Mengulas Manfaat Kolagen untuk Kulit Juga Kesehatan

Madu Bima 99 – Dalam menjaga elastisitas kulit, beberapa orang mungkin memberikan pilihannya pada suplemen kolagen. Mengulas Manfaat Kolagen sendiri merupakan jenis protein terbesar yang membentuk tubuh. Tak hanya kulit saja, namun juga sendi, tulang, dan otot.

Selain bersandar pada Mengulas Manfaat Kolagen alami, beberapa orang mengonsumsi suplemen kolagen untuk menjaga kesehatan tubuhnya, terutama dalam kecantikan. Apa saja manfaat suplemen kolagen? Adakah efek sampingnya?

Suplemen kolagen, perlu atau tidak?

Kolagen merupakan protein utama dalam tubuh. Setidaknya, terdapat 28 jenis kolagen. Yang paling populer adalah tipe 1, 2, dan 3. Kolagen tipe 1 dan 3 utamanya ditemukan pada kulit dan tulang. Sementara itu, kolagen tipe 2 ditemukan pada sendi.

Tubuh sebenarnya menghasilkan kolagen secara alami, dengan menggunakan asam amino dari protein yang kita konsumsi. Beberapa orang mungkin tidak terlalu membutuhkan suplemen kolagen. Namun, banyak studi menemukan, suplemen kolagen dapat meningkatkan produksinya dan menawarkan beragam manfaat.

Suplemen kolagen dibuat dari bagian tubuh hewan, seperti ikan, babi, dan sapi. Komposisi suplemen kolagen bervariasi, namun umumnya berupa tipe 1, 2, dan 3.

Suplemen kolagen juga tersedia dalam tiga bentuk, yaitu kolagen terhidrolisis (kolagen hidrolisat atau kolagen peptida), gelatin, dan raw. Beberapa studi menemukan bahwa kolagen terhidrolisis merupakan bentuk yang paling efisien diserap tubuh.

Manfaat suplemen kolagen untuk kesehatan tubuh

Ada beberapa potensi Mengulas Manfaat Kolagen untuk kulit dan kesehatan, misalnya:

1. Memelihara kesehatan kulit

Kolagen merupakan komponen utama yang membentuk kulit. Kolagen di tubuh membantu menguatkan kulit, meningkatkan elastisitas, serta menjaga hidrasi kulit.

Kulit elastis karena suplemen kolagen
Manfaat suplemen kolagen dikaitkan dengan kulit elastis

Beberapa kajian, seperti sebuah riset yang tercantum dalam jurnal Skin Pharmacology and Physiology menemukan bahwa Mengulas Manfaat Kolagen dapat memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi kerutan dan kekeringan pada kulit.

Mengonsumsi suplemen kolagen berpotensi untuk meningkatkan produksi jenis protein lain, seperti elastin dan fibrillin, yang membantu memberi struktur kulit.

2. Membantu meringankan nyeri sendi

Kolagen berperan dalam kesatuan tulang rawan yang melindungi sendi. Karena kadar kolagen menurun seiring pertambahan usia, risiko masalah sendi pun bisa meningkat, seperti osteoarthritis. Beberapa studi telah menemukan, suplemen kolagen berpotensi untuk meredakan osteoarthritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

3. Meningkatkan massa otot

Sekitar 1-10% jaringan otot juga tersusun atas kolagen. Dengan begitu, kolagen sangat penting untuk menjaga kekuatan otot agar bisa berfungsi dengan baik. Studi lanjutan mengenai hubungan suplemen kolagen dengan massa otot masih diperlukan.

Namun, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal The British Journal of Nutrition mengungkapkan, suplemen kolagen peptida membantu meningkatkan massa otot pada penderita sarkopenia (kondisi turunnya massa otot karena pertambahan umur).

4. Mencegah pengeroposan tulang

Seperti kulit, sebagian besar tulang juga tersusun dari kolagen. Kolagen memberi struktur pada tulang dan membantunya tetap kuat. Tulang bisa mengeropos atau kehilangan kepadatannya seiring pertambahan usia, yang bisa berisiko mengarah ke masalah yang disebut osteoporosis.

Berbagai kajian ilmiah menemukan Mengulas Manfaat Kolagen dapat berefek positif untuk menghambat pengeroposan tulang. Misalnya, sebuah studi yang melibatkan 66 partisipan perempuan menemukan, partisipan yang mengonsumsi 6 gram kolagen per hari selama 12 bulan mengalami peningkatan densitas mineral tulang, sehingga berpotensi menguatkan tulang.

5. Menjaga kesehatan jantung

Organ jantung pun mungkin bisa mendapatkan manfaat suplemen kolagen. Sebab, kolagen memberi struktur pada pembuluh nadi, pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Kolagen rendah berisiko membuat pembuluh nadi melemah.

Studi menemukan, kolagen berpotensi membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh nadi. Penelitian lain juga mengungkapkan suplemen kolagen membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Kolesterol yang terkendali dan pembuluh nadi yang kuat menjadi sekian dari faktor untuk jantung sehat.

6. Menjaga kesehatan kuku

Tak hanya untuk kulit yang elastis, suplemen kolagen boleh jadi juga memelihara kesehatan kuku. Penelitian di Journal of Cosmetic Dermatology menemukan, konsumsi kolagen bioaktif meningkatkan pertumbuhan kuku dan mencegahnya agar tak rapuh.

Makanan yang mengandung kolagen

Kolagen ditemukan pada jaringan ikat hewan-hewan. Dengan begitu, makanan protein hewani seperti kulit ayam, kulit babi, daging sapi, dan ikan merupakan sumber kolagen. Makanan yang mengandung gelatin, seperti kaldu ayam, juga mengandung kolagen.

Riset lanjutan masih diperlukan untuk memastikan korelasi makanan tinggi kolagen dengan peningkatan produksi kolagen di tubuh, dibandingkan dengan manfaat dari suplemen.

Adakah risiko konsumsi suplemen kolagen?

Seperti suplemen lain, suplemen kolagen juga memiliki beberapa risiko efek samping yang patut untuk diketahui, walau mungkin tergolong aman untuk dikonsumsi oleh banyak orang.

Salah satu pertimbangan konsumsi suplemen kolagen adalah reaksi alergi karena suplemen ini dibuat dari bahan makanan yang umum memicu alergi. Misalnya saja, ikan dan telur.

mengupas manfaat kolagen untuk tubuh
herbal kolagen madu bima 99

Beberapa pengguna suplemen kolagen juga meninggalkan rasa yang melekat di lidah mereka. Sebagai tambahan, suplemen ini juga berisiko menimbulkan gangguan pencernaan, seperti heartburn dan perasaan penuh di perut.

Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen kolagen, terutama bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Pastikan Anda juga memilih merek suplemen kolagen yang sudah mendapat izin pemerintah.

Catatan dari SehatQ

Kolagen menyusun banyak bagian tubuh. Mengonsumsinya dalam bentuk suplemen dilaporkan bermanfaat untuk kulit dan kesehatan tubuh. Suplemen ini pun tergolong aman dikonsumsi.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen kolagen. Dokter akan memastikan perlu tidaknya suplemen kolagen yang disesuaikan dengan usia Anda saat ini.

Post Author: Bella Nugraha