Menjaga Kesehatan Dengan Mengonsumsi Wheatgrass

sumber foto : deccanherald.com

Mengonsumsi sayuran hijau telah menjadi salah satu tren untuk menjaga kesehatan tubuh dan menerapkan pola hidup sehat, namun bagaimana jika kita mengonsumsi rumput hijau sebagai asupan minuman sehat? Apakah anda tahu bahwa rumput hijau bisa dikonsumsi? Memang benar, rumput hijau juga memiliki fungsi sebagai minuman sehat yang sama nutrisinya seperti sayuran hijau. Salah satu rumput hijau yang bisa dikonsumsi sebagai minuman sehat adalah wheatgrass. Wheatgrass ini merupakan tanaman rumput gandum muda yang dapat dikonsumsi sebagai makanan, minuman yang penuh dengan nutrisi pembangkit tenaga listrik.

Apalagi di kondisi pandemi ini kita semua mau tidak mau harus untuk menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan tidak rentan terkena virus. Makanya meminum wheatgrass menjadi saran terbaik saat ini karena mengandung bagian besar zat yang penting diantaranya, fosfor, besi, magnesium, kalsium, dan 19 asam amino. Lalu wheatgrass ini pula mengandung 70% klorofil, yang dapat menutrisi tubuh dengan protein dan antioksidan yang kuat serta rendah kalori.

Dilansir dari Freemalaysiatoday melalui liputan6.com berikut ini merupakan manfaat kesehatan dengan mengonsumsi wheatgrass :

1. Membantu meringankan masalah pencernaan

Wheatgrass telah digunakan di India, di mana segelas jus rumput gandum ini diminum sebelum sarapan. Selain itu penggunaannya di Barat dimulai sekitar tahun 1930-an. Wheatgrass sendiri mengandung beberapa khasiat yang dapat meningkatkan pencernaa seperti serat, vitamin B dan mineral alkali yang dapat mencegah masalah gastrointestinal dan keasaman.

2.  Merangsang sirkulasi darah

Wheatgrass dipercaya dapat meningkatkan oksigen dalam darah yang dapat menstimulasi sirkulasi tubuh. Menurut sebuah penelitian, rumput gandum secara signifikan meningkatkan kadar oksigen darah. Faktanya rumput gandum terbukti secara efektif jika dikonsumsi langsung setelah berolahraga. Selain itu mengoleskan pasta wheatgrass ke wajah dapat membuat kulit Anda tampak bercahaya karena dipercaya dapat membantu melebarkan pembuluh darah.

3. Membantu menyembuhkan luka

Klorofil dalam rumput gandum adalah salah satu solusi alami untuk mengobati memar, ruam, dan luka sayatan karena memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan infeksi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa klorofil dapat membantu meregenerasi sel jaringan pada luka akibat produksi sel darah merah.

4.  Mendukung sistem kekebalan tubuh

Bagi Anda yang rentan terhadap alergi sinus, memasukkan rumput gandum ke dalam makanan dipercaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan dan mengurangi peradangan. Wheatgrass memiliki sifat imunomodulator untuk membantu hidung yang tersumbat dan meredakan nyeri.

5. Membantu menghilangkan stres, melawan kecemasan dan depresi

Banyak orang yang mengabaikan pentingnya kesehatan mental. Meskipun sebagian besar bergantung pada antidepresan, vitamin B dalam rumput gandum yang secara tradisional dipercaya dapat membantu memerangi depresi, kecemasan dan perubahan suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa rumput gandum juga dapat menstabilkan kadar zat besi terutama pada penderita depresi.

6. Mencegah masalah gigi

Wheatgrass memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu meningkatkan kebersihan gigi dan mengurangi risiko radang gusi dan kerusakan gigi. Menurut penelitian, klorofil dalam rumput ganudm membantu mengekang kandida alibacans yang dapat menyebabkan sariawan.

7. Mengatur penyerapan gula darah dan kolesterol

Wheatgrass mengandung zat anti-hiperglikemik yang meyakinkan dan bermanfaat bagi orang yang memiliki masalah kolesterol dan membantu mengekang kadar gula darah. Wheatgrass dianggap aman namun memiliki efek samping seperti mual, gatal dan sembelit, oleh karena itu lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

 

Post Author: Filda Fajriati