Perawatan Pakai Madu untuk Kulit Cantik dan Sehat.

sumber foto : kitakini.news

Selain utnuk dikonsumsi, madu pun bisa digunakan sebagai perawatan kulit loh. Mengapa demikian? Karena kandungan yang terdapat pada madu sangat cocok untuk merawat dan meregenerasi kulit, diantaranya terkandung antimikroba, antioksidan, dan juga dapat memberikan efek ketenangan untuk kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat pada madu sangat dibutuhkan oleh kulit untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Radikal bebas sangat berbahaya seklai untuk kulit, karena dapat memicu terjadinya kanker, menyebabkan kulit hitam dan kusam, mengalami penuaan dini dan juga keriput. Madu pun kerap sekali dijadikan bahan untuk mempercantik wajah dan sudah sejak dahulu dikenal sebagai bahan obat alami yang ampuh. Tidak perlu cemas untuk mengolah madu yang akan dipakai sebagai bahan perawatan wajah, karena sudah banyak sekali produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan karena mendapatkan banyak manfaat dari madu yang baik untuk kulit.

Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Berbagai penelitian modern telah mengembangkan khasiat madu ini untuk kesehatan tubuh dan perawatan kulit yang cukup sensitive. Apa saja manfaat madu untuk kesehatan wajah?

  1. Melembabkan dan Menghidrasi Kulit

Manfaat madu untuk wajah pertama yang bisa kamu rasakan adalah melembapkan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa humektan dalam madu yang mampu merawat kulit kering. Namun, buat kamu yang memiliki kulit berminyak tetap bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah karena zat pemanisnya dapat membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit. Madu merupakan senyawa humectant alami yang bersifat menarik air dari udara dan mempertahankannya di lapisan kulit sehingga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan membuatnya tetap lembut dan lentur. Manfaat madu untuk kesehatan salah satunya untuk menghidrasi kulit dan meringankan iritasi yang muncul akibat kulit kering. Cara penggunaanya dapat menggunakan madu murni sebagai masker maupun produk masker yang berbahan madu agar tetap menjaga kulit sehat terhidrasi.

  1. Mengatasi dan Menghilangkan Jerawat

Bagi wanita yang memiliki kulit berjerawat mungkin sudah tidak asing dengan informasi bahwa madu memiliki khasiat ampuh untuk menghilangkannya. Jerawat dapat muncul pada kulit saat terjadi sumbatan pada pori-pori kulit yang kemudian terinfeksi bakteri. Madu memiliki kandungan yang bersifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mencegah serta menghilangkan jerawat serta komedo secara alami. Sifat anti inflamasinya juga akan membantu meredakan kulit dengan bercak kemerahan hingga bengkak akibat jerawat. Madu yang merupakan zat antiinflamasi dan juga antibakteri mampu untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Menggunakan madu sebagai masker bisa memberikan manfaat madu untuk wajah untuk meredakan peradangannya dalam waktu satu malam saja. Untuk menghilangkannya cukup gunakan madu murni pada area kulit berjerawat. Kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bersihkan dengan air.

  1. Menyamarkan dan Menyembuhkan Bekas Luka atau Jerawat

Menurut penelitian, ada susunan kimiawi pada madu terutama gula yang memiliki osmolalitas tinggi yang membuat mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, dan ragi) tidak bisa berkembang. Zat pemanis pada madu juga dapat memproduksi hydrogen peroksida ketika bersentuhan dengan cairan dari luka atau borok. Hal inilah yang memberikan manfaat antibakteri ke area ulserasi sehingga mempercepat penyembuhan. madu memiliki sifat antiseptik dan pelembab alami yang ampuh menyembuhkan hingga menghilangkan bekas luka. Kemampuan anti radang atau anti inflamasi madu dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat dan antioksidannya membantu meremajakan kulit yang rusak. Madu merupakan salah satu bahan antioksidan yang dapat melindungi organ internal dari jenis kerusakan yang disebut stress oksidatif atau keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapsitas tubuh untuk menetralkannya, Selain itu, madu juga efektif sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

  1. Sebagai Eksfoliasi Kulit

Menggunakan masker madu untuk dijadikan sebagai eksfoliasi alami agar kamu bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah. Perlu diketahui bahwa, tidak semua eksfoliasi harus memiliki tekstur yang kasar di kulit. Madu yang memiliki tekstur lembut juga bisa menjadi salah satu bahan eksfoliasi yang ampuh untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan enzim di dalamnya. Kamu bisa menggunakan scrub madu atau mencampurkannya dengan bahan lain untuk hasil yang maksimal. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, direkomendasikan untuk mencampurkan oat dengan madu untuk dijadikan masker dan scrub wajah. Sedangkan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, bisa mencampurkan tepung gram dengan madu. Aplikasikan campuran tersebut sambil memijat halus wajah selama 3-5 menit. Setela h itu diamkan masker madu selama 5 menit di wajah, baru kemudian bilas dengan air.

  1. Mencegah dan Mengurangi Keriput

Madu sebagai alternatif ampuh dan alami dalam mengurangi keriput wajah. Hal ini karena madu memiliki kandungan antioksidan alami yang tinggi dan membuat kulit terlihat muda dan sehat. Pastikan menggunakan madu murni atau masker madu dengan kualitas baik untuk mendapatkan hasil sempurna. Manfaat madu untuk wajah lainnya adalah sebagai anti-aging. Hal ini dikarenakan madu mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan juga antioksidan lebih banyak dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan krim anti-aging. Manggunakan madu sebagai masker wajah mmapu untuk melembapkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai ramuan penangkal gejala penuaan. Untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah ini, kamu bisa menggunakan masker madu alami pada wajah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan kebiasaan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Mencerahkan Kulit

Dengan kandungan antioksidan yang tidak hanya meremajakan kulit, madu juga dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan melembabkan kulit secara alami. Untuk mengaplikasi madu agar mendapatkan manfaat tersebut cobalah campurkan putih telur dengan satu sendok minyak zaitun dan madu. Setelahnya aplikasikan campuran tersebut pada wajah secara merata kemudian diamkan 15 menit.

 

Manfaat Madu untuk Tubuh Lainnya

  1. Menghaluskan Rambut

Masker madu memiliki kandungan yang dipercaya dapat menghaluskan rambut. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengoleskan campuran masker madu tersebut ke bagian rambut yang sudah dicuci terlebih dahulu, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

  1. Melembutkan Bibir

Selain untuk rambut, Anda juga bisa menggunakan masker madu untuk mengatasi bibir yang kering. Dengan kandungan antimikroba yang dimilikinya, madu merupakan salah satu pelembut alami untuk bibir. Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampur madu dengan air hangat.

Setelah mengetahui berbagai manfaat madu, Anda bisa mencoba menggunakan masker madu untuk wajah atau memakai madu untuk rambut, bibir, dan bekas luka. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati karena kadang pemakaian madu dapat menyebabkan reaksi alergi. Bila muncul reaksi alergi, seperti gatal, kulit kemerahan, atau bengkak, segera hentikan pemakaian dan konsultasi ke dokter.

Post Author: Filda Fajriati