Meningkatkan Imunitas dengan Madu Pahit

Meningkatkan Imunitas dengan Madu Pahit

Seorang  manusia akan senantiasa sehat bila sistem imunnya tinggi. Walaupun demikian, ia mesti rajin memelihara kesehatan, seperti berolahraga dengan teratur, minum air putih dengan cukup, menjaga pola makan dengan baik, tidak mengonsumsi zat-zat yang membahayakan, serta menjaga pola pikir dengan baik. Bila tak dibarengi semua hal tersebut, sistem imun yang tinggi itu lama-kelamaan akan tergerus. Tapi, apa itu sistem imun? Sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh dalam menghadapi setiap serangan bahan-bahan asing, yang disebut antigen. Dengan adanya serangan itu, sistem imun bisa naik bisa juga turun. Bila seseorang kerap mengabaikan pola hidup sehat, sistem imunnya akan menurun. Apalagi bila usia telah merambat tua. Tapi, bukan berarti peluang untuk meningkatkannya sudah tertutup.

Selain dengan yang sudah disebutkan tadi, peningkatan sistem imun bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya gizi. Apalagi kalau bersifat antioksidan. Dengan mengonsumsi zat-zat tersebut sistem metabolisme tubuh akan makin lancar. Bila metabolisme sudah lancar, sistem imun akan meningkat. Apa contohnya makanan itu? Yang dijelaskan oleh Kitab Suci besar seperti Al-Quran dan Injil adalah madu. Kalau sudah Kitab Suci yang berbicara, siapa yang berhak membantah?

Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, seperti vitamin B1, B2, B5, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Selain itu, madu mampu membangkitkan kalori yang tinggi bagi tubuh tanpa meningkatkan kadar gula seperti gula pasir. Satu sendok makan madu mengandung sekitar 64 kalori, sedangkan gula pasir hanya 15 kalori. Oleh karena itu madu bisa menjadi salah satu sumber energi. Karbohidrat dalam madu lebih mudah dicerna menjadi glukosa, sehingga cocok bagi orang yang memiliki lambung sensitif serta penderita sakit maag. Selain itu, madu merupakan bahan makanan ergogenik, makanan untuk meningkatkan kemampuan olahragawan, karena dapat membantu mempertahankan kadar glukosa darah, memulihkan kekuatan otot, dan memulihkan glikogen setelah berolahraga.

Di pasaran kini tersedia jenis madu langka, yakni madu pahit hitam super. Mereknya Madu Bima 99. Madu ini ternyata lebih unggul daripada madu biasa. Buktinya, seperti yang dirasakan pemuda 31 tahun yang bernama Ismal Zeva ini. Di bulan Februari 2014, master NLP and TimeLine Theraphy serta master trainer Unlock Your Mental Block ini mencoba minum Madu Bima 99. “Habis meminumnya satu sendok pagi dan satu sendok sebelum tidur, badan lebih fit dan tidur lebih nyenyak. Padahal, aktivitas saya tinggi. Satu lagi, saya baru ngeh, pilek saya juga hilang,” ujarnya.

 

Post Author: Bella Nugraha