Obat Herbal Alami Penurun Kadar Kolesterol Tinggi

sumber foto : liputan6.com

Kolesterol memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh, karena kolesterol merupakan lemak yang sangat berguna untuk membentuk sel – sel sehat, memproduksi hormon, dan juga menghasilkan vitamin D. kolesterol biasanya dapat ditemukan di dalam makanan yang berasal dari hewan yang diantaranya adalah susu dan daging, kolesterol pun diproduksi dari hati manusia. Namun, jika kadar kolesterol terlalu banyak pun sangat tidak baik untuk kesehatan. Biasanya kolesterol tinggi tidak memiliki gejala yang signifikan sehingga sebagian besar orang tidak menyadari bahwa kadar kolesterol mereka tinggi. Maka dari itu, pentingya melakukan test darah untuk mengetahui apakah kadar kolesterol yang dimiliki tergolong rendah atau tinggi, untuk usia 20 tahun keatas disarankan melakukan pemeriksaan kolesterol setiap 4 – 6 tahun sekali.

Kadar kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, seringnya tidak mengontrol asupan makanan, penyakit yang diderita sebelumnya, dan juga dari keturunan. Apabila kadar kolesterol terlalu sering dibiarkan maka akan sangar berbahaya, karena kolesterol tersebut akan menumpuk di dinding pembuluh darah arteri yang dapat arteri menjadi menyempit dan menyumbat aliran darah. Sehingga terjadilah beberapa penyakit yang mematikan seperti serangan jantung, stroke, arteri perifer. Maka dari itu, diperlukan untuk mencegah dan juga mengobati agar kadar kolesterol menurun, berikut beberapa obat herbal yang dapat membantu menyembuhkan kadar kolesterol tinggi yang dirangkum dari beberapa sumber.

  1. Bawang Putih

Bumbu rempah yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Salah satu studi yang telah dipublish dalam Canadian Journal of Cadiology mengungkapkan bahwa bawang putih dapat emnurukan kadar kolesterol, dalam penelitian yang sudah dilakukan yang melibatkan hewan serta manusia telah menunjukan hasil penurunan kolesterol dapat berhasil apabila mengonsumsi sebanyak satu hingga satu setengah gram bawang putih. namun masih perlu di konsultasikan kembali kepada dokter untuk menjadikan bawang putih ini sebagai obat.

  1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai yang biasanya diproduksi sebagai temped dan tahu ini dianggap dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat pada darah. Untuk mengonsumsi kacang kedelai yang sehat bisa dijadikan sebagai susu kedelai, karena susu kedelai tidak mengandung lemak yang biasanya terkandung pada susu sapi. Susu kedelai tinggi akan protein, bahkan menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat menyatakan protein yang terkandung pada susu kedelai sekitar 25 gram. Selain protein, vitamin lain yang terdapat pada susu kedelai adalah asam lemak omega-3, vitamin B-6, magnesium, phosphorus, riboflavin, serta thiamin.

  1. Akar manis

Dapat berpotensi sebagai obat kolesterol, salah satu rempah di Indonesia yang memiliki nama akar manis ini telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga kadar gula darah yang telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang diuji pada hewan uji. Namun, jika inin menjadikan akar manis sebagai obat penurun kadar kolesterol dapat dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter, mengingat pengujian yang dilakukan belum diuji pada manusia.

  1. Jahe

Rempah, seperti jahe juga sering disinggung sebagai salah satu obat herbal kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan, rempah ini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida di tubuh, serta mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.Untuk menikmati manfaat jahe yang satu ini, Anda cukup mencampurkan potongan jahe ke dalam segelas air hangat atau air panas. Tunggu hingga jahe tersebut bercampur dan minumlah sebagai wedang. Untuk rasa yang lebih keras, Anda bisa membakar dan sedikit menghancurkan jahenya terlebih dahulu, setelah dipotong.

  1. Angkak
    Angkak mengandung suatu zat yang bernama monacolin K. Susunan kimia yang dimiliki zat ini, dinilai mirip dengan yang dipunyai oleh obat penurun kolesterol, yaitu lovastatin. Sehingga tanaman ini dinilai dapat dipertimbangkan untuk digunakan sebagai obat herbal kolesterol. Hanya saja, tidak semua sajian angkak mengandung cukup monacolin K, sehingga efek penurun kolesterol bisa saja tidak terjadi. Angkak juga dapat mengandung suatu kontaminan atau zat berbahaya bagi tubuh, yang bernama citrinin. Komponen ini, disebut bisa memicu gagal ginjal.
    Sehingga, Anda perlu sangat berhati-hati saat menggunakan angkak untuk menurunkan kolesterol.
  2. Daun Artichoke
    Ekstrak daun artichoke, juga dianggap dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Sebab, ekstrak ini akan menghambat sintesis kolesterol di tubuh. Artichoke juga mengandung komponen yang disebut sebagai cynarine. Komponen ini akan memicu suatu proses yang menghasilkan ekskresi atau pengeluaran kolesterol dari aliran darah.
  3. Kulit Manggis

Seorang peneliti dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Dr Indah Yuliasih menyebutkan bahwa jus kulit manggis ampuh dalam mengatasi kolesterol. Ternyata ada senyawa yang disebut xanthone. Senyawa ini memecah kolesterol jahat atau LDL menjadi gliserol ataupun asam lemak. Bila kadar LDL menurun tentu HDL akan meningkat, selanjutnya kolesterol jahat akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Kulit manggis sendiri sangat mudah diperoleh oleh kebanyakan masyarakat dan proses pengolahannya sudah banyak yang tahu.

Informasi diatas merupakan beberapa bahan alami yang dapat ditemukan dengan mudah dimana saja untuk membantu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Namun ada satu rekomendasi praktis unttuk mengobati kolesterol, tanpa melalui pengolahan apapun, yaitu dengan mengonsumsi Madu Bima 99.

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

 

Post Author: Filda Fajriati