Manfaat Madu untuk Rambut tebal sehat berkilau dan Cara Perawatan Lengkap!

sumber : jawapos.com

Madu Bima 99 – Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita, bahkan sebagian wanita melakukan perawatan apapun untuk membuat mahkotanya tetap sehat agar penampilan semakin cantik dengan rambut yang sehat dan indah. Diantaranya adalah perawatan rambut dengan menggunakan madu. Ya, manfaat madu tidak hanya untuk mencegah penyakit dari dalam tubuh saja, namun sangat bermanfaat juga untuk rambut.

Tidak hanya untuk memperindah rambut, ternyata dengan menggunakan madu ini banyak manfaatnya dan layak untuk dicoba sebagai perawatan rambutmu, apa saja manfaat madu untuk rambut? Dan bagaimana cara perawatannya yang tepat? Yuk simak rangkumannya dibawah ini.

 

Kegunaan dan Manfaat Madu untuk Rambut

sumber : merdeka.com

Dilansir pada situs sehatq.com dan allthingshair.com madu sebagai perawatan rambut memiliki beberapa potensi manfaat dan kegunaan yang telah banyak digunakan. Namun, hal ini perlu dilakukan riset lebih lanjut. Berikut beberapa potensi madu sebagai penggunaan rambut dapat digunakan seperti :

  1. Merangsang pertumbuhan rambut

Madu memiliki sifat dapat menstimulasikan pertumbuhan sel epitel kulit, hal itu telah disebutkan dalam sebuah tinjauan Jundishapur Journal of NaturalvPharmaceutical Products. Maka dari itu, madu dipercaya memiliki kemampuan dimana madu ini dapat merangsang dan membantu pertumbuhan rambut.

  1. Sebagai kondisioner rambut

Pada dasarnya, fungsi dari kondisioner merupakan produk yang mampu membantu mempertahankan kelembaban pada rambut. Kondisioner biasanya banyak sekali kandungan mineral dan juga vitamin yang sangat penting untuk kebutuhan rambut. Madu dapat dijadikan kondisioner karena madu mengandung asam amino vitamin dan juga mineral, maka madu sangat diyakini dapat dijadikan kondisioner karena memiliki kandungan yang sama untuk kebutuhan rambut.

  1. Penguat akar dan batang Rambut

Karena rambut memiliki komponen keratin, maka protein sangat berperan penting untuk menjaga kekuatan dan juga struktur pada rambut. Untuk mencegah rambut rapuh, telah banyak dilakukan perawatan rambut yang berdasarkan protein untuk menguatkan rambut agar tetap kuat dan tidak cepat rapuh.

  1. Dapat mengatasi rambut rontok.

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa madu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tidak hanya sebagai kondisioner rambut, kandungan tersebut dapat pula mengatasi rambut rontok, sehingga rambut jadi mudah tumbuh tanpa khawatir terjadi patah pada batang tengah rambut.

  1. Membantu mengatasi penuaan dini pada rambut dan peradangan pada Kulit kepala.

Akibat dari penggunaan heat tools, dan juga styling product menjadikan rambut bisa mengalami premature aging. Premature aging merupakan kondisi dimana rambut mengalami penuaan dini yang mengakibatkan struktur rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Selain itu, kulit kepala juga terkadang dapat meradang pada kemudian hari, yang dapat memicu eskim dan psoriasis. Maka, madu sangat cocok untuk mengatasi hal tersebut karena madu memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang sangat dipercaya membantu mengatasinya.

  1. Memberikan efek berkilau pada rambut

Peran madu pada rambut yang lain adalah sebagai humektan dan juga emilien yang diyakini dapat menjadikan sebagai pelembab yang bernutrisi untuk rambut. Karena, emolien madu memiliki sifat yang membantu melembutkan folikel pada rambut, hal itu yag menjadikan rambut terlihat semakin berkilau. Dan juga humektan dapat mencegah rambut menjadi kering dan kusam, karena humektan memiliki kemampuan untuk mengikat molekul air pada rambut.

