Manfaat Kesehatan Yang Baik Untuk Tubuh Dari Jambu Biji

sumber foto : alodokter.com

Buah yang berasal dari negara Amerika tengah ini memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Ya, ia adalah Jambu Biji yang kini telah dibudidaya juga di Indonesia. Buah ini biasa tumbuh di negara – negara yang beriklim tropis dan sub-tropis. Jambu Biji memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, Kalium, serta antioksidan. Antioksidan dapat membantu untuk mengurangi efek berbahaya yang berkaitan dengan oksidasi. Selain buahnya, daun dari pohon jambu biji juga memiliki kandungan sifat kimia yang juga sangat baik manfaatnya untuk kesehatan. Apa saja manfaat jambu biji untuk kesehatan? Berikut simak ulasannya dibawah ini :

1. Kesehatan Untuk Kulit

Terdapat dua kali lipat Vitamin C yang dikandung dari Jambu Biji dibandingkan Jeruk. Karena diperkaya vitamin C, maka tinggi sekali antioksidan yang terdapat pada jambu, hal ini sangat bagus untuk menyehatkan kulit. Karena, vitamin dan mineral dipercaya bisa membantu meningkatkan kekebalan kulit dan juga membuat kulit sehat dan bercahaya. Selain itu, vitamin C dapat memperbaiki dari kerusakan akibat radikal bebas dan juga mencegah penuaan dini dan meningkatkan elastisitas pada kulit.

2. Kesehatan untuk jantung

Jambu biji membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung karena buah ini mengandung serat dan antioksidan serta vitamin yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, jambu biji juga memiliki kandungan serat dan potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Dan daun jambu biji juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Membantu stabilkan gula darah

Konsumsi jambu biji dan ekstrak dalam jumlah sedang dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Menurut beberapa penelitian, konsumsi jambu biji dan daunnya membantu dalam mengatur kadar insulin dan mengatur gula darah.

4. Membantu meredakan nyeri haid

Vitamin pada ekstrak daun jambu biji membantu mengurangi rasa sakit akibat kram saat menstruasi. Menurut penelitian, ditemukan bahwa daun jambu biji membantu menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan pengukuran suhu, kram rahim dan berfungsi sebagian obat penghilang rasa sakit.

5. Melancarkan pencernaan

Jambu biji disukai karena rasa dan teksturnya yang enak dan unik. Di dalam jambu biji juga mengandung serat larut yang baik untuk pencernaan. Jambu biji dapat membantu memenuhi 12 persen asupan serat tubuh. Daun jambu biji memiliki khasiat antimikroba yang membantu menyembuhkan masalah perut seperti diare dan sembelit.

6. Membantu turunkan berat badan

Vitamin dalam jambu biji serta mineral dan serat sangat baik untuk tubuh. Jambu biji memiliki sekitar 37 kalori yang menjadikannya makanan rendah kalori yang sempurna tanpa merasa bersalah. Konsumsi jambu biji setiap hari bisa membantu dalam mengelola berat badan.

7. Meningkatkan sistem imun

Vitamin C dalam jambu biji ada dua kali lipat dari buah yang lain. Hal ini membuat jambu biji menjadi makanan yang bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga mengurangi risiko infeksi dan penyakit.

8. Menyehatkan mata
Buah berwarna cerah seperti jambu biji merah, mangga, papaya, dan semangka, merupakan sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, vitamin A ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membuat kulit tetap sehat. Dengan kandungan vitamin A di dalamnya, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat jambu biji bagi kesehatan.

9. Mencegah demam berdarah
Menurut penelitian, ekstrak daun jambu biji diduga dapat menghambat pertumbuhan virus dengue. Daun jambu biji yang direbus pun diyakini dapat menurunkan risiko perdarahan pada penderita DBD, dan mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue. Akan tetapi, efek terapi ini masih sebatas pengobatan herbal, dan belum banyak penelitian klinis untuk memastikan manfaat jambu biji sebagai obat demam berdarah.

Post Author: Filda Fajriati