Penderita Diabetes Boleh Minum Madu Tapi Dengan Syarat

Penderita Diabetes Boleh Minum Madu Tapi Dengan Syarat
 
Madu Hitam Madu Pahit – Secara umum, penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman mengandung gula. Namun, apakah pantangan ini berlaku untuk madu? Sebab, madu dikatakan lebih baik untuk tubuh daripada gula tebu. 
 
Ditemui Detikfood di acara Manuka Health New Zealand, Drs. Mochamad Chandra Widjaja, MM sebagai ahli perlebahan menegaskan bahwa madu berbeda dengan gula. Meski sama-sama terdiri dari glukosa dan fruktosa, pada gula tebu keduanya menempel menjadi sukrosa, sedangkan pada madu dua jenis gula ini terpisah. 
 
Glukosa dan fruktosa diserap tubuh dalam kecepatan yang berbeda. Namun, karena dalam gula tebu keduanya menyatu dan tergolong karbohidrat sederhana, tubuh dengan mudah memecahnya sehingga kadar gula dalam darah bisa naik dengan cepat.  
 
Madu membutuhkan insulin lebih sedikit serta mengandung indeks glikemik lebih rendah daripada gula tebu. Karena mengandung karbohidrat kompleks, madu lebih sulit dipecah oleh tubuh, sehingga kadar glukosa dalam darah tak melonjak tinggi seperti saat mengonsumsi gula. 
 
“Penderita diabetes boleh meminum madu,” simpul Chandra. Namun, ia menambahkan, jumlah konsumsinya tergantung tingkat diabetes yang diderita seseorang. “Kalau diabetesnya sudah parah, sebaiknya konsumsi madu dikonsultasikan ke dokter dulu,” ujar Chandra. 

Post Author: Madu Pahit