Olahraga Yang Aman Dan Sehat Untuk Penyakit Jantung

sumber foto : halodoc.com

Kegiatan yang membuat badan menjadi sehat dan bugar yaitu Olahraga. Olahraga menjadi salah satu cara yang paling digemari oleh beberapa orang untuk menjaga kesehatannya, karena olahraga dapat membuat badan menjadi aktif bergerak dan jika dilakukan secara rutin akan membuat berat badan menjadi ideal dan mencegah dari berbagai penyakit. Namun bagaimana jika sudah mempunyai penyakit jantung apakah boleh berolahraga? Boleh, karena olahraga memiliki pengaruh yang baik untuk jantung, diantaranya membuat otot menggunakan lebih banyak energi dan oksigen lebih banyak yang menjadikan detak jantung meningkat, olahraga membutuhkan kestabilan yang menuntut detak jantung tetap tinggi hingga beberapa menit atau jam setelah latihan berakhir, olahraga bila dilakukan secara rutin akan membuat ruang jantung akan semakin melebar dan memungkinkan jantung lebih banyak mengisi darah.

Bagi penyakit jantung, haruslah memilih jenis olahraga yang tidak sembarangan, dilansir dari laman resmi Heart and Stroke Foundation, bahwa penderita perlu mempertimbangkan waktu yang tepat, berapa lama serta jenis olah raga yang tepat. Apabila tidak dipertimbangkan, maka akan menjadi kesalahan yang fatal. Maka, sebelum melakukan olahraga ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter spesialis jantung terlebih dahulu.

Jenis Olahraga Untuk Penderita Penyakit Jantung

Ada beberapa jenis olahraga yang cocok untuk penderita penyakit jantung, yaitu dengan melakukan olahraga jenis aerobik. Karena jenis olahraga ini tidak membuat kerja otot jantung menjadi berat, dapat melatih jantung agar lebih efisien dalam menggunakan oksigen dan meningkatkan aliran darah. Terdapat beberapa olahraga yang merupakan jenis aerobik yang diantaranya adalah

  1. Jalan Kaki

Olaharga termudah bagi penderita penyakit jantung ialah dengan berjalan kaki, karena banyak studi telah membuktikan bahwa dengan berjalan kaki dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 31%, selain itu olahraga ini tidak akan membuat otot jantung bekerja keras dan juga aman untuk dilakukan penderita penyakit jantung.

  1. Bersepeda Santai

Bersepeda  santai di sore hari merupakan pilihan yang tepat, karena cuaca tidak terlalu panas , bisa menghilangkan stress dan juga membuat hati menjadi senang. Selain itu, bersepeda tergolong olahraga yang aman bagi penderita penyakit jantung. Pasalnya, olahraga ini dapat memperkuat otot jantung, dan menurunkan denyut nadi istirahat, mengurangi kadar kolesterol, dan memperlancar sirkulasi darah. Tidak hanya itu, bersepeda pun dapat menurunkan berat badan, karena membakar lemak bagi penderita penyakit jantung.

  1. Berenang

Selain dipercaya untuk menambah tinggi, olahraga berenang pun menjadi salah satu pilihan olahraga yang menyegarkan dan menyenangkan untuk penderita penyakit jantung. Dilansir dari situ Cleveland Clinic menyatakan bahwa olahraga berenang sangat bermanfaat bagi penyakit jantung karena dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan berat badan, membuat pernapasan jadi lebih baik, menormalkan detak jantung dan tekanan darah.

  1. Taichi

Taichi merupakan salah satu latihan kebugaran yang berasal dari negeri china dimana latihan ini melibatkan serangkaian peregangan ringan dengan gerakan lambat dan terfokus, taichi pun dapat mengasah kemampuan untuk berkonsentrasi, mengendalikan pernafasan, dan mengatur irama tubuh. Berdasarkan Harvard Health Publishing, olahraga ini baik untuk pasien penyakit jantung. Taichi pun memiliki peranan penting dan sangat besar dalam mencegah, mengobati berbagai masalah kesehatan.

Intensitas Olahraga Untuk Penyakit Jantung

Olahraga untuk penderita penyakit jantung baik dilakukan secara rutin setiap hari, untuk waktu idealnya sekitar selama 150 menit selama seminggu sudah baik untuk menunjang kesehatan jantung. Selain itu, penderita penyakit jantungpun dapat menakar kapasitas untuk berolahraga secara masing – masing. Memperhatikan hal – hal seperti bagaimana detak jantung, tingkat kecepatan nafas apakah terengah – engah atau tidak, berkeringat, sampai kemampuan otot. Sebagai contoh, intensitas olahraga Anda termasuk sedng apabila selama olahraga anda masih bisa bernafas dan bicara tanpa terlalu terengah – engah.

Tips Olahraga Untuk Penyakit Jantung

Dilansir dari kompas.com saat penderita penyakit jantung akan memulai olahraga, harus selalu memperhatikan kondisi tubuh, berikut beberapa tips untuk berolahraga bagi penderita penyakit jantung :

  • Selalu melakukan peregangan dan pemanasan selama lima menit sebelum memulai olahraga. Setelah olahraga lakukanlah pendinginan.
  • Jangan lupa untuk beristirahat sebelum penderita penyakit jantung merasa terlalu lelah.
  • Jika merasa ada tanda – tanda penyakit jantung kambuh, segera hentikan latihan atau olahraga.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan memungkinkan sirkulasi udara lebih lancar selama berolahraga, hindari pakaian berlapis – lapis dan terlalu kuat.
  • Pilih olahraga dipagi hari atau sore hari. Jangan berolahraga saat terlalu panas atau dingin.

Olahraga sangat penting sekali untuk dilakukan demi kesehatan tubuh dan juga mencegah tubuh dari berbagai macam enyakit terutama penyakit jantung. penyakit jantung dapat diatasi dengan berolahraga, namun masih tetap dengan pengawasan dan perhatian lebih agar olahraga yang dilakukan tetap aman untuk penderita penyakit jantung.

Bagi anda penderita penyakit jantung, selain dengan melakukan olahraga, anda juga dapat rutin meminum Madu Bima 99 untuk mengobati penyakit jantung.

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

Post Author: Filda Fajriati