  1. Menjaga kesehatan kulit kepala

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu kunci untuk menjaga rambut agar tetap sehat adalah dengan menjaga kulit kepala agar tetap sehat. Beberapa faktor eksternal yang membuat kulit kepala kita menjadi kotor diantaranya adalah karena banyaknya minyak, residu ataupun sampah dari produk rambut. Tidak usah khawatir, karena madu dapat juga digunakan sebagai pembersih kepala, kulit kepala pun bisa dirawat menggunakan madu, jadi madu tidak hanya untuk rambut.


Apakah menggunakan madu sebagai perawatan Rambut memiliki efek samping?

sumber : klikdokter.com

Sebagian orang mungkin merasakan reaksi alergi terhadap penggunaan masker madu dan minyak zaitun ini karena, setiap orang yang berbeda tergantung dari kondisi kulit. Namun, jika tidak memiliki alergi maka resiko dan juga efek samping dari penggunaan masker rambut dari campuran madu dan minyak zaitun ini akan menjadi lebih kecil.

Agar hasil penggunaan masker madu ini lebih optimal, pastikan produk madu dan juga bahan lain yang digunakan adalah bahan yang asli dan organik, karena biasanya madu organik memiliki kandungan molekul antioksidan yang sangat tinggi. Akan tetapi jika madu organik sulit ditemukan, menggunakan madu non-organik pun sama baiknya dalam memberikan manfaat pada rambut.

Do It Your self Cara Perawatan Rambut dengan Madu

sumber : merdeka.com

Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan rambut dengan perawatan menggunakan madu untuk kulit kepala dan juga rambut, oh iya, agar madu lebih bekerja maksimal, madu juga dapat digabungkan dengan bahan – bahan lain yang mempuyai kegunaan dan manfaat yang sama untuk rambut.

  1. Sebagai Pre-Wash untuk mengatasi dan mencegah Rambut Kusut.

Agar rambut tidak terlalu kering, maka madu dapat dijadikan sebagai pre-wash ataupun masker rambut sebelum memulai keramas, dengan tujuan agar pada saat memulai keramas rambut tidak menjadi kusut.
Cara membuat masker madu ini sangat mudah banget loh, yaitu dengan mencampurkan raw honey dan juga extra virgin coconut oil, takaran madu yang digunakan untuk membuat masker ini harus lebih banyak dibandingkan dengan minyak kelapa. Setelah dicampurkan, lalu cara mengaplikasikan masker tersebut pada rambut yang lembab dimulai dari ujung rambut bawah lalu naik sampai ke area kulit kepala, dan biarkan selama 20 menit sebelum membilas dengan menggunakan shampoo. Setelah dibilas jangan lupa untuk menggunakan kondisioner.

  1. Madu untuk mengatasi kulit kepala Kering dan Gatal.

Jika kulit kepala dan rambut terasa kering dan gatal, maka campuran pisang dan madu dapat dijadikan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Karena, kandungan vitamin yang terdapat pada pisang dan madu dapat memberikan ketenangan pada kulit kepala. Cara menggunakannya sangat mudah sekali yaitu dengan mencampurkan madu, pisang, dan Extra Virgin Olive Oil pada mangkuk, campurkan hingga bahan tersebut tercampur dan berbentuk puree. Oh iya, untuk kalian yang memiliki rambut lebih tebal bisa tambahkan minyak zaitun lebih banyak. Setelah itu, untuk pengaplikasiannya yang pertama basahkan rambut terlebih dahulu dari kulit kepala sampai ke batang rambut, lalu pijat pelan pada area kulit kepala, dan diamkan selama 10 menit. Lalu setelahnya bilas dengan menggunakan shampoo dan kondisioner yang biasa digunakan.

Banyak sekali langkah untuk merawat Rambut agar lebih sehat dan juga indah, namun jika Anda menyukai cara yang alami bisa menggunakan Madu sebagai opsi merawat rambut. Karena madu memiliki beragam manfaat dalam berbagai hal, dimulai dari melembabkan hingga menjaga rambut agar tetap kuat. Tertarik untuk mencobanya? Tapi yang harus selalu di ingat, perawatan rambut alami ini harus selalu digunakan secara rutin, agar bahan – bahan alami yang terkandung akan menutrisi rambut secara maksimal jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Post Author: Filda Fajriati