Mengenal Diabetes Mellitus

mengenal diabetes nellitus
mengenal diabetes nellitus

Mengenal Diabetes Mellitus

Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, namun ada banyak masalah kesehatan yang dapat dialami seseorang seperti diabetes mellitus yang dapat mengakibatkan seseorang tidak dapat menjalani kehidupan dengan normal. Diabetes sering pula disebut dengan penyakit kencing manis; nama tersebut berasal dari fakta bahwa air kencing atau urine seseorang yang menderita diabetes memiliki kandungan gula yang tinggi. Diabetes Mellitus disebabkan karena kelainan metabolik yang menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat karena gangguan dari produksi dan aktivitas hormon insulin serta gangguan pada transporter glukosa yang membuat keseimbangan kadar gula dalam darah terganggu dan menimbulkan hiperglikema.

Gangguan metabolisme asupan gula, karbohidrat, lemak dan juga protein yang memicu naiknya kadar gula dalam darah biasanya terjadi karena hormon insulin yang tidak bekerja secara semestinya atau memiliki jumlah yang sedikit sehingga bisa menimbulkan gejala Diabetes Mellitus. Insulin diproduksi oleh pankreas; hormon ini bertugas untuk mengatur sel – sel tubuh untuk mengambil glukosa yang terkandung di dalam darah untuk digunakan sebagai sumber energi atau disimpan dalam sel dalam bentuk glikogen. Ketika kadar gula dalam darah menurun; glikogen inilah yang nantinya akan dipecah guna mendapatkan keseimbangan kadar gula dalam darah serta mendapatkan energi. Penderita diabetes mellitus tidak mampu untuk mengelola glukosa dalam darah sehingga kadar gula dalam darah meningkat dan kelebihan gula tersebut kemudian akan dibuang melalui air kencing sehingga urin penderita diabetes akan mengandung gula.

Ada beberapa gejala yang biasanya dialami diabetes mellitus akibat dari gangguan metabolisme glukosa yang dialami. Salah satu gejala yang paling sering terdeteksi adalah kenaikan frekuensi buang air kecil terutama di malam hari. Rasa haus dan lapar yang melebihi normal juga seringkali dialami akibat keseimbangan glukosa dalam darah yang terganggu. Beberapa penderita diabetes mengalami penurunan berat badan yang ekstrim tanpa sebab – sebab yang jelas seperti penurunan nafsu makan atau berkurangnya konsumsi makanan. Pandangan kabur, kesemutan, bisul hingga luka di kulit yang sulit sembuh juga seringkali dialami oleh penderita diabetes.

Kelainan metabolik berupa diabetes mellitus dapat memicu komplikasi yang serius jika tidak dirawat dengan baik. Komplikasi yang mungkin terjadi meliputi kerusakan syaraf, gangguan jantung dan gangguan ginjal serta otak. Masalah kesehatan lain seperti gigi yang mdah lepas, luka membusuk hingga impotensi pada pria juga lazim dialami penderita diabetes. Dibutuhkan perawatan yang konsisten berupa konsumsi obat – obatan untuk menjaga stabilitas dan kadar gula yang normal di dalam darah. Mengelola asupan nutrisi dengan memilih menu makanan yang sehat dan tidak memicu kenaikan kadar gula dalam darah serta menambah kegiatan fisik seperti berolahraga ringan secara teratur guna menjaga kondisi fisik dan metabolisme yang sehat.

 

Post Author: Bella Nugraha