Nikmat Hidup Sehat (Movasi Islami oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Maidani, MA.)

sumber foto : dream.co.id

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu.

Salah satu diantara kewajiban sebagai manusia adalah mensyukuri nikmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan kita untuk mensyukuri nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita, karena setiap nikmat yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikan, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan meminta pertanggung jawabannya, dalam firman-Nya Allah mengatakan :

ثُمَّ لَتُسْـَٔلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ ٱلنَّعِيمِ

Yang artinya, Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah – megahkan di dunia itu.) (Q.S At-Takasur ayat 8)

Dan juga pula Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyuruh kita untuk menyebutkan nikmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang tercantum dalam firman-Nya :

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Yang artinya, Dan terhadap nikmat Tuhan-mu, maka hendaklah kamu siarkan. (Q.S Ad-Dhuha ayat 11)

Jika kita mengingat nikmat Allah adalah tujuannya untuk mensyukuri nikmat dan menganggap semua nikmat yang telah diberikan itu besar, meski dalam pandangan kita itu kecil. Karena, sebenarnya tidak ada nikmat Allah yang kecil, semua nikmat Allah adalah besar. Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah mengatakan dalam kitabnya menjanjikan tambahan dalam kitabnya nikmat bagi orang – orang yang mensyukuri nikmatnya yaitu terdapat dalam Q.S. Ibrahim ayat 7 :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Yang artinya, Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Ironisnya, sedikit sekali hamba Allah yang mau mensyukuri nikmat-Nya, didalam banyak ayat Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengatakan sangat sedikit diantara hamba – hamba-Ku itu yang mau bersyukur, sangat sedikit kamu mensyukuri nikmat – nikmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kebanyakan dari manusia itu kufur terhadap nikmat Allah, lupa terhadap segala nikmat yang telah Allah berikan kepadanya. Maka, diantara salah satu dari sekian nikmat Allah yang tidak terhingga yaitu adalah nikmat Kesehatan. Sebagai mana nikmat – nikmat yang lainnya, tidak ada garansi, tidak ada jaminan, bahwa nikmat – nikmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala itu ada didalam genggaman kita. bila telah datang masa – masa Allah mencabut nikmat-Nya dan mengambilnya dari kita, termasuk nikmat sehat, maka Rasulullah memerintahkan kita untuk memanfaatkan nikmat sehat sebelum datang dicabut nikmat sehat itu lalu datanglah sakit. Maka, para ulama mengatakan, kesehatan itu adalah mahkota yang ada dikepala orang sehat dan hanya dapat dilihat oleh orang – orang sakit. Karena, faktanya ketika kita sakit, kita lebih banyak berangan – angan jika kita sehat kembali kita akan melakukan ini dan itu, namun ketika nikmat sehatnya dikembalikan lagi justru malah melupakannya dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Maka, salah satu bentuk mensyukuri nikmat sehat adalah dengan menjaga kesehatan. Allah memberi kita kesehatan, maka jagalah kesehatan itu, karena kesehatan tidak datang begitu saja, harus ada ikhtiar, harus ada usaha, karena segala sesuatunya tidaklah datang sendirinya. Bentuk ikhtiar dari sehat iala dengan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan tujuan kesehatan tersebut dapat menjadi mukmin yang kuat, dengan kekuatan yang kita miliki, banyak kebaikan, amal yang kita miliki, ibadah shaleh yang bisa kita kerjakan. Bayangkan, jika kita terkena sakit, akan pergi masuk rumah sakit, disaat orang lain sibuk beraktifitas dan mencari amal shaleh kita malah terkulai lemas, itu bisa disebabkan oleh kelalaian kita. karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebenernya tidak menghendaki kita sakit, Allah menghendaki kita sehat. Karena kita lalai, ceroboh, kita menjadi jatuh sakit. Allah tidak akan menghendaki mudharat atas kita, justru Allah menghendaki kebaikan.

sumber foto : islam.nu.or.id

Ibaratkan sebuah penciptaan manusia, manusia diciptakan dari tanah. Apabila tanah tidak dipelihara dengan baik, maka akan timbul kerusakan pada tanah. Begitu pula dengan kita, apabila kesehatan tidak dijaga dengan baik maka akan timbul penyakit. Oleh sebab itu bentuk dari kita mensyukuri kesehatan adalah dengan menjaga kesehatan, kebugaran dan juga pola makan. Karena, Rasulullah pun menjaga kebugarannya, beliau kadang mengajak istrinya Siti Aisyah berlomba lari, berkuda, dan juga mengajak gulat pada para sahabatnya. Demikian, semoga kita semua diberikan kesehatan serta panjang umur untuk terus selalu berbuat kebaikan. Kita memohon kepada Allah, kalaulah Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan kita usia yang panjang, dan juga memberikan kita kekuatan, kebugaran, sehingga di masa tua kita tidak akan terputus maupun terhenti akan kebaikan, dan juga kita bisa berkhidmat untuk manusia lainnya. Karena, orang – orang yang miskin, malang ialah orang – orang yang meninggalkan dunia ini sementara ia tidak punya jasa yang ia tinggalkan untuk manusia lainnya. Kiranya selama kita hidup harus melihat apakah ada kebaikan – kebaikan yang bisa kita lakukan untuk manusia, untuk kaum muslimin, karena itu merupakan sebuah torehan kita yang akan terus dikenang walaupun nanti kita sudah terkubur didalam tanah. Dan itu, dapat dilaksanakan oleh seorang yang memiliki mental yang kuat dan juga kesehatan yang prima, lalu kebugaran yang baik. Dengan begitu kita dapat melakukan lebih banyak lagi kebaikan. Semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba yang selalu mensyukuri nikmat – nikmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum, Warohmatullah, Wabarokatu.

Begitulah hasil rangkuman motivasi islami tentang Nikmat Sehat yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsa Al – Maidani, MA. yang ditayangkan di channel youtube Yufid.TV. benar apa yang dikatakan beliau, bahwa salah satu bentuk nikmat yang Allah berikan kepada kita sebagai umat muslim ialah Nikmat Sehat, karena dengan kesehatan kita dapat melakukan berbagai aktifitas dan melakukan kebaikan yang bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Maka, dengan mensyukuri nikmat sehat ini adalah dengan menjaga kesehatan, bagi anda yang ingin memiliki tubuh yang tetap sehat karena daya tahan tubuh senantiasa terus meningkat, ada baiknya anda mengkonsumsi Madu Bima 99.

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

 

Post Author: Filda Fajriati