, vitamin B1, Kalsium, Magnesium, Zinc, dan Fosfor. Serta lidah buaya pun mengandung banyak senyawa yang bermanfaat untuk tubuh seperti Glukosa, Manosa, Hamosa, dan Selulosa.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan 

Manfaat lidah buaya dalam dunia kesehatan ialah terletak di bagian lidah buaya yang banyak sekali dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat herbal adalah daunnya. Perlu diketahui, bahwa di dalam daun lidah buaya terdapat daging dan getah gel yang bersifat antiseptik, antipuritik, anestetik, antijamur, antiinflamasi, dan afrosidiak.

  1. Menyembuhkan luka bakar 

Lidah buaya memiliki manfaat sebagai penyembuh luka bakar yang sangat efektif. Getah gel lidah buaya bersifat antiseptik dan dingin. Selain itu, lidah buaya merangsang untuk pembentukan jaringan sel kulit baru.

  1. Menyembuhkan Sembelit 

Untuk mengatasi keluhan pencernaan yang sembeli, bisa dilakukan dengan mengonsumsi lidah buaya. lidah buaya mengandung zat polisakarida yang bisa mengatasi masalah pencernaan. Kandunga polisakarida dalam lidah buaya sangat membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan lebih sempurna sehingga gizi makanan tersebut bisa terserap secara maksimal.

  1. Meredakan Batuk 

Lidah buaya juga sangat efektif untuk dijadikan sebagai obat batuk herbal. Sebab, antioksidan dan antibakteri yang terkandung dalam lidah buaya mampu membuang lendir dan menenangkan tenggorokan.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Dikutip dari Jurnal berjudul Pengaruh Jus Lidah Buaya Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi karya Shella Ramadhani, bahwa lidah buaya memiliki kandungan senyawa aktif flavonoid, ariginiin, dan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. senyawa aktif yang terdapat dalam lidah buaya juga bisa untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Sebagai obat herbal darah tinggi, lidah buaya bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus.

  1. Diabetes 

Lidah buaya juga dapat mengendalikan kadar gula darah yang ada pada dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan lidah buaya mampu melindungi dan memperbaiki sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.

  1. Meredakan asam lambung 

Getah gel dari lidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan asam perut bila dikonsumsi dengan jumlah takaran yang tepat.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

  1. Melembapkan Kulit Wajah

Jika anda secara rutin mengoleskan daging lidah buaya pada wajah, ternyata bisa membantu menjaga kulit wajah tetap lembab. Hal ini sangatlah penting karena permasalahan kulit wajah biasanya terdapat pada kulit wajah yang kering. Masalah yang ditimbulkan biasanya yaitu kulit terkelupas, kulit wajah bersisik, sampai dan tumbuhnya jerawat. Maka dari itu, lidah buaya sangat baik untuk kelembabab kulit. Selain itu, mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat meningkatkan elastisitas kulit.

  1. Mencerahkan Wajah

Lidah buaya dapat membuat kulit wajah cerah, lidah buaya juga dapat dijadikan masker wajah, anda bisa peroleh dengan cara menjadikan daging lidah buaya sebagai masker harian. Enzim yang terkandung pada lidah buaya dapat mencerahkan kulit, membuatnya tidak kusam, dan melembutkan kulit yang kasar.

  1. Mengurangi Peradangan Jerawat

Mengoleskan daging lidah buaya bisa membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Kandungan zat antimikroba dan antibakteri yang terdapat dalam tumbuhan lidah buaya berperan dalam mencegah, bahkan mengobati jerawat pada wajah. Gel lidah buaya juga mengandung saponin dan astringent yang berfungsi sebagai antibakteri yang menyerap lemak berlebih di wajah.

  1. Menghilangkan Bintik Hitam pada Wajah

Mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan flek. Bagi sebagian orang, munculnya tanda ini mungkin akan sedikit mengganggu dan merusak penampilan. Namun, mengoleskan lidah buaya secara teratur ternyata bisa membantu mengurangi masalah ini.  Cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya secara teratur, setidaknya dua kali dalam satu hari.

  1. Anti Penuaan Dini

Usia tua tidak ada yang bisa menampik, tetapi penampilan bisa djaga dengan perawatan maksimal dan natural. Menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah juga dapat menunda penuaan yang datang sebelum waktunya.Untuk menghindari hal ini terjadi, cobalah untuk rutin mengoleskan gel dari daging lidah buaya ke kulit wajah. Tentu saja, kamu tidak bisa hanya mengandalkan lidah buaya, perlu juga mengatur pola makan, dan hidup sehat supaya tercapailah keseimbangan.

Post Author: Filda Fajriati