Mudah Ditiru, Begini Pola Makan Sehat Ala Rasulullah!

sumber foto : today.line.me

Selain memberi contoh yang baik bagi umat muslim dalam perihal beribadah, Rasulullah pun memberikan contoh yang baik pula dalam berbagai hal pada kehidupan umat muslim yang diantaranya adalah pola makan yang sehat. Allah SWT telah merancang dan menetapkan Rasulullah sebagai contoh teladan yang baik dalam berbagai aspek kehidupan bagi kita semua. Kesehatan tubuh pun merupakan sebuah nikmatl yang paling berharga dan diberikan langsung melalui Allah SWT. Untuk itu, kita sebagai umat muslim yang taat harus ingat dan menjaga kesehatan, karena dengan tubuh sehat kita bisa melakukan berbagai aktivitas, selain itupun kita dapat jauh lebih berhemat, jikalau kita terkena penyakit, maka akan memakan biaya serta waktu untuk beristirahat, dan pekerjaan pun menjadi terhambat.

Selama masa hidupnya, Rasulullah merasakan sakit hanya dua kali. Pertma kalinya Rasulullah merasakan sakit pada saat beliau diracuni oleh seorang wanita yahudi, lalu yang kedua adalah pada saat beliau menjelang wafat. Maka, pola makan sering dikaitkan dengan proses pengobatan yang paling utama, karena makanan merupakan penentu dari metabolisme pada tubuh.

Berikut merupakan beberapa gambaran pola makan sehat ala Rasulullah yang mudah sekali untuk diikuti :

  1. Menggunakan Siwak untuk Membersihkan Mulut dan Gigi

    Pada pagi hari Rasulullah memulai membersihkan mulut dan giginya dengan menggunakan siwak. Alasannya, karena kedua organ ini merupakan organ yang berperan penting dalam dalam mengunyah dan konsumsi makanan. Apabila kedua organ ini kotor, kemungkinan bakteri akan ikut pada proses mengunyah makanan, begitupula jika kedua organ ini sakit maka proses konsumsi makanan akan terhambat..

  2. Minum Segelas Air Dingin dicampur Madu

    Rasulullah biasanya membuka sarapan pagi dengan meminum segelas air dingin yang dicampur dicampur dengan sesendok madu asli. Hal ini telah disebutkan dalam riwayat oleh Ibnu Abi Umar, dari Sufyan, dari Ma’mar, dari Zuhairi, dari ‘Urwah, yang bersumber dari ‘Aisyah r.a. bahwa “Minuman yang disukai Rasulullah SAW adalah minuman manis yang dingin.” Khasiat dari kedua bahan ini sangat bagus untuk tubuh. Al – Quran menyebutkan bahwa madu merupakan syifaa (obat) yang menyeluruh, dan bisa menjadi obat berbagai macam penyakit.

  3. Mengonsumsi 7 Butir Kurma

    Selanjutnya beliau mulai memakan 7 butir kurma di waktu menjelang dhuha. Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa yang memakan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”, hal tersebut telah dibuktikan pada saat Rasulullah diracuni oleh seorang wanita yahudi, racun tersebut dapat dinetralisir oleh kandungan zat yang terdapat pada kurma, sehingga beliau berhasil selamat dari peristiwa tersebut.

  4. Menu Cuka, Minyak Zaitun, dan Roti di Sore Hari

    Pada waktu mulai sore hari, Rasulullah biasanya mengkonsumsi cuka dan minyak zaitun. Selain itu, untuk makanan pokoknya beliau memakan roti. Manfaat dari mengonsumsi ketiga makanan ini adalah untuk mencegah lemah tulang, kepikunan, mengatasi kolesterol, dan melancarkan pencernaan. Selain itu, roti yang dicampur cuka dan minyak zaitu juga sangat berfungsi untuk mencega kanker serta menjaga suhu tubuh tetap hangat saat musim dingin.

  5. Menu Sayuran di Malam Hari

    Fungsi dari memakan menu sayuran pada saat makan malam adalah untuk melindungi dari serangan penyakit. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk meningkatkan daya tahan imun.

  6. Camilan Khas alla Rasulullah

    Rasulullah memiliki makanan yang disukai, namun beliau tidak sering memakannya hanya sesekali. Makanan tersebut adalah tsarid. Tsarid ini merupakan campuran antara roti dan daging yang dilumuri dengan kuah air yang masak. Selain itu, rasulullah senang memakan buah yaqthin atau yang biasa disebut dengan labu air yang memiliki manfaat mencegah penyakit gula. Lalu, beliau juga senang memakan qitsa (sejenis buah yang mirip dengan mentimun namun agak besar.), buah anggur dan juga susu.

  7. Tidak Langsung Tidur setelah Makan Malam

    Selain kebiasaan tentang pola makan yang baik, Rasulullah pun melakukan kebiasaan sehat lainnya. Yang diantaranya ialah beliau tidak langsung tidur setelah makan malam. Hal ini dikarenakan agar makanan yang dikonsumsi masuk ke lambung dengan cepat dan baik, aktivitas yang biasa beliau lakukan setelah makan malam adalah shalat, hal tersebut dirasa membantu mempercepat makanan tercerna dengan baik.

  8. Berolahraga

    Rasulullah Saw sering menyempatkan diri untuk berolahraga. Terkadang beliau berolahraga sambil bermain dengan anak-anak dan cucu-cucunya. Pernah pula Rasulullah lomba lari dengan istri tercintanya, Aisyah radiyallahu’anha.

  9. Tidak Bergadang

    Rasulullah Saw tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Hal itu yang melatari, beliau tidak menyukai berbincang-bincang dan makan sesudah waktu isya. Biasanya beliau tidur lebih awal supaya bisa bangun lebih pagi. Istirahat yang cukup dibutuhkan oleh tubuh karena tidur termasuk hak tubuh.

Beberapa point pola makan dan kebiasaan sehat ala Rasulullah telah menjadi acuan siklus alami yang menjadi dasar penerapan Food Combining (FC). Hal ini dikarenakan pola makan dan kebiasaan yang diterapkan oleh Rasulullah sesuai dan sangat cocok dengan irama biologi yang berupa siklus pencernaan tubuh manusia setelah diteliti oleh Pakar Kesehatan.

Post Author: Filda Fajriati