Manfaat Puasa Senin – Kamis Untuk Kesuksesan Dunia Akhirat

sumber foto : tirto.id

Puasa merupakan salah satu kegiatan ibadah yang biasanya dijalankan oleh umat beragama, terutama umat muslim. Puasa adalah menahan segala sesuatu yang berasal dari hawa nafsu yang bisa membatalkan puasa contohnya ialah makan, minum, emosi negatif, dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dalam agama Islam, Puasa terdiri dari beberapa jenis yaitu puasa wajib Ramadhan dan juga beberapa puasa sunnah (tidak diwajibkan namun akan menjadi amal baik bila dikerjakan.). puasa sunnah sendiri bisa dikerjakan di beberapa waktu kecuali pada hari tasyrik (hari yang diharamkan untuk berpuasa), puasa sunnah yang bisa dijalankan diantaranya : Puasa Senin – Kamis, Puasa Daud, ataupun puasa yang dapat dijalankan di bulan – bulan tertentu.

Dari beberapa jenis puasa sunnah yang telah disebutkan, ada salah satu puasa sunnah yang paling popular dan paling banyak diamalkan oleh umat islam yaitu Puasa Senin – Kamis. Puasa senin – kamis cara mengerjakannya sama seperti puasa wajib di bulan Ramadhan hanya saja dilakukan pada hari senin dan kamis saja. Selain itu keutamaan dari puasa ini ialah Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasalam sudah menjamin jika umatnya mengistiqomahkan untuk puasa senin – kamis maka akan masuk Surga.

Beberapa manfaat dari puasa senin – kamis yang dilansir dari Youtube Info Kesehatan Terbaru adalah sebagai berikut :

  1. Dapat Mendapatkan Ketenangan Haqiqi

    sumber foto : news.detik.com

Manfaat puasa senin – kamis yang pertama adalah dapat mendatangkan ketentraman dan ketenangan pada hati, jiwa, dan fikiran secara haqiqi. Berdasarkan penjelasan dari Imam Barakat Abdullah bahwa puasa itu memilki dua sisi yaitu bentuk dan ruh. Dalam bentuk puasa yaitu menahan hawa nafsu, sementara ruh dari puasa yaitu menahan diri untuk tidak melakukan perbuatan yang tercela, buruk hingga mendapat dosa baik sekecil apapun, manghindari sesuatu yang haram dan memperbanyak amal sholeh.

  1. Membuat Tubuh Menjadi Awet Muda

    sumber foto : beta.genmuda.com

Merujuk pada penelitian yang telah dilakukan oleh dr. Yuri Nikolayev. dr. Yuri Nikolayev merupakan seorang dokter dari Rusia, beliau menyatakan bahwa dengan berpuasa dapat membuat seseorang terlihat awet muda baik secara fisik, mental maupun spiritual dengan cara yang alami.

  1. Dapat Meningkatkan Kecerdasan

    sumber foto : youngontop.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa dengan berpuasa dapat menenangkan hati, pikiran dan jiwa. Karena berpuasa merupakan salah satu yang tergolong kedalam ibadah tazkiyatun nafs yang bisa diartikan sebagai ibadah menyucikan jiwa. Bisa dikatakan jika seseorang yang memiliki fikiran terutama hati yang jernih, maka ilmu akan dengan mudah masuk kedalam fikiran.

  1. Menghindarkan Dari Siksa Api Neraka

    sumber foto : news.detik.com

Apabila seseorang yang membiasakan berpuasa senin – kamis maka ia akan mampu mengontrol hawa nafsunya. Sehingga, ia akan mencegah dirinya untuk berbuat dosa. Itulah yang menghantarkan seseorang menuju surge dan terhindar dari siksa api neraka. Seperti yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Baihaqi dalam hadist yaitu “Puasa adalah benteng yang membentangi seseorang dari api neraka yang membara.”

Memang dalam Al – Qur’an tidak diterangkan atau tidak tertulis untuk melaksanakan puasa sunnah senin – kamis secara rutin. Namun, salah satu jenis puasa sunnah ini telah dipilih langsung oleh Rasulullah untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah. Maka tidak heran jika puasa senin – kamis ini memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa apabila dikerjakan. Karena, selain menjalankan ibadah kepada Allah, juga meneladani sikap Rasulullah dan juga menjalankan sunnahnya.

Terdapat juga fadhillah dari puasa sunnah senin kamis yang sangat banyak, baik itu yang dapat dirasakan mauun yang tidak dirasakan, dan salah satu contohnya yaitu memudahkan jalan untuk menggapai kesuksesan.

Nah setelah di simak ulasan mengenai manfaat berpuasa sunnah senin – kamis. Maka sudah sebaiknya kita istiqomahkan untuk mengikuti salah satu sunnah yang kaya akan manfaat ini. Oh iya agar selalu sehat dan kuat selama berpuasa sunnah senin – kamis, ada baiknya kita konsumsi Madu Bima 99 sebagai penguat imun kita selama berpuasa.

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

Post Author: Filda Fajriati